Pendidikan Anak Usia Dini Mengajari Mereka Ibadah (Potret Pendidikan Nabi)

Pendidikan Anak Usia Dini, Cara mengajarkan anak Ibadah

Pendidikan anak usia dini adalah faktor penting dalam Islam. Anak sebagai tunas yang harus dijaga sampai dia tumbuh berkembang secara baik. Bak dari sisi moral, akhlak dan ibadah.

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam paham betul akan pentingnya pendidikan Islam usia dini. Karna beliau telah memberi contoh melalui hadistnya agar umat yang akan datang dapat menteladani beliau baginda Shalallahu alaihi wassalam.

Salah satu yang sudah beliau lakukan adalah bagaimana Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam mengajarkan Ibada kepada anak saat usia dini. Berikut contoh-contohnya:

Sikap Nabi Terhadap Abu Mahdzurah


Sebaiknya kita akan mendengarkan langsung kisah dari Abu Mahdzurah.

Abu Mahdzuroh bercerita:

"Aku bersama 10 orang remaja berangkat bersama Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam dan rombongan.

Pada saat itu,Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam adalah orang paling kami benci. Beliau kemudian menyerukan adzan dan kami yang 10 orang remaja ikut pula menyerukan adzan dengan maksud mengolok-olok Nabi Shalallahu alaihi wassalam. Maka Rasulullah bersabda.'Bawa kemari 10 orang remaja itu' Lalu beliau memerintahkan kami adzan dan berkata, 'Adzanlah kalian!’

Kamipun menyerukan adzan.

Setelah itu  Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

'Alangkah baiknya suara anak remaja yang baru kudengar ini.Sekarang pergilah kamu dan jadilah juru adzan buat penduduk makkah.'

Beliau bersabda demikian seraya mengusap ubun-ubun Abu Mahdzuroh, kemudian beliau mengajarinya adzan dan bersabda kepadanya,'Tentu engkau sudah hafal bukan?'

Setelah kejadian tersebut Abu Mahdzuroh tidak mencukur rambutnya karena Rasulullah shalallahu alaihi wassalam waktu itu pernah mengusapnya.

Setelah para remaja ini mengolok beliau, beliau malah memberikan kesempatan untuk adzan. Hal ini menunjukan sifat Nabi dalam mengajarkan ibada dan memberikan kepercayaan diri setelahnya.

Mengajarkan Solat Sejak Usia 7 Tahun


Salah satu pendidikan anak usia dini adalah mengajarkan solat dari umur 7 tahun. (tekan link di atas jika ingin membaca tentang cara mengajarkan solat anak umur 7 tahun). Mengenai sholat, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda,"Ajarilah anak-anak kalian sholat usia 7 tahun dan pukullah ia karena meninggalkannya bila telah berusia 10 tahun."

Anas bin Malik berkata,'pada suatu hari aku pernah masuk ke tempat Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dan yang ada hanyalah beliau,aku,ibuku,dan Ummu Haram bibiku.Tiba-tiba Rasulullah Shallahualaihi wassalam menemui kami lalu bersabda, "Maukah bila aku mengimami sholat untuk kalian?"

Kala itu bukan waktu sholat. dan salah seorang berkata, "bagaimana Anas diposisikan dekat beliau?" Anas bercerita, "Lalu beliau menempatkanku di kanan beliau lalu beliau sholat bersama kami...

Sangat berbeda dengan sikap kebanyakan orangtua sekarang, dimana dia menempatkan anak-anak di shaf paling belakang, bahkan untuk mensejajarkan anak saat orangtua solat sunnah, itu jarang sekali.

Teman-temanku, dalam mendidik anak perlu adanya unsur perhatian dalam hal ibadah. Ajarilah solat di samping kita supaya anak melihat seperti apa kita solat. Anak merasa memiliki kedudukan yang istimewa di hadapan orangtua. Jangan sebaliknya, kita menghancurkan potensi anak, kepercayaan diri anak.

Saya pernah ditanya, "Ustadz emang kalau anak kecil solatnya di belakang? pingin di depan di pinggir"

Kisah Anas bin Malik saat Mendapat Sentuhan Nabi


Tanpa canggung,Rasululloh Shalallahu alaihi wassala mengajak Anas sholat jama’ah meski tak ada orang selain anak tersebut,tanpa ragu pula,beliau mengangkat pemuda yang membencinya untuk menjadi tukang adzan atau muadzin kota makkah. Abdullah bin Umar tidak pernah melakukan sholat malam,maka beliau bersabda:

"Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah bin Umar seandainya dia sholat malam." sesudah itu dia hanya tidur sebentar saja setiap malamnya.

Masih banyak lagi kisah-kisa yang luar biasa dari kehidupan baginda Nabi Muhammad Solallahu alaihi wassalam. mari belajar bersama...

Ya Allah, bimbinglah kami..

Sekian pembahasan pendidikan anak usia dini mengajari mereka ibadah semoga bermanfaat. Diambil dari kitab Ar-Rasul al-Muallim
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Pendidikan Anak Usia Dini Mengajari Mereka Ibadah (Potret Pendidikan Nabi)

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top