Sangat Naif Jika Kaum Muslimin Tidak Mempelajari Sirah Nabi Muhammad

Mempelajari Sirah Nabi Muhammad


Mengapa kaum muslimin harus membaca Sirah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam?

Alasan pertama:

Jika ingin mengaku muslim, maka jalan satu-satunya adalah mengenal beliau melalui sirahnya, tidak kenal maka tidak sayang.

Dengan membaca Sirah Nabi Muhammad, kita bisa mengikuti Akhlak beliau, kehidupan beliau serta sifat-sifatnya.

Allah ta'ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Qs.Al Imran:31

Lihatlah ayat di atas, untuk mendapat ridha atau cinta dari Allah ta'ala, kita harus mengikuti baginda Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam. Bahkan kita akan mendapat bonus ampunan dariNya.

Bagaimana caranya?

Dengan membaca Sirah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.


Alasan kedua:

Sirah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam dibahasa dengan sangat detail, marahnya, sedihnya, bahkan sampai unta Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam tertulis lengkap dalam sirahnya.

Alasan ketiga:

Sirah Nabi dibawakan oleh orang-orang soleh, para sahabat sampai para ulama. Setiap yang meriwayatkan harus orang yang terpercaya, memiliki kecerdasan yang luar biasa, hafalan yang kuat dan tidak ada cacat dari segi akhlak maupun sifatnya.

Sehingga...

Tidak ada biografi yang lebih detail selain Sirah Nabi, tidak ada biografi yang paling terpercaya selain sirah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

Dari sedemikian luar biasanya mengenai sirah nabi Muhammad, akan menjadi naif jika kaum muslimin tidak mau membacanya atau mempelajarinya.

Sangat Naif...

Sangat sedih jika melihat kaum muslimin yang mengenal idola-idolanya(para artis, pemain bola,dll) namun tidak mengenal Nabi Muhammad.

Mereka hafal nama-nama keluarga para artis namun tidak hafal nama-nama keluarga nabi.

Mereka habiskan waktunya untuk membaca biografi para artis, pemain bola atau tokoh tokoh terkenal di luar islam. namun enggan untuk membaca biografi Nabi Muhammad dan Sahabatnya.

Pembaca yang budiman, Mari tanyakan pada diri kita, mengapa kita disibukan membaca biografi para artis, pemain bola?

Apakah biografi mereka dibawakan oleh orang-orang soleh sebagaiamana sirah nabi Muahammad? Apakah dibawakan orang-orang yang kuat hafalannya dan terpercaya? atau dibawakan oleh para ulama?

Sungguh naif..

Untuk membaca Sirah Nabi Muhammad, kita bisa mengkajinya melalui 3 sisi:


  • Mengkaji secara kronologis


Melihat perjalanan hidup beliau Shalalallahu alihi wassalam dari beliau dilahirkan sampai beliau Shalallahu alaihi wassalam wafat.



  • Melihat bagaimana Rasulullah bersentuhan dengan para sahabat.


Seperti apa rasulullah mendidik para sahabat. terutama sistem pendidikan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pada dua fase.

Fase madinah dan fase madaniah.


  • Mengkaji sirah para sahabat


Untuk melihat hasil pendidikan nabi kita harus melihat sirah para sahabat Radiyallahuanhum.


Ringkasan ta'lim singkat Ustadz Rafiq Lc.

(Acara Multaqo Kuttab Al Fatih: Merajuk Ukhuwah Melejitkan Keimanan)
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

2 Komentar Sangat Naif Jika Kaum Muslimin Tidak Mempelajari Sirah Nabi Muhammad

  1. semoga saya bisa meniru perilaku nabi muhammad.saw....amin...

    BalasHapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top