Progam Belajar Bersama Orangtua untuk SDIT

Anak Belajar Bersama Orangtua- Apakah kalian ketika belajar di sekolah SD/SMP pernah mendapat pekerjaan rumah (PR) dari guru? Ya, pasti kita semua pernah mengalami hal itu. Karena PR adalah program yang tidak bisa dihilangkan dan akan terus ada sampai kepada anak cucu kita berikutnya. Namun, apakah program ini sudah maksimal?

Memberikan tugas rumah kepada siswa memerlukan kemandirian si anak serta kesadaran diri mereka. Sedangkan anak-anak kita tidak semua mandiri dan sudah memiliki semangat belajar di rumah. Mungkin ada yang lebih suka bermain daripada belajar. Oleh sebab itu, progam memberi pekerjaan rumah (PR) kepada murid belum lah maksimal, dan kita masih memerlukan satu progam tambahan yang Insyaallah sangat maksimal dan memiliki banyak manfaat untuk anak bahkan orangtuanya sendiri. Yaitu, progam belajar bersama orangtua atau kita bisa kita singkat dengan BBO.

Kami di sini akan menjelaskan secara detail tentang cara membuat BBO yang nantinya bisa diaplikasikan di lembaga Islam MI, SDIT atau yang setingkat dengannya.

Apa Itu BBO?


Apa itu BBO (belajar bersama orangtua) adalah progam yang konsep dasarnya orangtua menemani anak belajar beserta memandunya. Tugas BBO ini biasanya akan diberikan kepada anak di sekolah yang kemudian diserahkan kepada orangtua. BBO berupa lembaran tugas, dan Insyaallah nanti akan dibahas di sini.

Mengapa anak dan orangtua perlu diberi tugas BBO (belajar bersama orangtua)?

Baca juga: Konsep Bermain bagi Anak Menurut Peraktek Sahabat Nabi

Karena sekolah Islam atau pesantren bukan lah bengkel utama perbaikan karakter anak. Karena bengkel yang sesungguhnya adalah saat anak berada di rumah bersama orangtuanya. Waktu kebersamaan anak dengan orangtua jauh lebih banyak daripada waktu anak bersama guru. Sehingga para orangtua jangan lah berfikiran bahwa sekolah Islam adalah penitipan anak, setelah itu kita berlepas diri tanpa adanya peran walinya.

Di Kuttab al-Fatih sendiri orangtua dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran anak, oleh sebab itu, di Kuttab ada progam Home Visit, BBO, Kajian Orangtua dan lain-lain. Dengan progam tersebut, saya melihat hasil yang sungguh luar biasa, kami merasakan adanya kerjasama antara guru dan orangtua dalam men Solih kan si anak. Maka, sayang sekali jika progam belajar bersama orangtua tidak diterapkan di lembaga-lembaga Islam lainnya.

Manfaat Memberi Tugas BBO


Insyaallah manfaatnya sangat banyak sekali, selain belajar anak yang lebih maksimal. Orangtua juga akan mendapat pelajaran berharga, misalnya, anak ada tugas hafalan surat an-Naba dan orangtua belum hafal. Maka mau tidak mau, dia harus mengikuti alur anaknya. Sehingga orangtua ada dorongan harus menghafal an-Naba juga. Subhanaallah.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang tidak bisa kami sebutkan satu-satu. Bisa juga sebagai wujud perhatian dan lain sebagainya.

Baca: Kapan Boleh Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak?

Contoh File BBO dan Gambarannya


Baiklah langsung saja, kami akan menjelaskan gambaran belajar bersama orangtua dan contoh filenya. Nanti antum tinggal mengganti tugasnya.


Gambar file belajar bersama orangtua

Keterangan Format BBO di atas:


  1. Pada garis merah bisa diisi kop lembaga masing-masing.
  2. Di bawahnya ada Ringkasan Materi, bagian itu diisi dengan ringkasan materi pelajaran terakhir. Misalnya: pembagian BBO setiap 2 pekan sekali, nah, 2 pekan sebelumnya di sekolahan membahas apa? Maka langsung saja ditulis di bagian Ringkasan Materi
  3. Bawahnya lagi adalah bentuk Assessment. Silahkan antum lihat sendiri contohnya di gambar.
  4. Pada contoh gambar BBO di atas saya memberi materi murofaqot/ berhitung. Kemudian ada tugas al-Quran yang isinya: Santri yang bernama fulan, murojaah dari surat an-Nas-adh-Duha setiap hari setelah solat maghrib dan disimak oleh ayah/bunda... bla.. bla..(Silahkan antum lihat sendiri)

Selanjutnya akan ada catatan orangtua. Seperti gambar di bawah ini:

Contoh membuat file Belajar Bersama Orangtua

Jadi setelah anak mengerjakan tugas, orangtua akan memberi catatan dan tanda tangan. Dan sebelum ada tugas BBO (belajar bersama orangtua) yang baru, maka anak harus sudah mengumpulkan tugas BBO pada guru kelasnya. 2 hari sebelum hari pembagian BBO lagi.

Kami mengambil contoh format BBO dari lembaga Kuttab Al-Fatih Depok. Semoga gambar di atas mudah dipahami. Jika kurang paham, silahkan berikan komentar di bawah.

Untuk lebih detailnya, antum bisa mendownload file BBO di sini. [Ms World]

Demikian pembahasan mengenai progam belajar bersama orangtua (BBO) dan manfaat serta gambaran-gambarannya. Wassalamualaikum.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Progam Belajar Bersama Orangtua untuk SDIT

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top