5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Apabila sebelumnya abanaonline.com sudah membahas secara panjang lebar kurikulum dan konsep utama Kuttab Al-Fatih, maka kali ini kami akan menjelaskan 5 landasan yang ada dalam kurikulum Kuttab itu sendiri. Apa saja?

Landasan dalam Kurikulum Kuttab


5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Dalam kurikulum kuttab, ada beberapa landasan yang harus diperhatikan yaitu:

1. Kurikulum Bahasa untuk Sekolah Kuttab


Kita semua sudah tahu bahwa bahasa merupakan landasan penting yang nantinya digunakan untuk berkomunikasi, mengkaji ilmu, dan sarana untuk menyampaikan keyakinan, idealisme, serta pelajaran.

Oleh karena itu, penguasaan dari aspek bahasa sangat penting.

5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Alhamdulillah, konsep bahasa dalam Islam sudah dibahas di artikel, "waktu yang tepat mengajarkan bahasa ke anak usia dini" dan "panduan mengajarkan bahasa pada anak"

2. Landasan Membaca dan Menulis dalan Islam


5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Landasan kurikulum Kuttab yang kedua ialah membaca dan menulis. Kedua hal ini menjadi keharusan bagi setiap muslim. Wahyu yang pertama-tama turun menekankan akan pentingnya membaca dan menulis. Bahkan jika kita melihat sebagian fakta sejarah ketika umat Islam memimpin dunia, saat itu antusiasme membaca dan menulis masyarakat sangat besar.

Sebagai gambaran, pada tahun 656 H, pasukan Mongol menghancurkan Baitul Hikmah dan memenuhi sungai Dijlah di Baghdad dengan buku guna dijadikan jembatan untuk menyeberangkan pasukannya. Pasukan salib juga membakar sekitar 3.000.000 buku di lapangan Tripoli. Bab ini juga sidah dibahas jadi salahkan baca di sini.

3. Landasan Ilmu Berhitung (hisab/matematika)


5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Ilmu berhitung alias matematika memiliki peran penting dalam Islam. Selain itu Islam adalah agama yang mengharuskan umatnya pandai berhitung, karena banyak hal yang memerlukan hitungan. Misalnya mengenai pembagian harta waris dan penentuan kiblat.

Untuk selengkapnya baca, Matematika dalam Islam

4. Landasan Keterampilan Hidup di Dalam Kurikulum Kuttab


5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

keterampilan hidup juga sangat penting, sebab ia akan menunjang kemandirian seseorang. Contoh dari para Nabi terdahulu pun menekankan akan pentingnya kita memiliki keterampilan hidup.

Misalnya, Nabi Nuh yang ahli kayu dan Nabi Dawud yang ahli besi. Baca: Pentingnya Keterampilan Hidup dalam Pendidikan Islam

5. Landasan Olahraga/Olah Fisik


5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Nah, landasan yang terakhir ialah kegiatan olahraga atau olah fisik di sekolah. Dalam Islam, target dari landasan ini jelas, yaitu menyiapkan para mujahid fi sabilillah yang mampu menggetarkan musuh Allah.

Bukan hanya senam-senam yang tidak jelas arahnya. Kemudian yang terjadi hanyalah kesenangan syahwat dan kurang berpengaruh pada diri anak-anak di kelas maupun di rumah.

Baiklah itu saja 5 landasan utama kurikulum Kuttab pendidikan Islam, semoga berkah. Silahkan dishare atau dibagikan kepada yang lainnya jika dirasa bermanfaat. Ya Allah bimbinglah kami..
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar 5 Landasan Utama Kurikulum Kuttab Pendidikan Islam

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top