Anjuran Al-Quran Untuk Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Assalamualaiukum. Apa kabar saudaraku? Di sini saya akan membahas kembali terkait makan buah sebelum makan nasi yang belumnya sudah pernah dibahas namun tidak diindex oleh google. Yuk, simak bersama-sama.

Makan Buah Seblum Makan Nasi Menurut Al-Quran


Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dengan menjadikan buah-buhan sebagai icon cuci mulut. Kemudian, kebiasaan ini mulai diluruskan dan dibahas pada forum-forum website atau situs terkenal seperi kaskus dan lain sebagainya. Sehingga sekarang telah banyak situs-situs atau blog-blog yang membahas terkait manfaat buah sebelum makan nasi menurut kesehatan dan dokter.

Namun, ternyata kitab suci al-Quran justru lebih dahulu mengarahkan untuk makan buah sebelum makan nasi atau yang lainnya. Mana dalilnya?

Dalil Al-Quran Terkait Makan Buah Sebelum Makan yang Lainnya

Anjuran Al-Quran Untuk Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Sebagaimana kita ketahui bahwa buah memiliki banyak vitamin dan manfaat yang sangat besar. Sehingga, buah sudah menjadi kebutuhan wajib bagi seluruh penduduk di dunia, khusuhnya di Indonesia. Mungkin, ada yang mengkonsumsi buah setiap hari atau lebih. Apabila di kampung, biasanya mereka memperoleh buah dari kebun-kebun mereka atau tanaman yang ada di halaman rumahnya. Baik, buah pepaya, pisang atau yang lainnya.

Nah, dari pernyataan di atas, maka kita perlu tahu bagaimana cara memakan buah yang benar, sehingga manfaat dari buah-buahan itu sendiri tidak hilang begitu saja.

Allah berfirman dalam Surat At-Thur ayat 22:

 وَأَمْدَدْنَاهُمْ بِفَاكِهَةٍ وَلَحْمٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ

"Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingin" (Qs. At-Thur: 22)

Kutipan ayat di atas menyebutkan kalimat "buah" sebelum kata "daging".

Jadi, ini adalah petunjuk yang Allah berikan kepada manusia untuk memakan buah sebelum makan nasi atau selainnya. Apa yang datang dari al-Quran adalah 100% benar, maka kita tidak boleh mengingkari kabar ini, sebab saya sendiri pernah membaca di salah satu situs yang mengatakan jika makan buah sebelum makan di dalam Al-Qur’an adalah berita bohong dan mengada-ngada. Baiklah mari melihat bagaimana penjelasan para ulama terkait hal ini:

Dalam tafsir As-Sa’di di sebutkan -kata buah- "bisa berupa anggur atau buah-buah lainnya yang di sebut dalam Al-Qur’an"

Selain buah-buahan anggur, kurma, delima, zaitu, masih ada buah-buahan lainnya yang tercantum dalam al-Quran.

Allah berfirman dalan Qs.Fatir :27

أَلَم تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنزَلَ مِنَ السَّماءِ ماءً فَأَخرَجنا بِهِ ثَمَراتٍ مُختَلِفًا أَلوانُها ۚ وَمِنَ الجِبالِ جُدَدٌ بيضٌ وَحُمرٌ مُختَلِفٌ (27)لوانُها وَغَرابيبُ سود

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat".(QS.Fatir 27)

Ayat di atas menyebutkan buah secara umum, oleh sebab itu, Allah mengarahkan kepada manusia untuk makan buah seblum makan nasi, baik buah di al-Quran seperti anggur, kurma atau selainnya.

Ayat lain yang menerangkan makan buah terlebih dahulu sebelum yang lainnya:

Ayat ke dua QS.Al-Waqiah ayat 20-21 :

وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ 

 وَفَاكِهَةٍ مِمَّا يَتَخَيَّرُونَ

"dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih(20) dan daging burung dari apa yang mereka inginkan(21)"

Ayat di atas juga demikian, dimana ayat 20 membahas tentang "buah" lalu ayat 21 baru menyebutkan kata "daging".

Lantas seperti apa penjelasan ulama tentang ayat di atas? Berikut penjelasan Imam An-Nawawi rahimahullah:

وقد ذكر النووي عند شرح حديث أبي الهيثم بن التيهان لما أتاه النبي صلى الله عليه وسلم وأبو بكر وعمر فجاءهم بعذق فيه بسر وتمر ورطب، فقال: كلوا من هذه، ثم أخذ المدية وانطلق ليذبح لهم.
ذكر النووي في شرحه أن فيه دليلا على استحباب تقديم الفاكهة على الخبز واللحم وغيرهما.


"Imam An-nawawi telah menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi Al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar. Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata,

‘Makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi Imam AN-Nawawi menjelaskan bahwa hadits ini sebagai dalil dianjurkannya mendahulukan makan buah, baru kemudian roti, daging dan makanan pokok lainnya. [Dinukil dari muslimafiyah.com]

Mengkonsumsi Buah-Buahan Sebelum Makan Nasi Menurut Medis dan Kesehatan


Anjuran Al-Quran Untuk Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Setelah melihat penjelasan dari al-Quran dan ulama, sekarang bagaimana pendapat para medis terkait ini:

Makan Buah sebelum Makan Nasi dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Manfaat pertma yaitu dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan sampai sembilan jam ketika tidur. Maka dianjurkan untuk memasukkan buah-buahan dalam menu harian kita di setiap pagi hari(sebelum sarapan).

Selain itu, bagus untuk program diet dan dapat menyerap nutrisi penting serta masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang bisa antum cari sendiri di google.

Baiklah kami cukupkan pejelasan tentang anjuran al-Quran untuk makan buah sebelum makan nasi. Referensi: muslimafiyah.com/Tafsir as-Sa'di
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Anjuran Al-Quran Untuk Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top