Calon Orangtua Kuttab Al Fatih Harus Mengetahui 11 Hal Di Bawah Ini Sebelum Memasukkan Anaknya di Kuttab (Catatan Stadium General Kuttab)

Catatan Stadium Generale Kuttab Al-Fatih Bandar Lampung oleh Ustadz Lilik Abu Hisyam


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para ayah dan bunda serta orangtua-orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya di Kuttab al-Fatih, semoga Antum semua senantiasa dalam lindunganNya amiin. Kuttab al-Fatih berdiri sejak tahun 2012 bermodal keyakinan dan kebesaran, tahun demi tahun silih berganti yang akhirnya sampailah pada hari ini yaitu tahun ajaran 2016-2017, dimana lembaga Kuttab al-Fatih semakin dikenal di kalangan masyarakat muslimin.

Orangtua Harus Mengetahui Hal Ini Sebelum Memasukkan Anaknya di Kuttab Al-Fatih (Catatan Stadium General Kuttab)

Tidak sedikit pula permintaan pembukaan cabang baru untuk setiap daerah masing-masing di seluruh Indonesia yang sampai kepada kepala manajemen Kuttab Al-Fatih Ustadz Ilham, "tahun ini (2017-2018) kita menerima permintaan pembukaan cabang baru hampir 30 orang yang datang kepada kami" mengutip dari  perkataan Ustadz Ilham saat acara multaqo para guru di Purwokerto 29, Oktober 2016.

Fakta di atas menunjukan besarnya antusias para wali murid untuk mendidik dan memasukkan anaknya di Kuttab Al-Fatih, dan itu semua tak lepas dari do'o-do'a orang shalih. Sehingga di sini kami ingin memberikan catatan yang ditulis dari kajian Ustadz Lilik di kegiatan stadium generale (SG) 12-02-2017. Namun sebelumnya bagi Anda yang belum tahu apa itu Kuttab, silahkan baca: Sejarah Kuttab, dan Apa itu Kuttab?

Apa Itu Stadium General?

Stadium General Kuttab Al-Fatih

Stadium generale adalah salah satu alur yang wajib ditempuh oleh orangtua santri ketika hendak mendaftarkan anaknya ke Kuttab Al-Fatih. Stadium generale pertama kali dilaksanakan di Depok tahun 2012, dan sudah menjadi rangkaian yang wajib ada di Kuttab manapun. Karena tujuan dari stadium generale adalah menyamakan visi dan misi antara guru, orangtua dan staf manajemen Kuttab Al-Fatih.

Nah, di acara ini akan dijelaskan berbagai ilmu, wawasan tentang Kuttab Al-Fatih, baik program-programnya, visi maupun ketentuan saat pembelajaran anak-anak Kuttab Al-Fatih. Jadi Insyaallah akan saya jelaskan semampunya dan semoga bisa bermanfaat buat ayah dan bunda sekalian.

Poin Penting Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Memasukkan Anaknya di Kuttab Al-Fatih


1. Sejarah Singkat Pendidikan Kuttab yang Akan Melahirkan Generasi Gemilang

Kuttab adalah satu-satunya pendidikan Islam untuk usia dini 5-12 tahun atau lebih, selain dari itu tidak ada di zaman nabi dan para sahabat sampai akhir kejayaan Islam. Kuttab memang sudah ada sejak zaman nabi dan hari ini kita sebagai mujahid dan mujaddid pendidikan sedang memunculkan kembali lembaga yang sudah lama dilupakan ini. Dengan tujuan dan harapan supaya Kuttab benar-benar menjadi acuan bagi pendidikan di negara tanah air.

Kuttab melambangkan sebuah kurikulum yang amat besar yaitu "Iman sebelum Quran" yang diambil dari hadits Jundub bin Abdillah. Dari kurikulum inilah para pendidik telah memunculkan nama-nama besar dari Islam, baik kalangan sahabat, tabiin sampai di akhir kejayaannya. Bukankah kita semua tahu, bahwa Islam pernah berjaya dan memiliki para ahli di semua bidang, bahkan jasa-jasa mereka sampai hari ini masih bisa kita rasakan bersama?! Itulah Kuttab, sebuah lembaga Islam yang panduannya sudah tercatat rapih, serta dapat menumbuhkan generasi besar.

