Berdoa Keselamatan Untuk Diri Kita Dengan Landasan Al-Quran dan Sunnah


Assalamualaiukum. Sebelum istirahat malam (tidur), di sini kami bukan untuk membahas dunia pendidikan Islam anak, namun untuk pengutan ruhiyah para guru dan orangtua. Yaitu, berdoa keselamatan dan ampunan dari Allah subahanahu wataala. Apalagi doa ini sangat cocok dibaca sebelum Istirahat.

Semoga ini dapat memotivasi diri saya pribadi dan teman-teman sekalian.

Doa Adalah Perisai Seorang Muslim


Doa adalah pelindung bagi kaum muslimin. Dengan kesempurnaan Islam, Allah telah mengajarkan seluruh doa-doa kaum muslimin dari semua urusan dunia dan akhirat. Kita tidak perlu menambahkan atau bahkan membuat doa dengan versi kita sendiri. Karena apa yang telah diberikan Allah dan RasulNya sudah lengkap dan sempurna.

Imam Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr Al Qurthubi rahimahullah berkata:

فَعَلَى الْإِنْسَانِ أَنْ يَسْتَعْمِلَ مَا فِي كِتَابِ اللهِ وَصَحِيْحِ السُّنَّةِ مِنَ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَاهُ وَلاَ يَقُوْلُ أَخْتَارُهُ كَذَا فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدِ اخْتَارَ لِنَبِيِّهِ وَأَوْلِيَائِهِ وَعَلَّمَهُمْ كَيْفَ يَدْعُوْنَ

"Selayaknya seorang muslim menggunakan do'a-do'a yang tercantum dalam Al Qur'an dan hadits yang shahih serta meninggalkan berbagai do’a yang tidak bersumber dari keduanya. Karena Allah ta’ala telah memilihkan dan mengajarkan berbagai do’a kepada nabi dan para wali-Nya (dalam Al Qur-an dan sunnah nabi-Nya) " Al Jami' Li Ahkamil Qur-an 4/226.

Mari Berdoa Untuk Kita dan Keluarga Kita


doa keselamatan kita

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pribadi yang paling mengenal Allah, tentulah merupakan pribadi yang paling tahu kebaikan apa yang paling pantas diminta kepada Rabb-nya.

Tentu juga beliau paling tahu bentuk keburukan yang pantas dihindari. Mari kita mengikuti jejek-jejak beliau dalam beroda, sehingga kita pun mendapat bimbingan hidup dari sang guru terbaik Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Doa Keselamatan Dari Nabi Muhammad


Beginilah beliau mengajari sahabat Al Barra bin ‘Azib Radhiallahuanhu untuk do’a sebelum tidur untuk keberkahan dan keselamatan:

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِى إِلَيْكَ ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِى إِلَيْكَ ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِى إِلَيْكَ ، رَهْبَةً وَرَغْبَةً إِلَيْكَ ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِى أَنْزَلْتَ ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِى أَرْسَلْتَ

"Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu,menghadapkan wajahku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari ancaman-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus." (Muslim 2710)



اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesehatan serta kebugaran pada tubuh dan penambahan ilmu bermanfaat, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Amiin, Ya Allah, semoga doa keselamatan sebelum tidur ini dapat bermanfaat bagi diri kami pribadi dan pembaca sekalian. 
[tauhid.id/muslim.or.id (http://muslim.or.id/3909-doa-nabi-doa-terbaik.html)]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Berdoa Keselamatan Untuk Diri Kita Dengan Landasan Al-Quran dan Sunnah

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top