Ini Sebabnya Kenapa Ada Perintah Mengajarkan Anak Solat dari Usia 7 Tahun!!

Mengajarkan anak shalat- Pernahkah kalian mendengar hadits tentang anjuran mengajarkan anak solat dari usia 7 tahun? Berikut haditsnya.


ﻋَﻦْ ﻋَﻤْﺮِﻭ ﺑْﻦِ ﺷُﻌَﻴْﺐٍ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻋَﻦْ ﺟَﺪِّﻩِ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣُﺮُﻭﺍ ﺃَﻭْﻻﺩَﻛُﻢْﺑِﺎﻟﺼَّﻼﺓِ ﻭَﻫُﻢْ ﺃَﺑْﻨَﺎﺀُ ﺳَﺒْﻊِ ﺳِﻨِﻴﻦَ ﻭَﺍﺿْﺮِﺑُﻮﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎﻭَﻫُﻢْ ﺃَﺑْﻨَﺎﺀُ ﻋَﺸْﺮٍ ﻭَﻓَﺮِّﻗُﻮﺍ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﻀَﺎﺟِﻊِ‏: ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺑﻮﺩﺍﻭﺩ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺼﻼﺓ‏

Artinya: "Dari Amar bin Syu’aib, dari ayahnya dari kakeknya ia berkata: Rasulullah Bersabda: "Perintahlah anak-anakmu mengerjakan salat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan salat bila berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur mereka (laki-laki dan perempuan)" (HR.Abu Daud dalam kitab sholat Hadits shahih; Sunan Abu Daud (2/162/419) , Ibnu Majah (5868) (2/237/84), Hakim (1/197))

Masih ada lagi hadis yang sesumbar dengan makna di atas, dalam riwayat lain:

ﻣُﺮُﻭﺍ ﺻِﺒْﻴَﺎﻧَﻜُﻢْ ﺑِﺎﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻟﺴَﺒْﻊٍ ﻭَﺍﺿْﺮِﺑُﻮﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﻟِﻌَﺸْﺮٍ

"Perintahkan anak-anak kalian untuk sholat ketika berumur 7 tahun dan pukulah mereka pada umur 10 tahun, apabila mereka meninggalkannya."

Perintah Mengajarkan Solat Usia 7 Tahun Ditujukkan pada Pemimpin Keluarga


Ini Sebabnya Kenapa Ada Perintah Mengajarkan Anak Solat dari Usia 7 Tahun!!

Setelah membaca hadits di atas, maka akan timbul pertanyaan berikut:

Ditujukan kepada Siapa Hadits Ini??

Dalam kitab Tarbiyatul Aulad fil Ahadist As-syarif yang di karang oleh Kholid Ahmad Asyantut menyebutkan: Kata مروا yang Artinya "perintahkanlah" itu ditunjukan kepada orangtua terutama ayah. Mengapa?

Karna dia adalah seorang pemimpin keluarga yang harus mendidik anggota keluarganya.

Apa maksud kata "مروا" ??

Kata مروا artinya, "perintahkan lah"  jadi sebagai kepala rumah tangga harus memerintahkan anak solat sejak usia 7 tahun. Lalu apakah hanya itu saja?

Tidak, karna kata di atas memiliki makna yang luas, yaitu selain memerintahkan anak-anak solat, orangtua juga hendaknya mengajarkan do'a-do'anya, mengenalakan bagaimana solat yang baik dan bagus. Serta memberikan nasehat-nasehat secara hikmah dan pelan.

Maksud dari nasihat yang hikmah ialah, mengenalkan adab-adab solat secara lemah lembut tanpa marah-marah apalagi memukul. Teruslah bersabar dan sabar, karna para orangtua diberikan waktu yang lama untuk mengajarkan solat.

Allah Ta'ala Memberikan Waktu 3 Tahun untuk Mengajari Anak Solat!


Allah Taala memerintahkan kita mengajarkan anak solat dengan waktu yang cukup lama, yaitu 3 tahun, dari umur 7 tahun sampai 10 tahun. Sehingga dengan waktu yang lama tersebut, kita harus berhasil mendidik dan mengajarkan anak solat, jangan sampai anak tersebut masih meninggalkan solat saat berusia lebih 10 tahun.

Ingat, kita memiliki waktu 3 tahun untuk mengajarkan dengan cara lemah lembut, jika setelah 10 tahun, diperbolehkan memukul.

Baca Juga: Cara Menghukum Anak dalam Islam yang Mendidik

Hikmah Diberi Waktu 3 Tahun untuk Mengajarkan Anak Solat


Ketahuilah solat adalah perkara yang besar, bahkan amalan yang pertama dihisab di hari kiamat adalah solat. Oleh sebab itu Allah ta'ala memberikan waktu 3 tahun hanya untuk belajar solat secara dasar.