Baca: Maksud Kurikulum "Belajar Iman Sebelum Quran"

2. Mengapa Harus Kuttab?

Mungkin ada sebagian kita yang bertanya, mengapa harus mendaftarkan anaknya di Kuttab Al-Fatih? dalam masalah ini Ustadz Lilik menjelaskan kepada peserta stadium general Kuttab Al-Fatih Lampung dengan analisi yang sesuai dengan keadaan saat ini. Beliau mengatakan, "Kuttab adalah salah satu pusat pengajaran kaum muslimin zaman dahulu, bukan seperti hari ini yang banyak menghabiskan waktu serta boros usia tapi tidak memiliki karya kebanggaan untuk negaranya. Mungkin karya terbesarnya adalah skripsi dan menenteng-nenteng ijazah kebanggaan untuk melamar kerja"

Maksud beliau di atas adalah, pendidikan Kuttab yang ada di masa kejayaan Islam sangat simple namun berhasil menumbuhkan orang besar dari alumninya, sebut saja Ibnu Abbas, Usamah bin Zaid atau yang bukan masa para sahabat seperti, Al-Khawarizmi, Ibnu Sina, dan Muhammad Al-Fatih. Bisa antum bayangkan, Usamah bin Zaid sudah bisa menjadi pemimpin pasukan perang di usia 20 an tahun??! apakah hari ini ada yang sudah menjadi jendral besar? oleh sebab itu, beliau menerangkan jika sistem pendidikan hari ini sangat boros sekali usia namun karya kebanggannya hanya ijazah dan skripsi.

SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dan perguruan tinggi 4 tahun atau lebih = 16 tahun, jika masuk SD dari usia 6 tahun maka lulus sarjana usia 24 tahun, itu minimal. Ketika di masa peradaban Islam harusnya dia sudah bisa menjadi kebanggaan negara bukan hanya membanggakan ijazahnya.

3. Gerbang Pertama Menuju  Pengajar Lebih Tinggi

Poin ke tiga ini juga salah satu tujuan dari Kuttab, yaitu akan menghantarkan anaknya gerbang yang lebih tinggi. Setelah di Kuttab akan ada jenjang berikutnya yaitu Madrasah yang di sana sudah mulai di ajarkan berbagai ilmu, kemandirian, hukum-hukum syariah dan lain sebagainya. Dari sinilah tumbuh alumni-alumni luar biasa, dengan keimanan yang sudah tertancap kuat, bagaikan gedung pencakar langit dan bukan gubuk reyot.

4. Penanaman Karakter dan Kurikulum Yang Sudah Jelas

Jika hari  ini banyak lembaga-lembaga sekolah yang berlabel pendidikan karakter maka di Islam juga terdapat pendidikan Karakter yang konsepnya jelas dan luar biasa. Karakter itu disebut sebagai Karakter Iman, alias the real character building yang bisa membawa para ahli ilmu dunia disegala bidang tetap berdiri di atas ke imanan kepada Allah. Buktinya ketika di masa Umar bin Khattab banyak masyarakat yang ahli dalam segala bidang, ahli perang, ekonomi, kedokteran dan ahli dalam kepemimpinan, sehingga ketika Umar bin Khattab menunjuk salah satu dari mereka untuk menjadi pemimpin, dia sudah siap dan matang keilmuannya, bukan malah seperti sekarang dimana ilmunya belum matang tapi sudah mengajukan kepemimpinan.

Tentunya dari keahlian-keahlian yang mereka miliki sudah didasari iman, dan adab yang kuat. Memiliki rasa takut yang besar terhadap Allah taala dan Allah pun akan memperbaiki umatnya karna ketaqwaan penduduk dan juga pemimpinnya. Itulah fungsi penanaman Iman sejak dini di Kuttab Al-Fatih. Baca lebih lengkap tentang cara menanamkan karakter iman [Cara Mendidik dalam Islam] [Cara Mengatasi Anak Nakal] dan [Mendidik Anak Usia 2 Tahun]

5. Di Kuttab Al-Fatih Memuliakan Guru-Gurunya

Poin kelima yang harus diketahui oleh calon orangtua Kuttab Al-Fatih ini sangat penting. Sungguh Kuttab Al-Fatih sedang berikhtiyar agar menepatkan guru-guru ahli ilmu sebagaimana mestinya. Memuliakan ahli ilmu para guru itu juga diterapkan sejak zaman nabi.

Mengembalikan Izzah para guru dengan adab kepada ahli ilmu. beliau mengatakan dengan permisalan hari ini, "Coba bayangkan apa yang terjadi pada hari ini? para guru disetarakan dengan material semata, misalnya anak melapor kepada ayahnya 'Ayah, guru lesnya galak' lalu ayahnya berkata 'baik Nak besok ganti guru' itu adalah salah satu wujud kurangnya penghormatan kepada gurunya, atau seorang ayah berkata kepada gurunya, 'kamu kan sudah dibayar, kenapa menghukum anak saya? saya aja tidak pernah menghukumnya?!" kalimat 'bayar' adalah kalimat yang memalukan bagi para ahli ilmu, karena dengan uang anakmu tidak akan bisa menjadi orang besar, tapi dengan guru anakmu bisa melakukannya"

Sebaiknya baca Kisah Muhammad Al-Fatih di abana online, di sana tertulis tentang pemuliaan ayah Muhammad Al-Fatih terhadap gurunya.

