Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Hari ini abanaonline akan bercerita tentang kisah sahabat yang tidak dikenal di dunia namun sangat terkenal di akhirat. Siapa dia? Benar sekali dia adalah sahabat nabi Julaibib. Tapi cerita ini bukan dari abanaonline sendiri melainkan dari kiriman pembaca setelah mendengar ceramah kajian Ustadz Umar Mita Lc.

Kisah Sahabat Nabi Julaibib


Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Julaibib adalah seorang pemuda Madinah yang berperawakan pendek dan tidak memiliki rupa yang rupawan, tapi memiliki keindahan budi pekerti yang luar biasa. Ia juga memiliki jiwa yang bersih dan iman yang kuat di dalam hatinya serta keteguhan yang sangat kuat seperti gunung.

Julaibib merupakan salah satu sahabat dari kalangan Anshar, kecintaannya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam membuatnya dicintai juga oleh Allah ta'ala. Hidupnya sangat mengagumkan. Berikut keutamaannya.

Keutamaan Sahabat Julaibib


Jika dilihat dari ciri-ciri fisiknya, Julaibib bukanlah sahabat berwajah ganteng, ia tidak setampan sahabat Nabi yang bernama Mush'ab bin Umair. Tapi ketahuilah bahwa ia memiliki keimanan yang sangat besar serta semangat jihad yang sangat tinggi, tapi tidak sedikit penduduk Madinah yang memandangnya dengan sebelah mata. Jadi rata-rata mereka tidak mengenalnya.

Tetapi Allah Maha Tau. Dia mengukur derajat hambaNya tidak seperti dengan yang digambarkan oleh manusia. Kadang manusia terlihat tercela di mata manusia yang lainnya, tapi ternyata di sisi Allah ia adalah sebaik-baik manusia. Subhanallah begitulah yang dialami Julaibib.

Diceritakan oleh Anas bin Malik, ia berkata, "Ada seorang sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang bernama Julaibib dengan wajahnya yang kurang tampan. Ketika Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menawarkan pernikahan untuknya, dia berkata, "Kalau begitu aku orang yang tidak laku?"

Rasulullah menjawab, "Engkau di sisi Allah orang yang laku."

Julaibib di Sisi Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam


Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Semenjak Julaibib masuk Islam, ia menjadi seorang yang sangat cinta oleh Nabi, rasa cintanya yang begitu besar ditunjukan dalam sikap dan perbuatannya. Beliau selalu berada di majlis ilmu Rasulullah, mengambil hikmah dan pelajaran serta petunjuknya.

Ia juga meneladani akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wassalam untuk bekalnya di dunia maupun di akhirat kelak. Saking besarnya rasa cintanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, sampai-sampai ia tidak pernah terlambat dalam melaksanakan perintah nabi.

Allah pun memberikan keistimewaan dengan menikahkan bidadari hurun'in di akhirat.

Dimana ketika ia sangat ingin menikah dengan seorang wanita dunia ternyata Allah berkendak lain, Allah lebih memilihnya untuk mempersunting bidadari langit. Meskipun ia sempat dinikahkan oleh Rasulullah dengan seorang shahabiyah tapi itu tidak berlangsung lama. Bagaimana kisahnya?

Kisah Cinta Julaibib dan Istrinya


Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Suatu hari, seorang laki-laki dari Anshar datang menawarkan putrinya yang janda kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam agar beliau menikahinya. Nabi bersabda kepadanya, "Ya. Wahai fulan! Nikahkan aku dengan putrimu."

"Ya, dan sungguh itu suatu kenikmatan, wahai Rasulullah," jawab laki laki Anshar tersebut.

Namun Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda kepadanya, "Sesungguhnya aku tidak menginginkannya untuk diriku.”

"Lalu, untuk siapa?" tanyanya.
Beliau menjawab, "Untuk Julaibib."
Ia terperanjat, “Julaibib, wahai Rasulullah?!! Biarkan aku meminta pendapat ibunya."

