Ikrar Pelajar di Sekolah Cocok untuk Lembaga Islam SDIT

Assalamualaikum teman-teman abana online, malam ini kami ingin bercerita salah satu kegiatan Kuttab al-Fatih, yaitu ikrar. Namun sebelum saya menceritakan bagaimana gambaran ikrar di Kuttab al-Fatih, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian ikrar dan tujuan saya berbagi masalah ini.

Apa itu ikrar?

ikrar pelajar di sekolah kuttab al-fatih setingkat SDIT

Ikrar adalah kegiatan anak-anak sebelum memasuki kelas atau sebelum dimulainya jam pertama KBM. Biasanya di SDIT atau lembaga Islam lainnya, ikrar disebut dengan apel pagi. Tujuan kami menceritakan kegiatan ikrar di Kuttab adalah supaya teman-teman bisa tahu gambaran apel pagi di sana dan bisa saling mengambil faedah.

Siapa pemimpin ikrar?

Ikrar akan dipimpin oleh seorang guru laki-laki yang sudah disepakati dengan jadwal, dan akan bergantian di setiap harinya. Namun semua tergantung SDM di lembaga tersebut, jika memang di sana hanya ada 2 guru ikwan (laki-laki) maka terpaksa harus men-dobel jadwalnya.

Seperti apa format ikrarnya?

Teks atau Format Ikrar di Kuttab Al-Fatih


Untuk formatnya, silahkan tonton sendiri video di bawah ini: (Note: jika antum menggunakan UC Browser biasanya tidak terlihat, sebab UC memblokir konten gambar dan video yang dianggapnya iklan)


Apa manfaat ikrar?

ikrar pelajar di sekolah kuttab al-fatih setingkat SDIT

Ikrar pagi di sekolah merupakan tuntunan nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam dan salah satu kurikulum Islam dahulu, dimana Nabi Shalallahu alaihi wassalam mengajarkan kita untuk berdoa meminta tambahan ilmu, berdoa meminta ilmu yang bermanfaat atau doa lainnya sebelum memulai pelajaran. Lebih lengkapnya baca: Adab Menuntut Ilmu

Selain itu dengan adanya ikrar juga sangat membantu perkembangan anak dalam masalah pembelajaran di kelas, baik dari sisi adab maupun ilmunya.  Karena kegiatan apel pagi ini bukan hanya di isi dengan ikrar saja, tapi juga materi-materi tambahan yang tidak ada di kelas. Istilahnya materi tempelan.

Misalnya menghafal hadits, mufrodat bahasa arab atau lainnya. Padahal untuk usia anak 5-12 tahun sebenarnya belum diajarkan pelajaran itu "Islam adalah urutan" Makanya ilmu-ilmu tersebut dijadikan tempelan. Nanti setelah mereka di Madrasah baru mendalami ilmu tafsir, bahasa Arab, usul fiqih dan lain-lain. Agar tidak salah faham, baca: cara memulai pendidikan Islam dan kurikulum kuttab al-Fatih.

Materi Ikrar Pagi Siswa di Sekolah


Dalam ikrar sendiri terdapat materi-materi yang berbeda. Berikut pembagiannya:

  • Hari Senin: ikrar dan motivasi atau adab
  • Hari Selasa: ikrar dan bahasa Arab
  • Hari Rabu: ikrar dan Hadits
  • Hari Kamis: ikrar dan doa-doa
  • Hari Jum'at: ikrar dan berkisah (untuk hari Jum'at berbeda dengan hari biasanya, silahkan baca: hari Jum'at di Kuttab Al-Fatih)


Teknis dan Contoh Ikrar atau Apel Pagi di Kuttab al-Fatih


ikrar pelajar di sekolah kuttab al-fatih setingkat SDIT

Mungkin teman-teman masih ada yang bingung, terkait ikrar ini. Baiklah saya akan memperjelas lagi dengan menuliskan teknis-teknisnya.

Seperti apa ikrar atau apel pagi di Kuttab?

Ketika jam sudah menunjukan pukul 07.15 anak-anak akan diarahkan untuk ikrar sesuai jenjang masing-masing, sebab setiap kelas juga berbeda modulnya. Misalnya di hari Rabu ikrar hadits, maka setiap kelas ada modul haditsnya masing-masing. Yang kelas 1 menghafal modul ikrar hadits jilid 1 dan kelas 2 menghafal odul jilid 2.

Ketika ustadz/h nya sudah mengatakan "ikrar-ikrar" murid-murid sudah faham dan secara otomatis mereka membentuk barisan sendiri. Lalu setelah itu langsung dimulai ikrar atau kadang ustadnya menunjuk salah satu murid untuk memimpin barisannya supaya rapi, sehingga sebelum gurunya berdiri di depan barisan anak-anak, mereka semua sudah rapih seperti baris-berbaris.

Nah, kembali lagi kepada konsep "belajar adab sebelum belajar ilmu" dalam ikrar, ilmu tidak akan disampaikan sebelum mereka tertib tidak ada suara sedikit pun walaupun itu hanya bisikan-bisiskan. Kecuali jika udzur seperti batuk atau bersin.

ikrar pelajar di sekolah kuttab al-fatih setingkat SDIT

Dengan demikian, anak maksimal mendengarkan ilmu yang disampaikan ustadz/h nya sehingga ilmu tersebut berkah dan mudah dipahami. Cara menyampaikan bisa dengan duduk atau berdiri.

Baiklah itu saja mungkin sudah cukup. Karena sebenarnya video di atas pun cukup untuk menjelaskan tentang kegiatan ikrar di sekolah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Ikrar Pelajar di Sekolah Cocok untuk Lembaga Islam SDIT

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top