Cara Terbaik Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun atau Lebih Menurut Islam

Cara mendidik anak- Hari ini banyak sekali problematika pendidikan anak usia 2, 3 dan 5 tahun ke atas. Dimana para orangtua sedang mengabaikan konsep cara mendidik anak usia dini. Mereka membiarkan si anak tumbuh berkembang tanpa adanya nutrisi pendidikan yang disampaikan. Setidaknya memberikan karakter pada anak di usia dini. Supaya anak tidak berkembang secara liar dan terkontrol. Dalam kasus lain, ada orangtua yang sibuk akan pekerjaannya, dia menyerahkan anaknya kepada pembantu tanpa memberikan ilmu pendidikan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar. Atau malah dia tidak tahu ilmunya namun tidak ada usaha untuk mencarinya.

Cara Terbaik Mendidik Anak Usia 2 Tahun


Padahal, mendidik anak sejak masih kecil sangatlah penting, dimana di usia 2 tahun atau bahkan 1 tahun anak sudah mulai menunjukan perubahan yang signifikan dalam segala hal. Perubahan besar mulai terjadi pada fisik, sikap dan sistem panca indra yang mulai aktif. Oleh sebab itu, anak di usia 1-2 tahun ke atas merupakan masa keemasan otak, dia akan sangat banyak menerima dan menyerap informasi dari luar, kemudian informasi tersebut akan menjadi pondasi hidupnya ketika dewasa. Apabila pondasinya lemah, maka ia tidak kuat menahan beban berat ketika dewasa yang nantinya akan berefek pada moral anak dan kenakalan remaja.

Seperti Apa Pendidikan yang Paling Baik Untuk Usia 2 Tahun ke Atas?


Sebelum ada keinginan untuk menulis artikel ini, terlebih dahulu kami mencari di alat pencarian yang terkenal seperti google dan yahoo dengan kata kunci "Bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun" di sana ditemukan ribuan situs yang membahas masalah ini. Namun, kami benar-benar tidak puas dengan apa yang mereka paparkan. Kami kurang puas karena mereka mengeluarkan konsep tanpa dasar yang kuat, hanya dengan pemikiran pribadi. Maka dari sini, kita perlu membuka mata sejenak dan merenunginya, 'konsep mendidik anak seperti apa yang terbaik?'

Maka kami katakan, pendidikan anak terbaik adalah pendidikan secara Islami. Karena dalam islam, cara mendidik anak sudah detail di bahas di al-Quran maupun Sunnah. Bahkan bukan hanya anak 2 tahun saja, namun seluruh usia.

Islam datang dengan kesempurnaan, maka kita tidak perlu bingung dalam memecahkan suatu masalah. Dengan pendidikan islam, anak bisa menjadi baik dengan karakter para sahabat dan orang soleh tanpa mengurangi keahliannya dalam urusan dunia. Luar biasa bukan? Pendahulu kita telah melakukannya [Al-Khawarizmi, Ibnu Sina dan lain-lain]

Lalu, bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun ke atas dalam Islam?

Mendidik Anak Usia 2 Tahun Menurut Islam


Cara Mendidik anak dalam Islam, anak solat

Berikut cara-cara ampuh tentang bagaimana mendidik anak dengan baik dan benar:

Mendidik Anak dengan Membangun Karakter yang Baik Sejak Dini


Sejak anak masih kecil, orangtua harus sudah membiasakan diri untuk berintraksi kepada si anak, dengan obrolan yang bersifat membangun karakter yang baik, meskipun usianya masih 1-2 tahun dan belum bisa bicara. Karena, anak sudah bisa menangkap informasi-informasi yang datang dari luar dan ini sudah terbukti secara medis. Lalu bagaimana cara membangun karakter yang baik? Seperti apa karakter yang baik?

Cara membangun karakter yang baik adalah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah -Shalallahu alaihi wassalam- kepada sahabatnya, yaitu dengan Karakter Iman atau bisa kita sebut Real Buliding Character. Hadits Jundub bin Abdillah Radiyallahuanhu:

عن جُنْدُبِ بن عبد الله قال: كنا مع النبي صلى الله عليه وسلم ونحن فِتْيَانٌ حَزَاوِرَةٌ فتعلمنا الإيمان قبل أن نتعلم القرآن ثم تعلمنا القرآن فازددنا به إيماناً ) رواه ابن ماجة (61) والطبراني في المعجم الكبير (1678) والبيهقي في سننه الكبرى (5075) وهو حديث صحيح

