Manfaat-Manfaat Taqwa Yang Harus Kita Ketahui

Nasehat tentang taqwa sering kali kita dengar di khutbah-khutbah jum'at. Hal itu karena sesungguhnya ada banyak sekali manfaat-manfaat taqwa. Di sini kami akan menukil dari tulisan Ustadz Abul Abbas, al-Kisnan, beliau menyebutkan ada 4 manfaat taqwa dalam satu ayat. Apa saja manfaat taqwa tersebut?

Manfaat-Manfaat Taqwa


4 manfaat dari taqwa yang Allah sebutkan dalam satu ayat saja, yaitu surat Al-Anfal ayat 29, Allah ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيم

"Wahai orang-orang yang beriman jika kalian bertaqwa kepada Allah, Ia akan menjadikan untuk kalian pembeda, menghapus kesalahan-kesalahan kalian dan mengampuni kalian. Dan Allah memiliki keutamaan yang agung. (QS. Al-Anfal:29)

Berikut ini adalah empat keutamaan taqwa dari kandungan ayat diatas:

Manfaat Taqwa Pertama:

Allah Menjadikan Baginya "Furqon" yaitu Pembeda

4 manfaat taqwa

Yang dimaksud dengan pembeda adalah ilmu syariat dan petunjuk dari Allah ta'ala. Seorang yang bertaqwa Allah berikan kemampuan untuk membedakan antara yang haq dan batil, antara yang bermanfaat dan membahayakan, antara yang baik dan buruk, antara yang halal dan haram dan mampu membedakan antara orang-orang yang berjalan diatas jalan kebenaran dan jalan kesesatan . Sehingga ia menjadi hamba yang bahagia, sukses dan mampu menemukan jalan keluar dari segala bentuk kesulitan di kehidupan dunia maupun akhirat dengan izin Allah.

Manfaat Taqwa kedua:

Allah Hapus Dosa-Dosanya

Setiap manusia selalu berbuat dosa, baik siang maupun malam, hampir setiap saat ia berbuat kesalahan. Namun dengan rahmat Allah ta'ala, Ia jadikan ketaqwaan hamba sebagai pelebur dosa-dosanya. Cukup bagi seorang hamba untuk dimasukkan ke dalam surga tatkala dosa-dosanya dihapus dan diampuni oleh Allah ta'ala. Dan amal shalihnya untuk menentukan tinggi rendahnya derajat disurga.

Manfaat Taqwa Ketiga:

Allah Akan Mengampuni Dosanya

Banyak penafsiran ahli tafsir dari ungkapan tersebut, salah satunya, ungkapan tersebut bermakna ia dimudahkan untuk beristighfar dan bertaubat dari segala dosa yang pernah ia perbuat. Alangkah mulianya hamba yang diingatkan untuk meminta ampun, setiap ia berbuat dosa (karena ia manusia bukan malaikat) Allah ingatkan dan mudahkan untuk meminta ampun dan bertaubat. Sungguh alangkah celakanya seorang yang tidak diingatkan dan dimudahkan untuk bertaubat padahal ia hamba yang penuh dengan dosa. Sehingga ia menghadap Allah ta'ala dalam keadaan membawa dosa-dosa yang belum dimaafkan. Na'udzubillah

Manfaat Taqwa Keempat:

Allah Menyiapkan Baginya Pahala yang Besar

Inilah yang menjadikannya mendapatkan derajat tinggi disurga apalagi jika ditambahkan dengan pahala dari amal-amal shalihnya. Suatu tingkatan yang memiliki fasilitas lebih dari pada tingkatan-tingkatan dibawahnya. Ia akan kekal didalamnya selama-lamanya. Semua itu berkat kasih sayang Allah ta'ala bagi hamba-hamba yang selalu merasa diawasi olehNya.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz -Semoga Allah ta'ala merahmatinya- pernah menasehati seseorang dengan mengatakan:"Aku wasiatkan dirimu untuk bertaqwa kepada Allah ta'ala, karena Ia tidak menerima dari hambaNya kecuali taqwa, tidak mencurahkan kasih sayangNya kecuali kepada orang yang bertaqwa, tidak memberi pahala kecuali atas dasar taqwa. Sungguh banyak sekali orang yang menasehati orang lain untuk bertaqwa namun alangkah sedikitnya orang yang bertaqwa. Semoga Allah Jadikan aku dan dirimu menjadi hamba-hamba yang bertaqwa."

Baik, itulah manfaat dari ketaqwaan yang ditulis oleh Ustadz Abul Abbas. Semoga Allah Ampuni dosa-dosa kita serta membimbing kita untuk beramal shalih. Amiin
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Manfaat-Manfaat Taqwa Yang Harus Kita Ketahui

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top