Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al Fatih

Ustadz Budi Ashari LC- Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pembaca abana online yang kami hormati, di kesempatan kali ini kami ingin bercerita sedikit tentang biografi beliau (selaku pembina di lembaga Kuttab Al-Fatih dan Madrasah Al-Fatih seluruh Indonesia). Meskipun beliau sering tampil di salah satu stasiun TV (Khalifah Trans7), namun rupanya masih banyak sekali teman-teman di sini yang belum mengenal siapa itu Ustadz Budi Ashari.

Buktinya setiap saya berbicara tentang Kuttab al-fatih masih banyak orang yang bertanya, "Emang siapa mudir Kuttab Al-Fatih?" "Ustadz Budi Ashari Salafi atau Hizbut Tahrir?" "Ustadz Budi Ashari PKS kan?" dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang menunjukkan ketidaktahuan mereka terhadap beliau. Nah, maka dari itu kami di sini ingin menceritakan biografi beliau berdasarkan apa yang saya dapatkan dari teman-teman ana di Kuttab Al Fatih Depok dan juga dari situs parentingnabawiyah.com.

Biografi Ustadz Budi Ashari LC


Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al-Fatih

Berdasarkan biodata beliau di situs www.parentingnabawiyah.com, Ustadz Budi Ashari lahir di Tulungagung pada tanggal 17 April 1975. Beliau mempunyai istri bernama Ustadzah Alfi Zulhidayati, dan Alhamdulillah sekarang sudah dikaruniakan 4 anak. Ada Dihya, Usama Aisyah dan Hamna. Di Indonesia sendiri beliau dikenal sebagai pakar sejarah Islam sekaligus pembina Yayasan Kuttab Al Fatih Pilar Peradaban serta host dari acara TV Khalifah di Trans 7. Apa sih manhaj Ustadz Budi Ashari?

Ana sebagai murid beliau yang sering mendengarkan kajian-kajiannya sejak tahun 2014 sampai sekarang ini, melihat beliau adalah sesosok orang yang memiliki kepribadian luar biasa. Baik dari sisi ilmu, keteladanan, kewibawaan, keyakinan dan lain sebagainya. Dan tidak diragukan lagi bahwa apa yang diajarkan beliau kepada kami adalah sesuai Manhaj Ahlussunnah Wal Jamaah yang mana beliau selalu menyampaikan dalil-dalil dengan sumber-sumber terpercaya. Sebagaimana dulu pernah dibawakan oleh para Salafus Sholeh seperti sahabat dan para ulama-ulama hebat di masanya.

Latar Belakang Pendidikan Ustadz Budi Ashari LC


Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al-Fatih

Sepengetahuan Ana sebelum beliau belajar di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, beliau pernah di pesantren dan di LIPIA Jakarta. Baru setelah itu beliau diterima di UIM fakultas Hadits dan menjadi salah satu lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Ketika 6 tahun berada di Madinah beliau selalu mengkaji dan berdiskusi untuk mengeksplorasi konsep dan sistem Islam yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kemudian setelah itu Beliau membawa konsep yang agung tersebut ke Indonesia dan beliau pun yakin bahwa sejarah itu pasti akan berulang.

Jadi kita semua juga harus yakin kalau bersama-sama menggali ilmu dan pelajaran dari sejarah Islam Insya Allah kita semua bisa menerapkan dan memperoleh hasil yang sama seperti dengan generasi terbaik di zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Aktivitas Ustadz Budi Ashari Saat Ini


Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al-Fatih

Kegiatan beliau sangatlah banyak, apalagi setelah terbangunnya Sekolah Islam Kuttab Al-Fatih (institusi pendidikan untuk anak-anak usia 5-12) pada tahun 2012 melalui diskusi yang panjang. Beliau aktif sebagai direktur kajian dan studi ilmu di Kuttab al-Fatih dan Madrasah Al Fatih sekaligus menjadi pembina Parenthing Nabawiyah bagi seluruh keluarga Kuttab al-Fatih atau kaum muslimin pada umumnya.

Selain itu beliau juga aktif di acara-acara lainnya seperti Khalifah Trans 7 tentang sejarah Islam, mengisi di situs ikuttab.com, menulis di situs parenthingnabawiyah.com, kuttabalfatih.com dan akademisiroh.com.

Serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan beliau lainnya yang tidak mungkin kami tulis semua di sini. Tapi yang pasti Insya Allah apa yang dilakukan beliau bertujuan supaya bisa menghadirkan Kurikulum Pendidikan Islam yang dapat mengembalikan kejayaan Islam seperti dahulu kala.

