8 Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini

Cara cepat menghafal Al Quran- Nikmat Allah yang sangat besar atas umatnya adalah diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dengan mukjizat Al Quran yang Allah mudahkan untuk dipelajari dan dihafal oleh siapa saja. Tanpa terkecuali untuk anak-anak usia dini. Allah berfirman dalam Qs. Al Qamar ayat 17, 22, 32 dan 40:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Artinya, "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?"

Ayat di atas memberikan pencerahan buat kita semua bahwa menghafal Al Quran itu mudah bagi siapapun, baik yang ingin menghafal sebagian isi Al Quran atau keseluruhan, baik yang ingin menghafal 1 juz atau 30 juz, baik yang ingin menghafal satu surat atau 114 surat. Dan kemudahan tersebut mencakup berbagai aspek, sebagaimana yang dikatakan dalam tafsir Al Muyassar:

ولقد سهلنا لفظ القران للتلاوة والحفظ ومعانيه للفهم والتدبر

Artinya, "Sungguh kami telah memudahkan lafadz al-Quran untuk dibaca dan dihafal serta kami juga memudahkan makna-maknanya untuk dipahami dan ditaburi" (Tafsir Al Muyassar).

Oleh sebab itu di bulan Ramadhan yang berkah ini, abanaonline.com akan berbagi tips panduan cepat menghafal Al Quran untuk anak yang diambil dari buku "Agar Sehafal Al Fatihah (metode jitu menghafal Al Quran). Buku ini ditulis oleh Arham bin Ahmad Yasin LC dan metode-metodenya sudah saya terapkan pada murid-murid kami di Kuttab Al-Fatih Bandar Lampung. Baiklah langsung saja berikut cara cepat menghafal al Quran untuk anak usia dini.

Cara Cepat Menghafal Al Quran Untuk Anak


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Bagi ayah bunda atau guru yang menginginkan anaknya hafal Al Quran (Hafidz Qur'an) 30 juz, silahkan terapkan cara-cara di bawah ini, setidaknya kami berhasil merangkum 8 cara cepat menghafal al Quran untuk anak:

1. Ayah Bunda Menerapkan Etika Menghafal Al Quran pada Anak


Sebelum menghafal al-quran hendaknya ayah dan bunda mengajarkan kepada anaknya untuk menerapkan etika etika dalam membaca Al Quran. Ini bertujuan agar Allah memudahkan langkah anak kita dalam menghafalnya, serta menjauhkan dari godaan-godaan setan terkutuk. Etika apa saja yang harus diajarkan kepada anak?

  • Niat sepenuh hati ditujukan kepada Allah ta'ala
  • Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala
  • Menjaga kesucian dan kebersihan sebelum membaca Al Quran (Wudhu)
  • Membaca ta'awud saat hendak mulai menghafal Al Quran
  • Membaca basmalah setiap di awal surat

Nah kurang lebih seperti itu, poin poin di atas selalu kami terapkan pada anak-anak kami di sekolah dan Alhamdulillah dengan nya Allah mudahkan urusan mereka dalam menghafal Al Quran.

2. Memberikan Sugesti pada Anak Bahwa Menghafal Al Quran itu Mudah


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas tentang kemudahan menghafal Al Quran. Maka atas dasar itu seorang guru atau orang tua harus meyakinkan 100% pada anak akan kebenaran Firman Allah surat Al Qamar. Tidak ada keraguan sedikitpun akan kemudahan menghafal qur'an.

Sebab salah satu kendala orang kesulitan menghafal Al Quran adalah karena tidak yakin dan sebelumnya sudah merasa bahwa menghafal itu sulit, "Menghafal Al Quran 30 juz itu seperti mimpi di siang bolong" "Ah tebal banget Qur'annya, saya tidak mungkin bisa menghafal semua" atau "Ah menghafal Alquran itu sulit sekali".

Lebih parahnya lagi ketidakyakinan tersebut dikuatkan dengan alasan-alasan berikut "Saya bukan santri pesantren atau madrasah ko" "Saya kan orang awam" "Saya tidak ada keturunan menghafal Al Quran" "Saya sudah tua" dan masih banyak lagi kalimat-kalimat pesimisme lainnya yang tidak layak diucapkan. Karena hal itu bukan menambah semangat tapi justru bisa menurunkan semangat.

Oleh sebab itu yakinkanlah anak-anak bahwa mereka itu mampu, mereka itu bisa dan mereka itu cerdas. Bagaimanapun kondisinya, jangan dijadikan alasan. Karena semua itu adalah penghambat paling besar dalam kecepatan menghafal Al Quran.

3. Membaca Al Quran Dengan Hukum Tajwid yang Benar


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel, [Metode Tahfid Al Quran yang Cocok untuk anak SD-SMP] dan [Metode Tahsin Al Quran Terbaik] bahwa di sana sudah dijelaskan pentingnya membaca al-quran sesuai hukum-hukum tajwid yang ada. Mulai dari pengucapan makhorijul huruf, sifat huruf dan hukum-hukum tajwid lainnya.

