Apa Itu Kuttab? Yuk Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa itu Kuttab? Sebenarnya bab ini sudah pernah kami singgung ditulisan yang berjudul Sejarah Berdirinya Kuttab. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kuttab itu sendiri. Baik pengertian Pengertian kata (الكتاب  yang jama’nya  الكتاتيب ) ataupun guru-guru yang ada di kuttab serta muridnya.

Pengertian Kata "Kuttab"


Baik, apa sih kuttab itu? Kuttab adalah:

  الكتاب  مكان صغير لتعليم الصبيان القراة والكتابة وتحفيظهم القران) المعجم الوسيط 777/2

الكتاب : بضم الكاف والجمع الكتاتيب اصولها ترجع الى أقدام العصور وهوالاماكن الأساسية لتعليم الناشئة حفظ القران الكريم و مبادئ القرأة والكتابة

الكتاتيب مكان من الأمكان الأولية  لتعليم الناشئة القران الكريم و الدين و مبادئ القرأة والكتابة والحفظ والحساب.

  • Kuttab adalah tempat untuk belajar anak-anak dalam membaca, menulis dan menghafal (الكتاب  jama’ nya الكتاتيب
  • Al-Kuttab (dengan dhommah pada huruf Kaf dan jama’nya Al-Katatib) merujuk kepada pendidikan yang ada di masa lalu, Kuttab adalah tempat pembalajaran untuk anak yang baru tumbuh, mereka belajar menghafal Al-Qur’an dan memulai belajar membaca dan menulis.
  • Al-Katatib tempat pertama bagi anak-anak yang baru tumbuh, untuk belajar Al-Qur’an Al-Karim, Agama dan memulai membaca, menulis, menghafal dan berhitung.

Perbedaan Kata Kuttab dan Kitab


Di sini kita harus bisa membedakan, antara kata Kuttab dengan Kitab karna sama di tulisan namun beda di Harakat dan Tasydid dan Makna:

  • Kitab : Artinya –Buku- jama’nya Kutub, huruf -Kaaf- berharakat Kasrah dan Huruf –Ta-  tidak ada Tasydid.
  • Kuttab : Jama’nya -Katatiib- huruf -Kaaf- berharakat Dhommah dan terdapat Tasydid di huruf –Ta-.

Sahabat Abana yang setia, dalam kajian Ustd Hafi Lc beliau berkata:

"Kuttab itu tidak asing, namun telinga manusia sekarang lah, yang asing, mereka tidak mau membaca dan mendalami, sehingga mereka bertanya –Kuttab itu aliran apa?-"

Nah, itulah arti dan definisi kuttab. Insyaallah untuk sejarah kuttab, tidak perlu saya bahas kembali, silahkan baca saja di sini: Sejarah Kuttab

Perkembangan Kuttab


يرى محمد أسعد طلس

في كتابه «التربية والتعليم في الإسلام»  

 أن الكتاتيب كان معروفة بكثرة في بلاد الشام ومصر وفارس

 والعراق قبل الإسلام، فلا غرابة إذا نقل القرشيون ذلك عنهم في رحلاتهم التجارية، وأن الجاليات النصرانية واليهودية في الجزيرة كانت تعلم أبناءها في الكتاتيب، وليس بعيداً أن يكون جيرانهم قد أفادوا من ذلك. ثم أصبح الكتّاب بعد ظهور الإسلام المكان الرئيس للتعليم، دعت إلى ظهوره حاجات التوسع في نشر الدين وانتقال العرب من حال البداوة إلى حال الحضارة.

يعد الكتاب من اقدم المراكز التعلمية عند المسلمين, وقيل بان العرب عرفوه قبل الاسلام, ولكن على نطاق محدود. وكانت مكانة       الكتاب في القرون الهجرية الأولى عالية الشأن اد يعد لبداية تعليم أعلى.


Sebagaimana yang sudah saya tulis di Sejarah Kuttab  , bahwa Kuttab sangat digemari oleh masyarakat, karena di sana, anak-anak belajar menghafal Al-Qur’an, Adab, menulis, Agama bahkan sampai berhitung.

"Kuttab Sangat dikenal di Negara Syam, Mesir, Iraq, dan bahkan dalam tulisan di atas katanya, Kuttab sudah ada sebelum Islam" (pendapat Muhammad As’ad)

Coba lihat tulisan di bawahnya, di sana dijelaskan, bahwa Kuttab sudah menjadi markas belajar anak-anak dari masyarakat Muslim, dan dikatakan juga, jika Kuttab sudah dikenal sebelum Islam dengan sekala terbatas. Kuttab ini bahkan sampai berkembang ke daerah-daerah seperti Sudan, Afganistan, dll. Insyaallah akan kita bahasn nanti..


Ulama siapa saja yang belajar di Kuttab?


