Cara Menjaga Badan Tetap Segar Bugar Ala Sahabat Nabi (terbukti oleh medis)

Cara Menjaga Badan. Sakit adalah bagian dari hidup manusia. Ada waktunya seseorang sakit, ada waktunya seseorang sehat. Manusia dapat terserang penyakit, karna sudah menjadi taqdir Allah ta'ala, bahkan dikatakan dalam hadits bahwa rasa sakit pada diri seorang, bisa menjadi pelebur dosa apabila ia bersabar. Sehingga yang sedang sakit janganlah bersedih, jalani dengan kesabaran, dan tetap tabah. Insyaallah bisa menjadi pelebur dosa, Amiiin.

Nah, karena sakitnya manusia adalah sebuah takdir, maka kami di sini tidak membahas "Cara Terhindar dari Penyakit". Namun, yang akan saya tulis adalah "Cara Menjaga Badan Tetap Segar Bugar Seperti Sahabat Nabi shalallahu alaihi wassalam" Mengapa harus sahabat? Berikut alasannya.

Fisik Para Sahabat yang Selalu Menjaga Badan Tetap Sehat Segar dan Bugar


Cara Menjaga Badan Tetap Segar Bugar

Ya, alasannya adalah fisik mereka yang tetap segar. Patut dijadikan tauladan dalam menjaga badan tetap sehat, segar dan bugar. Inilah faktanya:

Fisik Sahabat Syuja bin Wahb dari Bani Asad bin Khuzainah. Beliau pengantar surat Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam untuk pemimpin Damaskus Al-Harits bin Abu Syam (Jarak Madinah-Damaskus 1903 km-data peta-) setengah dari jarak Jakarta – Solo 570 Km. Sedangkan kendaraan saat itu hanyalah kuda berkaki empat.

Sahabat Amr bin Al-Ash Beliau adalah pengirim surat untuk Raja Uman (477 Km). Abdulllah bin Hudzaifah As-Sahmi pengirim surat Raja Persia/Iran (berjarak 2127 Km ).

Kemudian ada juga sahabat Dihya Al-Kalbi yang mengirim surat kepada Raja Heraklius Romawi (4000-5000 Km)

Subhanallah .. betapa kuat fisik mereka? Hanya mengendarai kuda yang tidak lebih cepat dari kuda besi, namun tetap kuat dan sehat. Selain itu, masih banyak lagi, bukti-bukti kekuatan fisik Para Sahabat Radiyallahuanhum. Lalu bagaimana cara para sahabat menjaga kebugaran mereka??

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Sehat dan Bugar Seperti Para Sahabat


Cara Menjaga Badan Tetap Segar Bugar

Poin Pertama supaya badan tetap bugar ala sahabat nabi adalah:

Menjaga Fikiran, Sebab Otak Sumber Kebugaran


Cara yang pertama dan paling utama adalah menjaga fikiran, entah percaya atau tidak, ternyata otak adalah titik awal sumber penyakit yang membuat tubuh kita tidak bugar dan segar. Mari buktikan bersama-sama , di sini saya lebih suka mendahulukan bukti dari Al-Quran dan Hadist, supaya kita terbiasa mendahulukan keimanan wahyu dari Allah ta’ala daripada akal manusia (ex.pembuktian Medis dll)

Allah Berfirman dalam Qs.Yusuf: 84

 وَتَوَلَّىٰ عَنْهُمْ وَقَالَ يَا أَسَفَىٰ عَلَىٰ يُوسُفَ وَابْيَضَّتْ عَيْنَاهُ مِنَ الْحُزْنِ فَهُوَ كَظِيمٌ

"Dan Ya'qub berpaling dari mereka (anak-anaknya) seraya berkata: "Aduhai duka citaku terhadap Yusuf", dan kedua matanya menjadi putih karena kesedihan dan dia adalah seorang yang menahan amarahnya (terhadap anak-anaknya)". (Qs.Yusuf: 84)

Hikmah kisah Nabi Ya’qub Alaihissalam:

Nabi Ya'qub Alaihissalam dilanda kesedihan sampai matanya buta.

Apa yang membuat Ya’qub buta??

Kesedihan yang mendalam, rasa rindu terhadap anaknya yang tersayang, bahkan, sebenarnya Ya’qub sudah tahu kebohongan Anak-anaknya tentang terbunuhnya Yusuf Alaihissalam. Bagaimana tidak sedih? Seorang ayah yang kehilangan Anak tersayangnya Yusuf?!!

Saya yakin, jika kejadian tersebut terjadi pada keluarga kita, pasti kita juga akan sedih, namun, semoga saja tidak. Apalagi yang hilang istri ? jangan dulu lah.. istri baru satu! Eh’ kalau sudah 4, jangan juga lah,,, Amiin.