Jadi bagi anak-anak kita yang belum bisa membaca Quran dengan baik, wajib belajar. Karena ketika anak usia dini menghafal dengan bacaan yang salah kaprah, maka proses untuk meluruskannya pun nanti akan lebih sulit terutama saat sudah dewasa. Intinya lebih baik dibenarkan sejak saat masih kecil dibandingkan saat sudah dewasa.

4. Mencari Waktu yang Tepat untuk Menghafal


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Ayah Bunda atau guru harus menjadwalkan waktu khusus untuk Al Quran dan upayakan waktu khusus tersebut adalah waktu yang istimewa (prime time). jangan saat anak anak sedang lelah, ngantuk, belajar atau waktu-waktu lain yang kurang pas untuk menghafal Al Quran.

Waktu yang kami sarankan untuk menghafal Al Quran adalah setelah Maghrib sampai Isya dan setelah Subuh. Sebab dikedua waktu tersebut anak-anak sedang kosong dan dalam kondisi segar. Namun jika anak itu mampu memanfaatkan waktu yang lebih banyak, maka itu lebih baik.

5. Teknik Menghafal Al-Qur'an yang Bagus untuk Anak


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Cara cepat menghafal Al Quran yang kelima ini adalah Salah satu cara yang paling penting. Yaitu orang tua harus menentukan target kepada anak-anak sesuai kemampuannya dan target tersebut bisa ditambah selama ia mampu. Biasanya kami di sini menentukan target hafalan ada yang per ayat (untuk kelas 1), per surat (untuk kelas 1-2) dan per halaman (yang sudah al-Quran dengan bacaan yang bagus).

Kunci dari point kelima ini adalah harus konsisten dan sesuai target setiap hari. Namun jika sudah lancar tidak boleh melupakan hafalan Hafalan sebelumnya, muroja'ah adalah kunci utama dalam menguatkan hafalannya. Baca: 5 Metode Murojaah Al Quran

Bagi yang belum bisa membaca al-Quran harus melalui bimbingan orang tua dengan mentalqin terlebih dahulu yang kemudian akan diikuti dan diulangi oleh anaknya. Trik mudah konsisten menghafal al quran bisa Antum baca di sini: cara agar istiqamah membaca al quran

6. Anak Menghafal Al Quran Dengan Suara Lantang dan Pelan


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Yang ke-6 ini juga sangat penting, menghafal dengan suara lantang dan pelan sangat membantu daya ingat si anak. Selain itu dengan membaca suara keras akan lebih mudah untuk memastikan benar tidaknya bacaan tersebut. Yang jelas hafalannya akan lebih terkesan serta membekas di otak pikirannya.

Saat anak membaca dengan suara yang lantang maka yang bekerja bukan hanya otaknya, tapi telinga juga turut berperan. Sebaliknya apabila anak membaca dengan suara lirih akan sulit memastikan benar tidaknya bacaan tersebut yang itu akan menimbulkan keraguan, kemalasan dan bosan dalam menghafal Al Quran.

7. Memperdengarkan Hafal Kepada Orang Lain


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Memastikan kebenaran bacaan anak sangat penting sekali. Adapun untuk memastikannya bisa dengan cara memperdengarkan (Tasm'i) hafalannya kepada ayah bunda atau gurunya. Biasanya kalau di Kuttab Al-Fatih ada agenda tasmi setiap hari Jumat. Baca: Manfaat Tasmi Al Quran bagi Anak Kecil

8. Memakai Satu Mushaf Standar


Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak

Cara cepat menghafal al-quran untuk anak yang ke lapan adalah menggunakan satu Mushaf standar dan tidak diganti-ganti. Hal ini dikarenakan seseorang yang sering menghafal Al Quran akan secara otomatis akan merekam letak ayatnya. Entah itu di bawah, pojok kanan atas, sisi sebelah kanan atau sisi sebelah kiri.

Letak ayat sendiri sangat membantu pengingatan dan kecepatan hafalan anak. Sehingga bila si anak mengganti Al Quran, dia harus memulai kembali untuk menghafal letak-letak ayatnya. Dan ini bisa memperlambat hafalan mereka.

Itulah 8 cara yang sering saya gunakan di kelas, Selain itu kadang kami juga membacakan arti ayat yang anak tersebut lupa atau tidak lancar membacanya. Tapi yang paling adalah anak memahami isi kandungan dalam Al Quran, sehingga adab mereka seperti al Quran.

Baca juga: manfaat membaca dan menghafal al-quran untuk kecerdasan manusia

Alhamdulillah Akhirnya selesai juga pembahasan tentang cara cepat menghafal Al Quran untuk anak usia dini. Semoga tulisan kami ini benar-benar bermanfaat bagi yang membutuhkannya khususnya untuk diri saya pribadi. Siapa saja boleh menyebarkan tulisan ini yang penting menyertakan sumber link artikelnya. Syukuran Abu Ziad. [Sumber diambil dari pengalaman mengajar dan dari kitab "Agar Sehafal Al Fatihah", Arham bin Ahmad LC]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar 8 Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top