Sejarah Berdirinya Kuttab [Detail]

Sejarah Kuttab

Pembaca yang budiman, sore ini saya ingin menulis sebuah artikel yang berjudul sejarah berdirinya kuttab. Dalam tulisan ini saya banyak yang menukil dari sebuah buku yang berjudul Modul Kuttab 1 karya tim Kuttab Al-Fatih Depok. Semoga saja bisa bermanfaat buat kita semua. Baiklah, apa itu Kuttab? Sejak kapan muncul lembaga Kuttab?

Sejarah Kuttab Pendidikan Islam Zaman Kejayaannya


Barangkali salah satu dari kita ada yang mulai mengenal lembaga Kuttab setelah muncul cabang-cabang Kuttab Al-Fatih di Indonesia ini. Namun, ternyata sistem pendidikan Kuttab ini sudah muncul sejak zaman Nabi Muhammad -salallah alaihi wassalam-, saat itu Rasulullah sallallah alaihi wassalam memberikan keputusan terhadap tawanan perang Badar supaya mereka menebus dengan harta, namun para tawanan tidak memiliki itu, maka kemudian mereka diperintah untuk mengajarkan 12 anak-anak muslimin sebagai gantinya.

Jadi Kuttab adalah lembaga pendidikan Islam untuk usia dini yang muncul pertama kali di zaman Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam. Kemudian menyebar ke berbagai negara seiring dengan penyebaran Islam.

Menurut Ahmad Amin, dalam Dhuha al-Islam, sebagaimana dikutip Hasan Asari,

"…Pendidikan [Islam] tidak memiliki periodisasi tertentu. Maka, tidak ditemui [apa yang disebut dengan]
pendidikan dasar atau ibtida’iyah, pendidikan menengah, dan sebagainya. Yang ada adalah satu
periode yang utuh. Pendidikan itu berawal dari kuttab atau dengan bimbingan guru khusus, dan
berakhir dengan halaqah di masjid."

Sejarah Kedudukan Lembaga Kuttab Zaman Dahulu


Dalam Sejarah Kuttab menyebutkan bahwa keberadaan Kuttab begitu agung dan mulia di hati masyarakat muslim pada saat itu, karna Kuttab adalah tempat utama di dunia Islam. Tempat untuk mengajari anak-anak, di sana juga diajarkan Adab, ilmu-ilmu islam, mengenal lebih dalam tentang Iman, belajar Al-Qur’an dan pengenalan-pengenalan terhadap Rabnya. Dahulu kuttab berlangsung di rumah-rumah para guru (mu’allim, mu’addib) atau pekarangan sekitar masjid.

Pada saat itu kaum muslimin memliliki semangat yang tinggi supaya anak-anak bisa belajar Al-Qur’an. sehingga banyak di antar mereka yang terdorong untuk membangun Kuttab-Kuttab. Oleh sebab itu pendidikan Kuttab semakin berkembang pesat.

Sejarah Kemunculan Kuttab Anak Yatim


Seiring dengan itu,mulai bermunculan kuttab-kuttab yang khusus anak-anak yatim, anak-anak yang tidak mampu, anak tentara atau anak-anak pengangguran yang intinya mereka tidak memiliki kemampuan untuk masuk di Kuttab, lalu kenapa dibuka Kuttab khusus mereka?

Itu semua bertujuan untuk menjaga mereka dengan mengenalkan ilmu Islam dan belajar dalam asuhan Ilmu. (At-Ta’lim fi Mishr zaman Al-Ayyubiyin hal.121)

Dalam sejarah Kuttab tertulis, pada zaman dinasti Az-Zankiyyin, Al-Ayyubiyin dan Al-Mamalik, Kuttab yang khusus anak yatim mendapat perhatian khusus.

Bahkan, Nuruddin Az-Zanki menjadi pemimpin dalam membangun kuttab anak-anak yatim dan menggaji para pengajarnya dan murid-muridnya dengan gaji yang tinggi. (Ar-Raudhatain fi Akbar Al-Daulatain hal.54)

Usia dan Kelas Kuttab


Setelah kita membaca sejarah berdirinya Kuttab pada zaman dahulu, sekarang kita harus tahu bagaimana sejarah Kuttab dari faktor usia dan kelas. Secara umum usia pembelajaran Kuttab sejak dini, dimulai dari usia 5 tahun. dan anak-anak akan terus di Kuttab sampai menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya sebagaimana Imam As-Syafii ketik Belajar di Kuttab. namun jika tidak mampu, boleh sebagiannya.