Perlu Sahabat Abana ketahui, Kesedihan Nabi Ya’qub adalah rasa sedih yang mulia.

Qs.Yusuf :86

Artinya : "Ya'qub menjawab: "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya".

Dalil lain Bahwa menjaga fikiran adalah kunci utama kesehatan badan kita:

Banyak sekali hadist dan Ayat-Ayat yang menganjurkan untuk menenangkan pikiran dengan mengingat Allah ta'ala dan tidak ada iri hati, dengki, dan saling memaafkan.

(Qs.Ar-Ra’d :28)

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram."

Dari Hadist

Pikiran itu datang dari hati, hati yang tenang pikiran pasti akan tenang, bukankah kalau seorang yang sedang benci pasti akan timbul pikiran marah? Tidak tenang? Bahkan sampai dibawa tidur?

Apalagi sampai dibawa tidur, tambah besar efeknya, Sebab hal itu akan membuat badan kita tidak bugar dan pegal-pegal saat bangun tidur.

"Sahabat Abana bisa buktikan, sebelum tidur hati dan pikiran tidak tenang, marah, benci, dengki, iri dll, saya yakin, badan teman-teman akan terasa tidak bugar saat bangun".

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ تَحَاسَدُوْا ، وَلاَ تَنَاجَشُوْا ، وَلاَ تَبَاغَضُوْا ، وَلاَ تَدَابَرُوْا

 وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ ، وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا ، اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ، لاَ يَظْلِمُهُ ، وَلاَ يَخْذُلُهُ ، وَلاَ يَحْقِرُهُ ، اَلتَّقْوَى هٰهُنَا

وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْـمُسْلِمَ ، كُلُّ الْـمُسْلِمِ عَلَى الْـمُسْلِمِ حَرَامٌ ، دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ

Dari Abu Hurairah Radhyallahu anhu ia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Kalian jangan saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi ! Janganlah sebagian kalian membeli barang yang sedang ditawar orang lain, dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allâh yang bersaudara. Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lain, maka ia tidak boleh menzhaliminya,
menelantarkannya, dan menghinakannya. Takwa itu disini –beliau memberi isyarat ke dadanya tiga kali-.

Cukuplah keburukan bagi seseorang jika ia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap orang Muslim, haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya atas muslim lainnya."

[Muslim (no. 2564),Imam Ahmad (II/277, 311-dengan ringkas, 360),Ibnu Mâjah,Al-Baghawy dalam Syarhus Sunnah (XIII/130, no. 3549]

Pendapat Medis Terkait Hal ini:

Menurut Ahli Kesehatan Jiwa Dr.Yul Iskandar.DAJ,MBAP,Ph.D (gelar ko, panjang banget ya? apa aja tuh?):

"Fisik tubuh manusia akan lemah jika otak dan pikiran kita lemah, seperti hal-hal yang mengganggu pikiran otak"

Seperti contoh berikut:
  • Ditinggal meninggal
  • Dikhianati
  • Hartanya tertipu
  • Usaha bangkrut
  • Intinya semangat hidup hilang seketika karna masalah yang dialaminya.
Sehingga ababila kesehatan pikiran mereda, maka gangguan kesehatan akan hilang, namun jika otak terganggu akan banyak pengaruhnya terhadap fisik tubuh.
Mengapa?

Menurut dokter "Otakalah yang berfungsi mengatur segala fungsi tubuh"(sumber deherba)

Kesimpulan:
  1. Hati dan Pikiran bisa mempengaruhi fisik manusia
  2. Menjauhkan rasa dengki, iri hati, susah memaafkan saudara dan jauhi hal-hal yang membuat hati kita dengki! Misal : menggunjing saudara kita, dll. Naudzubillah..
  3. Tenangkan pikiran saat hendak tidur, karna sangat mempengaruhi kebugaran tubuh saat bangun tidur (baca kisah Abdullah bin Amr, bersama Sahabat yang bersih amalan hatinya) 
Itulah, cara menjaga badan agar tetap sehat. Selanjutnya, poin yang kedua supaya badan tetap segar:

Pola Makan Nabi Shalallahu alaihi wassalam


Pembahasan ini sangat menarik dan panjang, Insyallah akan saya tulis dipembahasan selanjutnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Wallahualam. Penulis: Mujahid Pendidikan Abu Zaid Al-Amir

Referensi:
  • Al-Qur’an Al-Karim
  • Tafsir As-Sa’di
  • Tafsir Ibnu Katsir
  • Ar-Rahiq Al-Makhtum Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri
  • Syarah Al-Arbain An-Nawawi Ustd Yazid bin Abdul Qodir Jawas
  • Google Map
  • Situs deherba.com
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Cara Menjaga Badan Tetap Segar Bugar Ala Sahabat Nabi (terbukti oleh medis)

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top