Cara Agar Konsisten Membaca Al Quran Tiap Hari

Mengapa harus membaca al Quran setiap hari? Bagaimana cara supaya bisa membaca al Quran setiap hari? Ya, tidak diragukan lagi bahwa ada banyak sekali hadits nabi yang menunjukkan keutamaan-keutamaan membaca Al Quran. Tapi bagi seorang muslim tentu yang dicari bukan hanya keutamaan-keutamaannya saja, melainkan sudah menjadi hal yang wajib untuk dikerjakan. Jadi anggaplah manfaat-manfaat membaca Al Quran tersebut sebagai bonus dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada para pembaca atau penghafalnya.

Salah satu indikator seseorang itu menganggap Al Quran adalah kalamullah yang penting untuk dibaca adalah dengan memberikan perhatian khusus terhadapnya. Sebagaimana orang yang menganggap penting atas gadgetnya (HP), maka setiap hari ia tidak akan lupa untuk membuka handphonenya. Demikian juga dengan Al Quran, bahkan kita semua sudah tahu kalau al-Quran itu kitab suci kaum muslimin yang sangat agung dan memiliki banyak fadilah-fadilah jika kita membacanya setiap hari.

Cara Agar Konsisten Membaca Al-Quran

Atas dasar itulah kita pun harus serius dalam mewujudkan perhatian khusus terhadap Al Qur'an. Misalnya dengan memberikan waktu khusus di setiap harinya dan tidak malas-malasan untuk membacanya. Oleh sebab itu abanaonline.com di sini ingin sekali menulis tips cara agar kita bisa konsisten dalam membaca al-Quran setiap hari, semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat diri saya pribadi dan buat teman-teman yang membacanya.

Cara Supaya Konsisten Membaca al Quran Setiap Hari


Setidaknya ada 4 cara yang berhasil kami ulas dari kitab karangan Dr. Muslih Abdul Karim MA dengan judul "Agar Hafalan Al Fatihah (tips dan trik jitu menghafal Al Quran sekuat hafalan Al Fatihah), baiklah apa saja poin-poinnya?

Baca juga: metode menghafal al quran untuk anak usia dini

1. Menyediakan Waktu Wajib Khusus untuk Al-Qur'an


Cara Agar Konsisten Membaca Al-Quran

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, jika kita menganggap Al Quran adalah wahyu Allah yang sangat mulia maka kita harus berusaha menyediakan waktu KHUSUS untuk Al-Quran yang wajib dikerjakan. Dan upayakan waktu khusus tersebut adalah Prime Time (waktu yang istimewa). Misalnya saat anda dalam kondisi segar pikirannya enak dan tidak sibuk. Namun sebaliknya jangan menetapkan jadwal yang kondisi anda sedang capek Mengantuk tidak fokus atau masih sibuk.

2. Memilih Waktu Khusus yang Cocok atau Prime


Cara Agar Konsisten Membaca Al-Quran

Setelah menyediakan waktu khusus untuk membaca al-Qur'an, maka selanjutnya kita harus membuat jadwal yang cocok untuk membacanya. Lalu kapan saja waktu yang cocok untuk menghafal al-Quran atau membacanya?

Kami tidak bisa menjawab pertanyaan di atas karena yang lebih tahu kapan waktu yang pas untuk membaca al-Quran adalah anda sendiri. Jika anda memiliki banyak kesibukan dan tidak tinggal di sebuah lembaga Al-Quran, mungkin 1 jam setiap hari saja sudahlah cukup yang penting kuncinya 3: Waktunya ditetapkan (dijadwalkan), cari waktu yang istimewa dan yang ketiga harus dipatuhi.

Kalau dari kami ada sedikit tips memilih waktu yang nyaman untuk membaca Al Quran:

  • Satu jam sebelum subuh dan setengah jam sesudah subuh
  • Antara Maghrib dan Isya

Nah itulah waktu-waktu kosong dan bisa anda gunakan untuk tilawah al-Quran. Selain itu Anda juga masih bisa menambahkan 1 atau 2 jam pada saat-saat liburan atau momen-momen tertentu seperti bulan Ramadhan, i'tikaf dan setelah tarawih.

