Cara Menjadi Guru Ideal Seperti Mujahid Perang

Cara menjadi Guru Ideal dan Baik
pendidikan kuttab
Sebelum membahas cara menjadi guru ideal seperti mujahid perang, kita harus tahu dulu bagaimana sih mujahid perang itu. Mujahid perang adalah tentara yang sedang membela Islam melalui medan perang. Jadi, saya pikir mujahid pendidikan dan mujahid itu perang mempunyai kesamaan, meskipun berbeda di ‘kata’ namun sama di ‘makna’. Perang dan pendidikan memang berbeda ditulisan tapi keduanya sama maknanya. Apa saja persamaannya?

Persamaan Mujahid Pendidikan dan Perang


Yang pasti, sama-sama melawan, jika perang, melawan musuh, maka jika pendidikan melawan kebodohan.

Selain itu dia sama-sama harus bersungguh-sungguh. Mujahid perang akan berusaha kerasa dalam menghadapi musuh-musuh yang sedang dihadapinya, mereka sangat berhati hati dalam menjalankan tugas masing-masing. Lalu bagaimana dengan mujahid pendidikan atau seorang guru??

Untuk mujahid pendidikan(Guru) seharusnya lebih berhati-hati lagi. Karena mereka tidak dihadapi oleh musuh yang terlihat oleh indra mata tapi hanya bisa dirasakan oleh hati nurani seorang muslim.

Apakah teman teman termasuk orang yang sadar akan hal itu? Istilah dalam bidang dakwah nya adalah perang pemikiran. Ya, saat ini negri kita sedang dijajah melalui pemikiran-pemikiran yang dapat menjauhkan dari peradaban-peradaban Islam dan kita tidak boleh membiarkan ini terus berlanjut.

Mungkin hanya itu saja, jika mau ditambahkan silahkan. :)

Lalu apa maksud dari mujahid? Mengapa harus diberi nama mujahid pendidikan? Sahabat abana, tidak ada salahnya menggunakan kata mujahid dibidang yang berbeda, seperti mujahid dakwah atau mujahid-mujahid yang lainnya, hanya saja, teman-teman harus mengerti arti mujahid itu sendiri. Sehingga memudahkan kita untuk menjadi guru yang ideal.

Baiklah, kenapa Allah ta’ala menamakan peperangan dalam Islam dengan al-Jihad? kemudian orang-orang yang berperang dinamakan mujahid? Mungkin teman-teman punya jawaban masing-masing, tapi di sini kami juga akan mencoba menjawab pertanyaan di atas.

Kata mujahid dalam Bahasa Arab artinya adalah orang yang bersungguh-sungguh, dengan demikian jika suatu pekerjaan disandarkan dengan kata mujahid, maka pekerjaan itu harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. betul?? Apakah mungkin kita menghadapi musuh dengan santai-santai minum kopi?

Tidak, tapi yang harus kita lakukan adalah memiliki persiapan yang matang dan senjata yang lengkap disertai tenaga yang kuat. Maka di bawah ini ciri-ciri guru ideal seperti mujahid perang.

Guru Ideal Harus Memiliki Niat yang Ikhlas 


Dalam mengajar jangan sampai seorang guru memiliki niat yang salah. Siapapun tahu bahwa profesi seorang guru adalah mengajar anak-anak supaya solih dan pintar, tidak lebih dari itu. Adapun upah dan lain-lain hanyalah balasan dari Allah atas kebaikan guru. Itulah guru yang ideal, tidak mengharap upah dari suatu lembaga namun mengharap rezeki dari Allah.

Jika kita salah niat bagaimana? Tentunya pengajar tersebut akan rugi besar. Sebagaiana mujahid perang yang sedang melawan musuh tangguh dan bertaruh nyawa namun dia memiliki niat yang salah, dia mengharap pujian saja atau yang lainnya, maka amalan yang mulia ini akan sia-sia dan tidak mendapat pahala dari Allah, justru malah sebaliknya. Naudzubillah.

Menguatkan Ruh Guru kepada Allah, itulah Guru Ideal


Ciri-ciri guru yang bagus dan ideal seperti mujahid perang yaitu dia harus memiliki kekuatan ruh dan taqwa kepada Allah. Maksud ruh di sini adalah pendekatan seorang hamba kepada Allah. Sejauh mana guru berintraksi kepada Allah, dan sebanyak mana guru menghadap Rabnya di sepertiga malam. Jika tubuh tanpa ruh, bagaikan mayat yang berjalan, karana aneh rasanya jika kita sebagai hamba Allah namun tidak ada pendekatan kepada Allah ta'la.

Baca: Guru Shalih Murid pun Shalih.

Guru Ideal Harus Menjaga Kekuatan Fisik dan Akal


Meskipun sakit dan tidaknya seseorang hanya Allah yang tahu, namun bagaimana kalau tidak ada usaha? Pebaiki konsumsi makanan dan olahraga. Pola makan yang bagus adalah pola makan Rasulullah, dan pola hidup yang sehat adalah pola Rasul dan sahabatnya.

Sebagaimana mujahid perang, salah satu syarat untuk menjadi mujahid perang adalah, ia harus berakal sehat dan sangat diutamakan orang yang kuat fisiknya serta hadal. Makannya para sahabat dahulu sering berduel kekuatan dalam melatih tubuhnya.

Guru Ideal Harus Memiliki Karakter yang Tegas


Guru ideal memang harus memiliki sifat atau karakter yang tegas, Alhamdulillah masalah ketegasan sudah pernah kami bahas di sini: Cara Mengatasi Anak Nakal

Sekian dari kami cara menjadi guru ideal seperti mujahid perang..ikuti terus info terupdate :). by: Mujahid Pendidikan Abu Zaid al-Amir
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Cara Menjadi Guru Ideal Seperti Mujahid Perang

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top