6. Orangtua Juga Harus Siap Bekerjasama untuk Mendidik Anak-Anaknya

Ya, di Kuttab Al-Fatih bukanlah lembaga penitipan anak, jangan berfikir anak-anak setelah pulang kuttab dia langsung shalih atau shalihah. Dokter Khalid Syantut mengatakan pendidikan anak 60% ada di Rumah, 20% ada di sekolah dan 20% lagi ada di lingkungan. Dari situ ternyata jumlah terbesar yang dapat mempengaruhi adab anak adalah di rumah.

Karakter Iman tidak akan berjalan pada diri anak apabila tanpa kesiapan orangtua dalam mendidik dan mengawasi anaknya di rumah, sama halnya di sekolah  diberi obat dan pulangnya diberi penyakit, Ustadz Lilik berkata, "masa iya, di Kuttab menghafal al-Quran tapi dirumah ibunya ngidupin musik dangdut, ayahnya rock dan neneknya musik pop, bagaimana mungkin hafalan anak di sekolah akan kuat dan berpengaruh jika seperti itu"

Di situlah orangtua nantinya akan belajar, harus siap mengikuti progam Kuttab Al-Fatih, seperti kajian orangtua setiap bulannya dan progam-progam lainnya.

7. Kuttab Al-Fatih Bukan Tahfidz

"Jika masih ada ayah bunda yang beranggapan kuttab adalah lembaga tahfidz maka ibu ayah salah kamar" begitula perkataan ustadz Lilik di Stadium General. Di Kuttab mendahulukan penanaman karakter iman dan untuk Al-Quran tetap dipelajari tapi porsinya lebih banyak ke Iman.

8. Kuttab Al-Fatih Mengikuti Aturan Umum Negara

"Salah satu konsep Kuttab al-Fatih adalah mengikuti mengikuti aturan umum disebuah negri, misalnya harusnya Kuttab itu tertulis libur di hari jum'at dan Full Day tapi karena mengikuti aturan negara maka kita sesuaikan dengan aturan negri, libur hari sabtu dan ahad" Ustadz Lilik

9. Memperhatikan Asupan Makanan Anak

"Orangtua dituntut untuk memperhatikan asupan makanan anak, dicek darimana sumber makanan yang ia makan, cek juga dzat kandungannya dan lain-lain. Misalnya, ada anak yang memakan hasil dari harta tidak halal maka yang terjadi ilmu akan susah masuk, itu salah satu contohnya" Ustadz Lilik

10. Di Kuttab Anak Boleh Dihukum

Orangtua Harus Mengetahui Hal Ini Sebelum Memasukkan Anaknya di Kuttab Al-Fatih (Catatan Stadium General Kuttab)

Jika ibu takut anaknya dihukum maka jangan masuk Kuttab, karena di Kuttab Al-Fatih membolehkan hukuman tapi tentu ada ilmunya. Silahkan baca: Hukuman Anak dalam Islam (konsep Kuttab)

11. Di Kuttab Al-Fatih Tidak Ada Ijazah

Yang terakhir, di Kuttab Al-Fatih tidak ada ijazah. Tapi jika ayah/bunda menginginkannya kami bisa membantu dengan ujian paket.

Sebenarnya masih banyak sekali yang disampaikan Ustadz Lilik di stadium generale namun karena keterbatasan kami, abana online hanya bisa memberikan ini saja. Tapi intinya Kuttab Al-Fatih itu:

  1. Efektifitas Usia
  2. Kuttab Kurikulum Sederhana dan Istimewa
  3. Keteladanan Para Guru
  4. Keterlibatan Semua Pihak
  5. Keikhlasan Seluruh Pengurus
  6. gemilang di Usia Belia (Biidznillah)

Baca juga: Wawancara Calon Orangtua: Di Kuttab Al Fatih Melelahkan, Tapi..

Alhamdulillah sekian dari kami catatan stadium generale tentang hal yang wajib diketahui oleh calon wali murid Kuttab Al-Fatih di seluruh dunia. Wallahu'lam kepada Ustadz Lilik afwan jika ada penambahan/pengurangan kalimat dan kata.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Calon Orangtua Kuttab Al Fatih Harus Mengetahui 11 Hal Di Bawah Ini Sebelum Memasukkan Anaknya di Kuttab (Catatan Stadium General Kuttab)

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top