Dari Jundub bin Abdillah beliau berkata: "Dahulu kami ketika remaja bersama Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, kami belajar iman sebelum Al Qur'an kemudian setelah kami belajar Al Qur'an bertambahlah keimanan kami. Sedangkan kalian sungguh pada hari ini justru belajar Al Qur'an dulu sebelum belajar iman" (Riwayat At Thabrani, Al Baihaqi, Ibn Majah, dishahihkan Al Albani)

Karakter iman yang diambil adalah, rukun iman yang 6. Yaitu iman kepada Allah, kepada malaikat Allah dan lain-lain. Sehingga yang perlu dibiasakan orangtua adalah, berintraksi tentang pengenalan Allah, siapa Allah, apa saja kekuasaan Allah dan lain-lain. Hal ini terus diajarkan meskipun diulang-ulang, walaupun 1 hari diulang 200 kali tidak masalah. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: bagaimana cara membangun karakter iman?.

Video Contoh Penanaman Karakter Iman pada Anak:

Note: Jika antum pake UC Browser maka video tidak terlihat, sebab UC mem block konten gambar dan video. Silahkan ganti browser lain.



Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Membiasakan Hal Baik Kepada Anak


Percaya atau tidak percaya, bahwa anak yang masih kecil usia 1 tahun, dia sudah bisa menirukan apa yang diajarkan kepada anak. Ya, karena anak adalah peniru ulung. Apa yang menjadi kebiasaan orangtuanya bukan tidak mungkin akan membentuk karakter anak. Berikut cara membiasakan hal yang baik kepada anak usia dini:

Ayah dan Bunda sering Membaca Al-Quran di Samping Anak

Berhati-hatilah dengan cara ini. Karena bisa membuat anak hafal qur'an usia dini atau dia akan memiliki kemampuan dan kecerdasan yang tinggi nantinya. Siapa sih yang tidak ingin anaknya soleh dan hafidz qur'an? Maka gunakanlah kebiasaan ini di rumah. Jika ada kesibukan lain, bisa diganti dengan bacaan murotal dari kaset atau smartphone.

Cara lain adalah dengan, membiasakan masuk rumah dengan salam, membaca bismillah sebelum makan, mengucapkan Alhamdulillah setelah bersin dan dijawab dengan Yarhamukallah, dan masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan baik yang harus ditanamkan kepada si kecil manis.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Menemani Si Anak ketika Bermain


Kesibukan orangtua kerap kali membuatnya menolak ajakan anak untuk bermain, dan membiarkan anak bermain kepada orang dewasa atau tetangga yang belum jelas prilaku, adab dan moralnya. Maka jangan kaget jika anak akan mengeluarkan kata-kata tidak pantas, walaupun orangtua tidak merasa mengajarkannya. Baiklah saya tidak akan membahas masalah ini lagi, karena saya sudah membahasnya di sini: Pentingnya Menemani Anak Bermain menurut Islam.

Mendidik Anak dengan Membiarkan Anak Bermain Sesaat


Terlalu menekan anak untuk belajar terus-menerus akan timbul masalah besar kepada anak, hal ini juga sudah kami tulis di sini: Konsep Bermain Bagi Anak Sesuai Perakter Sahabat

Jangan Berkata Kasar Kepada Anak atau di Depan Anak


Sekali lagi, sejak dia lahir dan berkembang, si anak mulai menerima informasi dari dunia luar. Maka sebaiknya para orangtua atau pendidik menjaga perkataan di depan anak. Jangan sampai kita marak kepada anak atau istri dengan kata-kata kasar, seperti, "Dasar Bodoh" "Dasar Pikun" dan lain sebagainya.

Mendidik Anak Usia 5 Tahun ke Atas dengan Hukuman Islam yang Baik


Bukan tidak mungkin apabila suatu saat anak akan melakukan kesalahan yang membuat orangtua kesel, maka sebaiknya jangan bertindak tanpa ilmu. Pelajari bagaimana cara menghukum anak usia dini. Kebetulan masalah ini juga pernah saya tulis di sini:
Cara Menghukum Anak dalam Islam yang Baik dan Benar
Baik, mungkin itu saja dari kami tentang cara mendidik anak usia 2 tahun atau lebih, semoga trik-trik di atas bisa menjadi solusi untuk keluarga muslim. Insyaallah cara tersebut sangat jitu dan jangan lupa dibarengi doa.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Cara Terbaik Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun atau Lebih Menurut Islam

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top