Untuk siang hari mungkin kurang maksimal. Sebab di jam tersebut banyak yang sibuk dengan urusannya, kecuali bagi anda yang benar-benar memiliki semangat yang tinggi. Allah menyediakan waktu siang memang untuk mencari nafkah atau yang lainnya. Allah berfirman dalam Qs. Al-Muzammil:7,

إِنَّ لَكَ فِي النَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلًا

"Sesungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan-urusan yang panjang." (Qs. Al-Muzammil 7)

3. Jangan Menunda Waktu yang Sudah Dibuat


Cara Agar Konsisten Membaca Al-Quran

Salah satu kunci agar kita konsisten membaca al-Quran adalah tidak pernah menunda-nunda jadwal yang sudah dibuat sebelumnya. Bila sudah mendapatkan waktu yang bagus dan efisien maka jangan sekali-kali menunda dengan alasan keperluan lain. Misalnya, "nanti dulu deh menghafalnya" atau "nanti diatur ulang deh waktunya". Bagaimana mungkin kalian bisa menghafal Al-quran bila jadwalnya selalu direvisi?! Ini sama saja bohong.

Syeikh Syadzi Abu Mukmin pengajar Al Quran di Gaza Palestina pernah berkata,

"Jika engkau membuat jadwal untuk Al-Quran engkau harus menepatinya. Kita mungkin marah jika orang terlambat memenuhi janjinya kepada kita. Lalu bagaimana dengan janji kita kepada Allah? Manakah yang lebih utama, engkau tepati janji Allah atau manusia?

Bersikaplah jujur kepada Allah. Waktu untuk Al Quran adalah waktu yang suci maka jujurlah. Di sini adalah pembuktian dalam praktek, engkau melanggar waktumu untuk Alquran satu kali saja, maka engkau akan melakukan pelanggaran-pelanggaran lain setiap kali. Jadi Tidak ada alasan apapun yang membenarkan ketidakjujuran kepada al-Quran. Ini penting sekali..!"

Subhanallah jika kita konsisten terhadap jadwal untuk Alquran dan memilih waktu yang istimewa, maka Allah akan memberikan keberkahan pada seluruh waktu yang kita gunakan. Bahkan Allah akan memberikan keberkahan pada semua urusan kita. Jangan khawatir, kalian tidak akan merugi bila menyediakan waktu khusus untuk al-Quran setiap hari.

Hafalan beres Insya Allah urusan yang lainnya juga beres.

Sedikit tapi konsisten lebih Allah cintai daripada banyak amal tetapi dia tidak konsisten. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. [HR. Muslim no. 783, Kitab shalat para musafir dan qasharnya, Bab Keutamaan amalan shalat malam yang kontinu dan amalan lainnya]

4. Berdoa Kepada Allah Agar Diberikan Kekuatan


Cara Agar Konsisten Membaca Al-Quran

Bila sudah serius ingin menghafal al-Quran atau membaca al-Quran setiap hari, maka selanjutnya berdoa dan memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar dimudahkan dalam melaksanakannya. Bahkan kalau bisa sampai menangis seperti saat kita terkena musibah. Ingatlah Al Quran adalah kalamullah, jadi Allah pula yang berkuasa untuk menjadikan Al-Quran ada di dada kita. Jangan sepelekan Point yang terakhir ini.

Alhamdulillah Akhirnya selesai juga pembahasan tentang cara membaca Al-Quran dengan konsisten setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat buat diri saya pribadi dan kaum muslimin yang membacanya, apalagi hari ini kita akan menjumpai bulan puasa Romadhon yang itu adalah bulan Al Quran. Mari gunakan waktu sebaik-baiknya untuk banyak menghafal Al-quran. Baca juga: adab membaca al-quran.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Cara Agar Konsisten Membaca Al Quran Tiap Hari

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top