8 Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al Quran

Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al-Qur’an

Dengan keterbatasan kita masing-masing dalam memahami bahasa Arab dan Ilmu tafsir, kadang kita mengalami kesulitan untuk memahami bahasa Al Quran secara baik, sehingga kita pun susah untuk bisa berinteraksi dengan Al Quran itu sendiri.

Lalu bagaimana caranya supaya yang belum bisa bahasa arab atau kita yang bukan ahli tafsir bisa berinteraksi dengan Al Quran?

Berikut Poin-Poin Yang Bisa Membantu Kita Berinteraksi dengan Al Qur'an


Mungkin poin di bawah ini sudah cukup dijadikan sebagai solusi kawan-kawan yang merasa kesulitan memahami Al-Qur'an. Tetapi kami juga tidak menutup kemungkinan jika ada poin yang lebih pas serta lebih tepat selain yang akan kami sebutkan. Jika memang ada, Antum bisa memberi masukan di komentar. Semoga bisa bermanfaat untuk saya peibadi dan pembaca pada umumnya. baiklah di bawah ini ada 8 poin yang sudah kami rangkum, silahkan disimak.

Luruskan Niat dan Jadilah Orang yang Semakin Bertaqwa


Poin pertama adalah meluruskan niat dan menjadi orang bertaqwa. Karna kita akan lebih nyaman membaca Al-Quran apabila memiliki niat yang ikhlas, sehingga hati akan terasa lebih tenang. Sedangkan dengan bertaqwa kepada Allah ta'ala, maka kita akan lebih mudah memahami isi dari Al-Qur'an tersebut, karna Allah akan membimbing dan memberikan ilmu kepada orang yang bertaqwa.

Artinya: Dan bertaqwalah kepada Allah, Allah mengajarmu dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (Q.S Al-Baqarah: 282)

Bacalah Al-Qur'an Kemudian Bacalah Artinya


Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al Quran

Poin kedua supaya kita bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an adalah membaca artinya. Namun, sesungguhnya arti itu hanya mendekatkan dan memudahkan yang tidak mampu Bahasa Arab. Makna sesungguhnya ada di dalam kitab Tafsir dan dalam bahasa aslinya. Tapi setidaknya terjemahan bisa membantu orang banyak.

Merenungkan Isi Kandungan Al-Qur'an Dengan Baik dan Menghubungkan dengan Kegiatan Sehari-Hari


Kadang kita kurang perhatian terhadap kandungan ayat yang sedang kita baca. Hal inilah yang menjadikan kita susah berintraksi dengan Al-Qur'an. Maka solusinya adalah fokuskan diri kita dan renungkanlah isinya lalu hubungkan dengan kegiatan sehari-hari. Misalnya kita sedang membaca ayat di bawah ini dan kita ingin merenungkan isi kandungannya:

(Qs.Al-Hujurat:6)

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang yang fasik membawa satu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah pada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu"

Maka ayat di atas sudah sangat jelas dan gamblang. Yang harus kita lakukan adalah mengaitkan dengan kehidupan. Kita semua bisa memahami bahwa ciri orang yang beriman adalah selalu berusaha untuk memeriksa kembali dengan teliti semua berita yang didapat, karena jika tidak, akan berakibat buruk. Setelah kita renungkan maka kita aplikasikan dikegiatan kita sehari-hari.

Baca artikel ini:
Cara Membedakan Berita Hoax 
Supaya lebih mudah memeriksa berita yang didapat.

Mengaitkan Ayat yang Sebelum dan Sesudahnya


Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al Quran

Mengaitkan ayat dengan ayat yang sesudah dan sebelumnya juga salah satu cara kita bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an. Kita harus berusaha mencoba merenungi hubungan antara satu ayat dengan ayat yang lain, untuk membuktikan kemukjizatan susunan Al-Qur’an. Contoh: ketika kita ingin bicara tentang fungsi alam semesta yang ada di sekitar kita yang terdapat dalam surat Qaf.
Allah Ta’ala berfirman:

"Untuk menjadi rizki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan." [Qs.Qaaf:11]

Sebelum ayat ini yaitu Qs.Qaf :9, Allah berfirman tentang hujan yang diturunkan untuk menumbuhkan pohon-pohon yang bisa kita panen. (Silahkan buka Al-Qur'an Qs.Qaf:9)

Sehingga dalam ayat ini menyampaikan fungsi lain dari hujan dan tumbuhan itu sendiri adalah: sebagai rizki, menghidupkan tanah yang telah mati dan mengingatkan kita akan hari kebangkitan. Subhanallah.


