Apa Itu Islam? Mengenal Dasar Ajaran Islam (Detail)


Apa Itu Islam? Mengenal Dasar Ajaran Islam, orang solat

Apa Itu Islam. Meskipun penduduk Indonesia mayoritasnya adalah muslim, dan menjadi negara Islam terbesar. Tapi banyak dari kita yang belum tahu esensi Islam yang sebenaranya. Oleh ssbab itu di sini kami akan membahas, tentang agama Islam. Mencakup pengertian Islam, fakta Islam dan ajarannya.

Apa itu Islam? Seperti apa ajaran Islam?

Pengertian Islam


Menurut bahasa, Islam berarti Inqiyad (patuh) dan Istislam (Tunduk) [al-Mu'jam al-Wasit]

Sedangkan definisi Islam menurut Istilah (global) adalah, menyerahkan diri kepada  Allah dan menauhidkanNya serta taat dan tidak menyekutukanNya. [Tsalatsah al-Ushul]

Adapun arti khusus dari Islam yang sekarang ialah: Agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad melalui wahyu Allah untuk seluruh umat sampai akhir zaman.

Dengan munculnya Islam, Allah telah menutup agama-agama sebelumnya, seperti agama Nabi Musa dan Isa bin Maryam (Yesus). Allah berfirman:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." [Qs.al-Ahzab: 40]

Kemuliaan Nama Islam



Semua aliran dan semua agama tentu memiliki nama. Namun ternyata kata I-S-L-A-M memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan nama-nama agama selain Islam saat ini.

Jika kita perhatikan dengan seksama, nama-nama agama selain Islam (Nasrani, Yahudi, dll) akan kembali kepada suku, marga dan daerah tertentu. Sebagaimana agama Nashrani (Kristen) yang diambil dari kaum Nasra. Kemudian agama Yahudi yang berasal dari suku Yehuda. Lalu nama Buddha berasal dari penciptanya yaitu Budha Sakyamuni yang berasal dari India.

Sementara kata (Islam) tidak diambil suku, marga dan nama-nama tempat atau daerah. Namun, Islam merupakan suatu sifat atau karakteristik yang menggambarkan isi dari ajaran Islam tersebut. Maka tidak ada yang namanya, pendiri Islam. Penemu Islam dan lain sebagainya. Subhanaallah

Islam adalah Agama yang Paling Benar


Jika ada pertanyaan, agama apa yang paling benar? agama apa yang diridhai Allah? Maka jawabannya adalah Islam.

Mengapa dari sekian banyak agama di dunia, tapi Islam adalah agama yang paling benar dan ditrima oleh Allah?

Sebab, Allah berfirman dalam suara al-Imran: 19 dan al-Imran: 85:

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

"Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. "

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.." el-Imran: 85

Selain itu, Islam juga telah membahas semua bentuk permasalahan yang ada dalam kehidupan kita di bumi ini (Islam sempurna). Maka tidak perlu adanya penambahan dan pengurangan sedikitpun. Dia mengatakan: al-Maidah: 3

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ

"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.."

Apakah Nabi Musa dan Nabi Isa Seorang Muslim?


Apakah Nabi Isa (sebutan Nasrani Yesus) adalah orang Islam?

Ya, mereka adalah Muslim. Karena berdasarkan pengertian yang global, Islam adalah berserah diri kepada Allah dan menyembah Allah semata serta mentaatinya. Jadi, seluruh agama para nabi adalah Islam.

Buktinya, Nabi Ibrahim yang juga seorang Muslim.

Allah memanggil Abraham dan keturunannya, dengan orang-orang Islam:

ووصى بها إبراهيم بنيه ويعقوب يا بني إن الله اصطفى لكم الدين فلا تموتن إلا وأنتم مسلمون

"Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam" (QS Al-Baqarah:. 132).

Juga, Allah telah mengingkari klaim beberapa orang yang menyebut Nabi Ibrahim penganut agama Yahudi dan Kristen.

أم تقولون إن إبراهيم وإسماعيل وإسحاق ويعقوب والأسباط كانوا هودا أو نصارى قل أأنتم أعلم أم الله ومن أظلم ممن كتم شهادة عنده من الله

"Ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?" Katakanlah: "Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?" Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan."(QS al-Baqarah:. 140)?.

Jadi, jika saat ini ada pengikut Nabi Isa yang ciri-cirinya sesuai dalam kitab injil yang masih murni dan mengikuti perintah Nabi Isa. Maka dapat dikatakan dia adalah seorang Muslim. Namun, Apakah saat ini golongan yang seperti itu masih ada?? Ada umat Kristen yang menyembah satu Tuhan?

Seperti Apa Ajaran Agama Islam?


Bagaimana sih ajaran Islam sebenaranya? Apakah kami yang muslim juga perlu tahu?

Ya, barangkali selama ini kita belum mempelajari atau mengamalkan ajaran-ajaran dasar Islam. Oleh sebab itu, kami akan membahas ajaran Islam di sini. Atau mungkin ada juga non-Muslim yang sedang mencari kebenaran, kemudian mencari informasi tentang ajaran Islam.

