Sistem Pendidikan Dari Guru Terbaik Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Ketika semua tak mengikuti panduan Syari'at. Ketika pola hidup jauh dari tuntunan Ilahi Robbi Ketika urusan dunia dipisahkan dengan urusan akhirat. Ketika bermuamalah tidak meneladani Nabi

Apakah yang terjadi?

Maka yang harusnya mudah menjadi Sulit. Yang sederhana menjadi berbelit-belit. Sebaliknya saat yang memiliki aturan berat. Di longgarkan bahkan dilepaskan dari aturan ketat
Islam itu sederhana.

Pendidikan hanya ada dua jenjang Kuttab dan Madrasah.


Sistem Pendidikan Dari Guru Terbaik Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Uisa 5-12 Tahun di Kuttab, 12-18 Di Madrasah. Biidznillah selanjutnya sudah mampu menghasilkan karya.

Islam itu sederhana:

Memulai Tarbiyah tak perlu menunggu ada di bangku sekolah. Sejak dalam kandungan sang calon bayi sudah mampu mendengarkan lantunan Qur'an dari mulut Ibunya.

Islam itu sederhana:

Tak perlu gadget canggih untuk transfer hafalan Qur'an, hadist, dan ilmu lainnya. Yaitu dengan Talaqqi. Tapi, tetap ada wilayah hukum yang tak sederhana karena butuh waktu panjang untuk membersamainya dengan ilmu.

Ada tahapan-tahapan dalam berilmu


1. Adab sebelum ilmu.
2. Ilmu sebelum amal.

Belajar dari sejarah dalam berilmu

1. Fase Makkah adalah 13 tahun merupakan fase memoles iman sebelum Qur'an, Fase mengenal Bashiroh dan Nadhiroh, Fase mengenal syurga dan neraka. Fase hitam putih bukan abu-abu.

2. Fase Madinah adalah 10 Tahun, dimana Syari'at mulai diberlakukan.

Kesimpulan sungguh perlu waktu panjang agar dapat mengenal islam sampai isinya bukan hanya kulitnya. Mari memulai hari dengan mengkaitkan hati dengan Allah.

Mengkaitkan Ayat-Ayat Allah dengan peristiwa yang kita alami. Mengkaitkan dunia dengan akhirat

Karena hidup ini sudah diberikan panduan dari Allah dan RasulNya.

Menggenggam hukum Allah seperti menggenggam sebongkah bara api, jika dilepas bara akan mati,  jika terus dipegang akan panas terlebih lagi penuh luka bakar.

Karya Imam Abu Umar Syathir

Abu Zaid Al-Amir
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

2 Komentar Sistem Pendidikan Dari Guru Terbaik Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top