Mereka tidak hanya belajar Al-Qur'an saja, karna mereka juga belajar membaca, menulis,berhitung dan bahasa. (dinukil dari At-Tarbiyah fi Al-Islam hal.130)

Anak-anak di Kuttab sampai 12 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang lebih dari 12.

Adapun kelas Kuttab dibagi menjadi 2:

  • Kuttab Awwal: pada jenjang ini anak-anak belajar membaca, menulis, menghafal qur’an, ilmu dasar agama, dan berhitung dasar.
  • Kuttab Qonuni: pada jenjang ini anak-anak dan remaja belajar ilmu bahasa dan adab. Mereka juga belajar ilmu agama, hadits, dan berbagai macam ilmu lainnya


Perhatian Kuttab untuk Anak Anak


Dalam sejarah kuttab di sana tertulis masalah kondisi anak-anak, sebagai wujud perhatiannya. Karna anak-anak masuk Kuttab sejak usia dini, maka salah satu perhatian dari Kuttab adalah menjaga keselamatan anak-anak. lalu kuttab membuat aturan atau kaidah-kaidah tertentu supaya menjaga mereka dari penyakit sosial atau akhlaq dan penjagaan itu meliputi semua hal seperti, waktu istirahat kuttab, dan dari pergi hingga pulang.

Antar Jemput Anak di Kuttab


Soal antar jemput anak-anak, biasanya di antar oleh orangtua atau supir yang amanah, terjamin kepercayaannya untuk menjaga anak-anak, untuk kepulangan juga demikian. (Nihayah Ar-Rutbah fi Thalab Al-hisab hal.104)

Seperti Apa Perlengkapan Kuttab di Kelas??


Belajar di Kuttab itu sangat lah sederhana, hanya ber alas karpet dan papan meja, muhsaf Al-Qur’an, buku hingga pena. Mereka duduk bersiala di hadapan gurunya. Sedangkan para guru atau ustdz duduk di atas kursi, dan terkadang kursi di ganti dengan bangunan yang lebih tinggi.
(Adab Al-Mu’allim ibnu sunan hal.50 dengan sedikit perubahan.)

Sejarah Kuttab Tentang Syarat-Syarat Menjadi Guru Kuttab


Dalam sejarah Kuttab sangat memperhatikan masalah ini, tidak semua orang dapat mengajar di Kuttab, karan dia harus menempuh syarat-syarat yang disediakan manajemen. Guru mempunyai berbagai tugas, guru mempunya tugas seakan dia guru privat.

Ya, guru privat yang tidak bergerak sendiri mereka bergerak dengan panduan dan aturan tertentu yang harus ditaati. Berikut kami nukil dari kitab ulama yang saya baca dari modul kuttab 1 dengan sedikit prubahan bahasa.

Kittab Adab Al-Muallimin hal.47

"Masyarakat sangat berhati-hati dalam memilih guru untuk anak-anak kuttab. Mereka akan mencari guru yang mempunyai kepribdian baik,akhlaq yang mulia,dikenal dengan ke istiqomahan,adil serta mempunya kemampuan setandar terhadap Al-Qur’an dan ilmu-imunya. Bahkan Al-Qubisi mensyaratkan agar guru berwibawa tetapi tidak kasar, tidak berwajah cemberut,marah tidak ramah,tegas tidak galak dan akrab serta lembut terhadap anak-anak. Lalu yang terpenting membimbing adab anak-anak demi kemaslahatan"

Kittab Mu’allim Al-Qurbah fi Ahkam Al-Hisab hal.260

Disyaratkan bagi guru agar mempunyai kesholihan serta penjagaan diri seperti amanah,hafal Al-Qur’an tulisannya bagus,mengetahui ilmu berhitung dan lebih di utammakan lagi yang sudah berkeluarga/menikah.

Bagaimana Manajamen Kuttab??


Dalam sejarah Kuttab, para fuqoha membuat manajemen yang harus di ikuti dan dita’ati oleh keluarga Kuttab. Seperti waktu istirahat dan libur Kuttab. Masyarakat muslimin mempunyai perhatian dalam memberikan sepenggal waktu istirahat setelah penatnya pelajaran.

Kami akan menukil dari kittab ulam yang saya baca dari modul 1 kuttab.

Kittab Al-Madhkal 2/321

Ibnu Hajjaj Al-Abdari(w: 737H/1336M) berkata: "Hal itu merupakan sunnah sesuai sabda Rasulullah -Shalallahu alaihi wassalam- :Istirahatkan hati sesa’at demi sesa’at.(marasil abu daud :ada beberapa syahid yang sohih). Jika mereka telah istirahat 2 hari dalam 1 pekan,mereka akan bersemangat di sisa hari-harinya."