Sangat banyak sekali ulama-ulama ternama yang dulunya belajar di Kuttab, salah satunya Ulama terkenal di Indonesia dan Dunia, Imam Syafi’i. Baca Sejarah Imam Syafi'i di sini: Biografi Imam Asy-Syafi'i

فيحكي الأ مام الشافعي عن مرحلة الكتاب في صغيره فيقول : "كنت يتيما في حجر امي ,فدفعتني في الكتاب فلما ختمت القران

دخلت المسجد فكنت أجالس العلماء "

Imam Syafi’i Rahimahullah bercerita tentang masa kecilnya di Kuttab :

"Saya dulu adalah anak yatim di bawah pangkuan ibu, maka ibu saya memasukan saya ke Kuttab, saat saya sudah hafal Qur’an saya duduk bersama Ulama di dalam Masjid (marhalah setelah Kuttab – Madrasah-)"

Subhanallah ... begitulah Imam Syafi’i belajar, bahkan Imam Syafii tidak keluar Kuttab sampai Hafal Al-Qur’an, setelah hafal, Imam Syafi'i melanjutkan jenjang berikutnya (Madrasah), bersama ulama-ulama.
Sahabat Abana masih asingkah dengan Kuttab? Indonesia yang mayoritas ber Madzhab Imam Syafii, ternyata masa kecilnya Imam Syafii dahulu belajar di kuttab. Bukan cuma Imam Syafii, ada juga yang dia menjadi orang besar melalui sistem Kuttab ini.

Misalnya: Ibnu Sina, Ibnu Khuldun, Muhammad Al-Fatih, Dll, silahkan Sahabat Abana baca kembali sejarah mereka.

Pendapat Ibnu Khuldun tentang Kuttab:

وقد أوضح ابن خلدون
في مقدمته في فصل «تعليم الولدان واختلاف الأمصار الإسلامية في طرقه»

 أن ثمة اختلافاً في منهج تعليم الأطفال في الكتّاب تبعاً لاختلاف الأمكنة، فقد مزج أهل الأندلس في كتاتيبهم بين تعليم القرآن

الكريم ورواية الشعر والترسل وقواعد اللغة العربية وتجويد الخط، وجمع أهل إفريقيا في كتاتيبهم بين تعليم القرآن الكريم

والحديث الشريف، وكذلك فعل أهل المشرق أيضاً. وفي بلاد المغرب، ظهر الكتّاب القرآني بعد الفتح الإسلامي مباشرة،

فتوافدت على البلاد بعثات تعليمية بقصد إقامة نظام تعليمي جديد أساسه الدين الإسلامي واللغة العربية


Ibnu Khuldun menceritkan perkembangan kuttab di berbagai daerah, Daerah Timur, Barat dan lain lain..

Guru-Guru Kuttab Zaman dahulu:


  • Adhohak bin Mazahim, beliau dikenal orang yang menjadi pengajar anak-anak di Kufah (mengajarkan adab dll) dan beliau mempunyai 3.000 Murid (tiga ribu murid)
  • Abil Qosim dikatakan beliau juga mempunyai tiga ribu murid (dalam kitab معجم الأدباء )
  • Al-Muslim bin Husain bin Hasan, beliau sangat bersungguh-sungguh dalam mengajarkan adab kepada anak-anak.

Apakah Kita Wajib Menghidupkan Kuttab??


Salah satu alasan Utama, dahulu Nabi Muhammad Shalallau alaihi wassalam menyuruh anak-anak dalam menulis dan membaca, walaupun Nabi Shalallau alaihi wassalam sendiri adalah seorang yang Ummy (tidak bisa membaca). Dari sisi lain, didalamnya di ajarkan Adab, Iman dan Qur’an sebagai pondasi untuk anak-anak, sebelum menerima beban Syari’at.

Dan masih banyak lagi, alasan untuk menghidupkan Kuttab.

Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam
Kuttab Dahulu
Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam
Kuttab dahulu
Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam
Cuma tambahan
Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam
Anggap tidak ada
Gambar di atas menjelaskan Poin-Poin berikut:

Garis warna merah, "Ustadz nya atau pengajar sedang membawa Rotan atau semacamnya" Dalam Islam ini diperbolehkan dan bukan HAM, karna ada Adab di sana. Terus yang berdiri mungkin di hukum. Wallahu’alam

Silahkan baca Hukuman Anak Dalam Islam supaya tidak salah faham. Bisa-bisa saya dikira mengajarkan kekerasan. Lihatlah anak-anak duduk rapih bersila, menunjukkan adab mereka dalam belajar.

Untuk gambar yang modern, itu halaqoh saya, di TPA.

Saya hanya menerapkan Adab sebelum ilmu, seperti di Kuttab.  Tapi bukan Kuttab, karna Kuttab memiliki kurikulum yang luas dan luar biasa. Orangtua dan anak sampai Para Guru ikut belajar, dan masih banyak lagi kurikulum-kurikulum Kuttab seutuhnya. Baik sekian dari saya, semoga saja yang masih bingung dengan kata Kuttab, dia tidak berfikir 'Apa itu Kuttab' lagi...

Referensi:

Saya menulis ini, setelah saya mendengar kajian Ustadz Hafi Lc. Kata beliau: "Jika mau mencari buku yang membahas Kuttab, ada ratusan Kitab di Maktabah Syamilah! "

Nah, yuk kita buka maktabah Syamilah dan baca kitab-kitabnya di sana. Saya akan memberikan Foto-foto lembaran kitab yang di pakai oleh Ustadz Hafi Lc di bawah ini :

Sekaligus mengakhiri artikel kami tentang, Apa itu Kuttab? mengenal lebih dalam arti Kuttab.

Apa Itu Kuttab?? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam

Apa Itu Kuttab? Yuk! Mengenal Kuttab Lebih Dalam


Baik, kami akhiri pembahasan tentang apa itu kuttab, baca juga Daftar Kuttab-Kuttab di Indonesia. Penulis Mujahid Pendidikan Abu Zaid Al-Amir
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.
Buka KomentarTunggu...
Back To Top