Berikut ajaran-ajaran Islam:


  1. Islam memerintahkan untuk menyembah Allah semata dan melarang untuk melakukan syirik (menyekutukan Allah). Karena Allah itu hanya satu, tidak memiliki anak dan juga istri.
  2. Islam memerintahkan, jujur, adil dan tidak berbohong.
  3. Islam melarang untuk melakukan ketidakadilan, mencela saudara mereka.
  4. Islam memerintahkan untuk amanah dan tidak pengkhianatan.
  5. Islam memerintahkan untuk mencintai dan berbakti kepada orang tua dan melarang durhaka kepada kedua.
  6. Islam memerintahkan untuk berhubungan baik dengan para tetangga, membangun persahabatan dan memperkuat tali persaudaraan.
  7. Dan lain-lain.


Mengenal 5 Rukun Islam



Mengenal dan mengamalkan rukun-rukun Islam adala suatu simbol keislaman seseorang. Maka, dia tidak bisa dikatakan muslim apabila meninggalkan rukun yang pertama. Bahkan para ulama sudah sepakat bahwa orang yang meninggalkan rukun Islam ke dua, dia telah keluar dari Islam.

Apa saja lima rukun Islam?

  1. Syahadat:  أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله
  2. Solat
  3. Zakat
  4. Puasa Ramadhan
  5. Melakukan haji jika ia mampu melaksanakannya

Mengenal al-Quran, Kitab Suci Agama Islam


Al-Quran, apa itu islam

Apa kitab suci agama Islam? Al-Quran
Apa itu al-Quran?

Al-Quran adalah kalam Allah (perkataan Allah) yang diturunkan kepada Muhammad bin Abdullah sebagai mujizat (Wahyu) dengan cara mutawatir dan menjadikan ibadah bagi pembacanya.

Al-Quran itu sangat mulia. Karena al-Quran adalah satu-satunya kitab Allah yang masih dijaga sampai sekarang. Dari seluruh penjuru dunia, di sana tidak ada al-Quran yang berbeda tulisan dan maknanya. Baik, al-Quran di Indonesia, Inggris, Jerman, Madrid, Manchester dan lain sebagainya. Semua kebenaran dan keaslian al-Quran dijaga oleh Allah.

Selain itu, al-Quran sangat mudah untuk dibaca dan dipelajari. Namun, semua kembali kepada diri mereka masing-masing, apakah mau belajar atau tidak.

Alquran adalah gaya hidup orang Islam, Alquran adalah pedoman hidup orang Islam, maka kita semua harusnya malu apabila tidak pernah membacanya. Itulah al-Quran.

Syarat dan Ktentuan Masuk Islam



Apakah setelah membaca ini Anda akan masuk Islam? Bagaimana cara saya masuk Islam? Apa saja persyaratan untuk masuk Islam?

Pertama: Mengatakan dua Syahadat

Dua kalimat adalah:

أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

"ASHADU ALLAAA ilaha illallaah WA ASHADU ANNA Muhammad RASULULLAH"

"Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah"

Jika Anda tidak bisa mengatakan syahadat di atas karena tidak fasih, maka bisa dipandu oleh orang Islam lainnya, dan Mualaf hanya mengikuti. Jangan lupa untuk memahami arti dari dua syahadat di atas.

Kedua: Pengucapan Dua syahadat harus disaksikan oleh 2 orang atau Lebih

Syarat ini bertujuan agar muallaf diakui oleh komunitas Muslim jika dia telah masuk Islam. Dan warga Muslim juga tahu bahwa kita sudah menjadi Muslim. Namun, masuk Islam tidak harus di depan para pemimpin agama.

Ketiga: Mandi Besar

Setelah masuk Islam, maka selanjutnya adalah melakukan mandi besar. (Ini adalah pendapat Imam Syafi'i): Saran ini didasarkan pada riwayat sahabat Qais bin Asim:


أتيت النبي صلى الله عليه وسلم أريد الإسلام فأمرني أن أغتسل بماء وسدر

"Saya datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk masuk Islam. Kemudian dia mengatakan kepada saya untuk mandi dengan air dan daun bidara." (HR Abu Daud 355 -. Shahih)

Keempat: Sunat atau Khitan

Dalam Islam, sunat adalah wajib bagi laki-laki. Hal ini untuk menjaga kesucian dirinya ketika ibadah. Namun, jika sunat membuat kita jadi takut Islam kemudian menjauh dari Islam, maka sunat atau khitan dapat ditunda dan cukup baginya melakukan sunat tanpa dipaksa.

Kelima: Melaksanakan Rukun Islam

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa ada lima rukun Islam yang semua harus dikerjakan oleh umat Islam, terutama, solat, puasa dan zakat. Adapun haji, hanya bagi yang mampu saja.

Baik, inilah beberapa permasalahan dan pengertian tentang Islam untuk pemula yang dilengkapi 5 rukun Islam, gambaran ajaran Islam dan fakta tentang Islam. Jika ada kerabat yang bertanya, apa itu Islam? Berikanlah artikel ini padanya. Berbagi itu indah. Wassalamualaikum Warahmatullah.
Ditulis oleh admin.

Sumber:
mu'jam
utsulutsalatah
www.pengusahamuslim.com
muslim.or.id
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Apa Itu Islam? Mengenal Dasar Ajaran Islam (Detail)

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top