Laki-laki itu pun pulang kepada istrinya seraya berkata, "Sesungguhnya Rasulullah shalallahu alaihi wassalam melamar putrimu."

Dia menjawab, "Ya, dan itu suatu kenikmatan, menjadi istri Rasulullah!"

Dia berkata lagi, "Sesungguhnya beliau tidak menginginkannya untuk diri beliau."

"Lalu, untuk siapa?" istrinya bertanya.

"Beliau menginginkannya untuk Julaibib," jawabnya.

Dia berkata, "Aku siap memberikan leherku untuk Julaibib. Tidak,  Demi Allah! Aku tidak akan menikahkan putriku dengan Julaibib. Padahal, kita telah menolak lamaran si fulan dan si fulan."

Sang bapak pun sedih karena hal itu, dan ketika hendak beranjak menuju Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, tiba-tiba putrinya itu berteriak memanggil ayahnya dari kamarnya, "Siapa yang melamarku kepada kalian?" "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam," jawab keduanya.

Dia berkata, "Apakah kalian akan menolak perintah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam? Bawa aku menuju beliau. Sungguh, beliau tidak akan menyia-nyiakanku,"

Sang bapak pun pergi menemui Nabi, seraya berkata, "Wahai Rasulullah, terserah Anda. Nikahkanlah putriku dengan Julaibib."

Nabi shallallahu alaihi wasallam pun menikahkannya dengan Julaibib, serta mendoakannya, "Ya Allah! Limpahkan kepada keduanya kebaikan, dan jangan jadikan kehidupan mereka susah."

Kisah Wafatnya Julaibib yang Baru Menikah


Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Tidak lama setelah pernikahannya, Julaibib pun ikut dalam sebuah peperangan bersama Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Setelah peperangan usai, dan para sahabat mulai saling mencari korban peperangan satu sama lain. Nabi bertanya kepada mereka, "Apakah kalian kehilangan seseorang?"

Mereka menjawab, "Kami kehilangan fulan dan fulan."

Kemudian beliau bertanya lagi, "Apakah kalian kehilangan seseorang?"

Mereka menjawab, "Kami kehilangan si fulan dan si fulan."

Kemudian beliau bertanya lagi, "Apakah kalian kehilangan seseorang?"

Mereka menjawab, "Kami kehilangan fulan dan fulan."

Beliau bersabda, "Akan tetapi aku kehilangan Julaibib.”

Mereka pun mencari dan memeriksanya di antara orang-orang yang terbunuh. Tetapi mereka tidak menemukannya di arena pertempuran. Terakhir, mereka menemukannya di sebuah tempat yang tidak jauh, di sisi tujuh orang dari orang-orang musyrik. Dia telah membunuh mereka, kemudian mereka membunuhnya.

Nabi shallallahu alaihi wasallam berdiri memandangi mayatnya, lalu berkata, "Dia membunuh tujuh orang lalu mereka membunuhnya. Dia membunuh tujuh orang lalu mereka membunuhnya. Dia dari golonganku dan aku dari golongannya."

Lalu Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menggendong mayat Julaibib di atas kedua lengannya dan memerintahkan mereka agar menggali tanah untuk menguburnya.

Demikianlah kisah Julaibib sahabat Rasulullah shalaahu alaihi wassalam. Subahanallah, banyak sekali hikmahnya dan patut diteladani dimana ketika Allah tidak ingin menikahkannya dengan salah satu wanita penduduk bumi, tapi ternyata Allah mengaruniakan kesyahidan kepadanya, ia gugur di jalan Allah. Lalu Allah menikahkannya dengan hurun'in, bidadari penduduk langit. Ia tidak terkenal di dunia namun terkenal di langit. Sedikit sedih saya (penulis) dari: Ummu Amir
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

1 Response to Kisah Julaibib Sahabat Rasulullah yang Menakjubkan

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top