Karya Ustadz Budi Ashari Lc


Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al-Fatih

Beliau sudah menulis beberapa buku yang sudah beredar di kalangan kaum muslimin, diantaranya:

  • Ketika Hidup Selalu Terasa Sial, 2006
  • Inspirasi dari Rumah Cahaya (Serial Parenting Nabawiyah), 2011
  • Modul Kuttab Satu (Seri Kuttab Al Fatih Pilar Peradaban), 2012
  • Kemanakah Kulabuhkan Hati Ini (Serial Parenting Nabawiyah), 2012
  • Remaja, Antara Hijaz&Amerika (Serial Parenting Nabawiyah), 2012

Karya beliau yang Insyaallah akan menyusul:

  • Potret Keluarga dalam Quran
  • Fiqih Siroh Pendidikan Islam

Motto Ustadz Budi Ashari LC


Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al-Fatih

Terakhir sebelum kami akhiri biografi Ustadz Budi Ashari alangkah baiknya jika kita membaca motto beliau yang pernah disampaikan kepada kita semua:

"Jangan pernah beristirahat sebelum sebelah kaki kita menginjak di surga, kita akan merasakan semangatnya dalam menggali kedahsyatan sejarah kehidupan generasi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sehingga melahirkan kembali konsep aplikatif kebangkitan Islam. Berupaya mengembalikan kekuatan muslim dalam membangun peradaban Islam di pentas dunia. Bermodal keyakinan, berharap kebesaran. Biidznillah.."

"Kami sangat yakin dengan konsep ini. Karna Kuttab Adalah Konsep Islam yang mempunyai sejarah panjang melahirkan orang-orang besar.

Seiring hilangnya Kuttab dari Dunia Islam, bumi pun mulai kehilangan cahaya dari para Ulama dan Ilmuan.

Kami sangat yakin dengan Kuttab ini. Apapun yang dikatakan oleh konsep pendidikan hari ini yang rumit dan sulit, kami tidak pernah bergeser dari keyakinan terhadap Kuttab.

Karana catatan sejarah tentang Kuttab pun tidak hilang.

Kami sangat yakin dengan Konsep Kuttab ini. Karna landasannya benar-benar dari Al-Qur’an dan Sunnah.

Kami sangat yakin dengan konsep Kuttab ini. Secara sunnatullah sejarah akan terus hidup dan beriulang disetiap zaman.

Saatnya mengembalikan sistem islam seutuhnya!! Kami berharap akan hadir hasil yang sama pada zaman itu (kejayaan Islam).

Dengan ke asingan Kuttab ini semoga menjadi keasingan yang indah dan membahagiakan.

Kepercayaan diri kami sebesaar kepercayaan Muhammmad Al-Fatih menebus benteng konstatinopel yang berbekal janji Nabi shalallahu alaihi wassalam.

Dalam buku Kuttab di tanah Haramain (Mekkah dan Madinah) telah disebutkan dengan detail sejarah Kuttab.

Di dalamnya kita bisa tahu kapan terakhir Kuttab-Kuttab itu ditutup dan kemudian di ganti peran dan namanya yang lain!

Semoga di sinilah lahir Al-Fatih-Al-fatih berikutnya yang telah ditunggu semua.
Ya Allah semoga keyakinan ini mendapat Ridho-MU....."

Alhamdulillah Akhirnya selesai juga biografi Ustadz Budi Ashari LC. Jika ada salah dari penulisan kata atau kalimat, maka kami mohon maaf sebesar-besarnya dan semoga Allah menjaga selalu kesehatan beliau dan juga teman-teman beliau yang bersamanya, supaya bisa terus memberikan bimbingan kepada kita semua yang miskin akan ilmu agama Islam. Amiin (Muttaqin)

Sumber:

Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

12 Komentar Biografi Ustadz Budi Ashari LC Pembina Kuttab Al Fatih

  1. Assalamualaikum

    Yakin seyakin-yakinnya (biidznillah), ini adalah konsep pendidikan yang paling berkualitas dan dibutuhkan Indonesia

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum akhi

    Masya Allah, saya juga kagum sm ust. Budi, tp baru bisa ngikuti kajiannya via youtube hehe.
    semoga Allah jaga beliau selalu, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalikumussalam..Alhamdulillah.. Semoga bisa langsung bertemu dan langsung menuntut ilmu dari beliau.

      Hapus
  3. alhamdulillah sudah yakin dengan kuttab..tapi masih blm mampu meyakinkan tmn2 yg lain..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, "Fasaufa Ya'lamuun" Insyaallah mereka kelak akan mengetahuinya..

    BalasHapus
  5. asslm. bisa minta No kontak Ust. Budi Ansari atau pihak manajemen beliau yang bisa dihubungi. sykrn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, bisa nanti anak kasih nomor ust Syahril. Jika Ada perlu sama Ust Budi harus ke beliau dulu..

      Hubungi kontak WA ana yang di kolom "contact me"

      Hapus
  6. Assalamu’alaikum. Afwan mau tanya bgmn cara mengundang beliau utk tabligh akbar di NTB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, hubungi staf beliau Ust Syahril. Kalau mau no Ust Syahril WA saja, InsyaAllah ana kasih no Ust Syahril nanti.

      Hapus
  7. Afwan ana harus WA ke nomor mana Pak? Mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di contact me bun. Silahkan di cek

      Hapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top