Ambillah Literatur Penunjang Renungan Kita


Jika ingin mengambil literatur atau rujukan, Kita bisa membuka tafsir-tafsir ulama yang terkenal dengan Ilmunya. Seperti Ibnu Kasir Al-Qur'an Al-Adzim. Insyaallah Tafsir Ibnu Katsir sudah cukup memadai bagi pemula dalam belajar ilmu tafsir. Misalnya kita ambil contoh pada ayat di atas poin 4, (ketika Allah mengibaratkan kebangkitan manusia dari alam kubur seperti hujan yang menumbuhkan pepohonan dari dalam tanah). Maka untuk penjelasan detailnya, bukalah literatur tersebut (Tafsir Ibnu Katsir Dll). Begitu juga ketika kita ragu atau ingin tahu tentang sebuah tema yang sedang kita tadabburi.

Perhatikan Urutan Ayat atau Urutan Kata dalam Ayat


Poin ke 6 ini juga tidak kalah penting untuk diamalkan supaya kita bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an. Karna dalam urutan ayat-ayat atau kata-kata tidak ada yang kebetulan. Urutan tersebut tidak sesederhana yang kita bayangkan. Pasti ada pelajaran besar disana.

Contoh dalam Qs.An-Najm An-Najm : 43-44 :

"Dan bahwasannya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis."

"Dan bahwasannya Dialah yang mematikan dan menghidupkan."

Kedua ayat itu berurutan, bahkan di dalam masing-masing ayat di atas juga ada urutannya.

Kalau kita deretkan menjadi : Allah lah yang telah membuat orang  TERTAWA, MENANGIS, MATI, HIDUP.

Ini bukan sekedar urutan, ini adalah urutan kehidupan manusia. Untuk mengetahui makna lebih dalam, maka bukalah Tafsir ibnu Katsir (kembali ke poin 5).

Merenungkan Ayat yang Sering Diulang-Ulang


Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al Quran

Terkadang kita menemukan pengulangan dalam satu surat, atau dalam satu pembahasan tema, maka semuanya tidak ada yang kebetulan, pasti ada pelajarannya.

Contoh: "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?." (Qs.Al-Qomar: 17, 22, 32, 40)

Fungsi pertama dari pengulangan ayat di atas, yang pasti adalah untuk penguatan dan penekahan pembahasan. Namun, ketika kita gunakan poin ini, kita akan menemukannya, walaupun kalimatnya sama tetapi ada penekanan tema yang berbeda ketika kita perhatikan urutan ayat-ayat. (Silahkan buka Al-Qur'an terjemah supaya lebih faham)

Berikan Porsi yang Besar Untuk Merenungi Setiap Kata dan Alur pada kisah


Poin terakhir bagaimana cara supaya kita bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an adalah merenungi alur-alur kisah. Perlu kita ketahui bahwa sepertiga dalam Al-Qur’an itu mengandung kisah (Silahkan baca pembahasan tentang kisah di sini Berkisah Dapat Memperbaiki Adab Anak ). Oleh karnanya kita pun harus memberikan porsi yang besar untuk merenungi hikmah kisah itu bagi kehidupan kita hari ini.

Perhatikanlah dengan detail dan teliti pada kata-kata yang digunakan, alur bertutur, penokohan dan lain sebagainya. Lalu renungilah kisah tersebut, kadang Allah menyembunyikan nama tokoh dalam Al-Qur'an, tetapi sangat dahsyat keimanan dan keberaniannya. Seperti yang telah dicontohkan dalam surat Al-Mukmin ayat 28-35. (Silahkan buka Al-Qur'an)

Itulah poin-poin yang bisa membantu kita untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, walaupun sebenarnya masih banyak poin-poin yang lain, namun setidaknya 8 poin di atas sudah bisa membantu kita untuk lebih mudah berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Penulis Mujahid Pendidikan Abu Zaid Al-Amir

Disalin dari tulisan Ustadz Budi Ashari Lc dan Ustadz Ilham Abu Qa'qa dalam Modulnya Kuttab Al-Fatih, dengan sedikit perubahan bahasa atau tata letak. Semoga kita bisa berintraksi dengan Al-Qur'an dan mentadabburi setiap ayatnya. Amiin.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

14 Komentar 8 Cara Supaya Kita Bisa Berinteraksi dengan Al Quran

  1. Alhamdulillah Masih belajar alquran walaupun belum terlalu lancar..

    BalasHapus
  2. Kebanyakan orang hanya membacanya tanpa mengetahui maknanya,, thanks mas udah share..

    BalasHapus
  3. Jangan cuma dibaca tapi juga pahami artinya :D bener banget gan :D

    BalasHapus
  4. inspiratif mas :D makasih banyak :D

    BalasHapus
  5. Thanks min,sangat membantu infonya

    BalasHapus
  6. iya gan, percuma kalo yg dibaca tiap hari gk tau artinya

    BalasHapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top