Saya sering mendapati anak-anak usia 7-13 tahun yang solat di masjid tapi mereka masih ribut dan mengobrol, sehingga mengganggu jamaah solat lainnya.

Kenapa umur 13 masih belum bagus solatnya? Kenapa ini bisa terjadi?? padahal kalau kita bersandar pada hadits di atas (mengajarkan anak dari usia 7 tahun) maka harusnya anak tersebut (13 tahun) sudah boleh dipukul. Lalu bagaimana perhatian pendidik akan perkara ini?

Pertanya'an satu lagi, selama 3 tahun apakah para orangtua sudah mengajarkan solat yang baik? Sampai-sampai yang sudah lebih dari 10 tahun belum baik solatnya?

Kasus seperti ini terjadi apabila para orangtua lari dari tanggung jawab dan dia lupa atas tanggung jawabnya sebagai pemimpin keluarga. Mari renungkan lagi, 3 tahun adalah waktu yang tidak sedikit. Misalnya seperti ini:

Pada usia 7 tahun kita bisa mengajarkan solat yang baik, tidak ribut atau lari-lari. Pada usia 8 tahun anak mulai dikenalkan do'a-do'a, perlahan namun pasti. Bahkan pada 7 tahun Insyallah sudah hafal doa sedikit-sedikit.

Pada 9 tahun, anak dikenalkan tata cara solat yang lebih dalam lagi. Nah, saat anak sudah usia 10 tahun, Insyaallah mereka sudah memiliki bakal tentang solat yang baik.

NB: Janganlah menyalahkan anak-anak kita apabila mereka masih gerak-gerak atau solatnya belum sempurna. Karna mereka masih tahap belajar, ajarkan sesuai urutan.

Ajarkan dulu agar ketika solat Jam'ah tidak ribut sehingga dapat menganggu jam'ah. Dan nasehatilah terus menerus karna mereka bagaikan kertas putih yang masih kosong, 7-10 tahun adalah masa-masa mengenal sesuatu.

Perlunya Ketegasan Mengajarkan Anak dari Usia 7 Tahun


Sebagaimana yang kita tahu bahwa, dalam hadist di atas tidak ada pesan hukuman atau ketegasan saat umur 7-9 tahun. Tapi, apakah artinya tidak ada perintah ketegasan pada usia 7-9 tahun?

Jika umur 10 tahun kita bisa memukul anak, maka untuk umur di bawahnya kita harus gimana?

Saya katakan: Kita harus mencari ketegasan yang levelnya di bawah pukulan.

Apakah ada?

Banyak! yuk renungi bersama. Apabila kita hanya mengarahkan tanpa ada tindakan/ketegasan orangtua rasanya kurang lengkap. Misal:

Anak kita sudah diingatkan untuk solat yang baik, lalu ketika di masjid anak masih ribut namun, kita diamkan saja, maka besoknya anak akan seperti itu lagi. Sebaiknya bagi para orangtua/ imam masjid, untuk selalu mengarahkan anak-anaknya solat yang baik dan benar,lalu berilah ketegasan jika mereka masih ribut lagi.

Misal ketegasan yaitu:

1. Anak disuruh mengulangi solatnya apabila ribut di masjid saat solat. Ajarkan pelan-pelan tidak perlu marah, senyum dan nasehatin secara lemah lembut.

Dengan demikian anak akan merekam bahwa seorang yang sedang menghadap Allah ta'ala tidak boleh main-main. Ingatkanlah dengan perlahan dan terus menerus sampai 3 tahun, Insyallah umur 10 tahun anak sudah bagus solatnya.

Perhatikan Cara Memukul


Dalam kitab Syaikh Kholid Syantut beliau menjelaskan supaya tidak memukul kepala dan tidak juga memukul dengan kemarahan tetapi pendidikan. Intinya semua kembali kepada para pemimpin, karna selain cara yang di atas ada yang paling utama yaitu keteladanan orangtua dan Do'a dari orangtua.

Catatan Akhir dari sebab perintah mengajarkan anak solat dari usia 7 tahun:


Ini Sebabnya Kenapa Ada Perintah Mengajarkan Anak Solat dari Usia 7 Tahun!!

Untuk 7 tahun tidak harus hafal do'a, kita ajarkan saja solat dengan baik minimal tidak lari-lari atau menganggu jama'ah lain sa'at solat. Ayo, semangat mengajarkan anak kita untuk solat. karna anak yang solih adalah sebaik baik bekal bagi para orangtua saat diakherat.

Baik sampai di sini dulu pembahasan tentang mengajarkan anak solat usia dini. Semoga kita dibimbing lalu Allah ta'ala mudahkan jalan kita menuju generasi gemilang. Penulis Abu Zaid Al-amir. Referensi: Tarbiatul Athfal Khalid Syantut bab "Hadits Perintah Solat"

Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

1 Response to Ini Sebabnya Kenapa Ada Perintah Mengajarkan Anak Solat dari Usia 7 Tahun!!

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top