Bagaimana dengan Pembiayaan Kuttab??


    Berapa biaya di Kuttab? Bagaimana sitemnya? Dalam catatan sejarah pendidikan kuttab, masalah pembiayaan sudah tertulis rapih dan detail.

    Pembiayaan kuttab dilakukan oleh pihak orangtua yang mengamanahkan anaknya di kuttab. Untuk masalah gaji guru, akan dibayarkan setiap bulan atau paketan atau tahunan. Ada juga orangtua kaya yang menanggung pembayaran kerabat-kerabatnya yang miskin atau bisa juga orang yang tidak mampu bukan dari kerabatnya.

    Ini adalah potret ajaran-ajaran islam,potret kebersamaan dalam meringankan orang yang tidak mampu dan saling menolong. Hal ini juga akan meringankan beban negara dari pembiayaan pendidikan, karna dalam sejarah kuttab, ada negara hanya membiayai wilayah-wilayah terbatas.

    Adapun biaya kuttab bisa ditanyakan kepada manajemen kuttab yang bersangkutan. Karena bisa jadi setiap kuttab-kuttab memiliki kebijakan yang berbeda dalam masalah ini. Baik sisi jumlah maupun waktu. Bahkan sesama cabang kuttab al-Fatih sendiri kadang berbeda.

    Perhatian Kuttab dalam Masalah Kesehatan


    Dalam masalah kesehatan kuttab mempunyai perhatian yang luar biasa, jika suatu saat ada anak yang merasakan sakit maka guru akan memulangkan anaknya supaya segera dirawat dan tidak terjadi penularan ke anak-anak yang lain, bahkan di setiap kelas juga sudah tersedia P3K.

    Salah satu perhatian kuttab dalam menjaga kesehatan yaitu, setiap guru tidak boleh membiarkan seorang anak membeli makanan dari penjual yang berjualan di depan kuttab, ditakutkan menimbulakan masalah jika membelinya. Bahkan dalam buku sejarah kuttab tertulis bahwa ada kuttab yang menjadwalkan kehadiran dokter setiap bulannya( semua saya nukil dari modul kuttab 1,dengan sedikit berubahan bahasa dan tata letak)

    Seperti Apa Kurikulum Kuttab?


    Kurikulum Kuttab al-fatih, sejarah Kuttab

    Kurikulum Kuttab adalah kurikulum yang pernah diajarkan oleh nabi kepada sahabat-sahabatnya ketika masih kecil, seperti sahabat Abdullah bin Abbas, Usamah bin Zaid dan lain sebagainya. Apa kurikulum nabi?

    Kurikulum nabi adalah "Belajar Iman sebelum Qur'an" hal ini sudah banyak kami bahas di situs abana online ini. Tentunya agar tidak salah paham dalam memahami Iman sebelum Quran antum perlu membaca penjelasan-penjelasan tersebut di sini. Atau antum kunjungi judul di bawah ini:

    Kehidupan Sosial dalam Sejarah kuttab


      Kuttab memiliki bentuk sosial yang sangat tinggi, bagi siapa yang ingin membangun Kuttab, maka tidak boleh dibangun pembatas atau tembok yang bisa memisahkan masyarakat sekitar. Bahkan jika suatu saat ada seorang warga di sekitar Kuttab yang meninggal dunia, maka dari pihak Kuttab bisa diliburkan untuk mensolati si mayat.

      Atau jika masyarakat sekitar mengalami kekeringan maka bisa melaksanaka solat istisqo’ bersama. Inilah sejarah Kuttab secara ringkas, jika sahabat abana ingin membaca sejarah Kuttab lebih detail lagi, silahkan baca: Mengenal Kuttab Lebih Dalam.

      Tambahan: Apabila aantum ingin menjadi guru kuttab yang ada di Indonesia. Seperti Kuttab al-Fatih atau yang lainnya. Disarankan untuk membaca Pengalaman Kami Menjadi Gurru Kuttab al-Fatih.

      Penulis: Mujahid Pendidikan Abu zaid al-Amir. Referensi: Modul Kuttab 1 Ustadz Budi Ashari dan Ustadz Ilham

      Sekian penjelasan kami mengenai sejarah berdirinya kuttab beserta manajemen, kesehatan, kurikulum kuttab al-Fatih dan lainnya. Semoga bisa menambah ilmu kita. Share jika bermanfaat. Wallahu'alam. Wassalmualikum warahmatullahi wabarakatuh.
      Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

      5 Komentar Sejarah Berdirinya Kuttab [Detail]

      Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

      Back To Top