Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Manfaat membaca Al Quran- Mengingat banyaknya manfaat yang akan didapat maka membaca atau menghafal Al Quran bagi seorang muslim menjadi ibadah yang sangat mulia dan wajib ditunaikan. Terlebih-lebih 7 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Yang mana di bulan Ramadhan tersebut semua amal kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Selain itu, membaca al-Qur'an juga bisa mendatangkan  keuntungan yang luar biasa. Manfaat yang didapat ini bersifat spiritual yakni berkaitan dengan hati dan jiwa serta bersifat fisik. Tidak hanya itu, membaca dan menghafal Al Quran juga mendatangkan maslahat yang banyak untuk akhirat kita kelak. Nah, apa saja keutamaan-keutamaan membaca al-Quran?

Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Berikut ini manfaat membaca Al Quran bagi seorang muslim, dan apabila dibaca di bulan suci Ramadhan maka akan Allah lipat gandakan pahalanya serta menjadi seorang yang mulia di sisiNya:

1. Membaca 1 huruf akan dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan


Manfaat membaca Al Quran yang pertama adalah akan diberikan banyak pahala, apalagi di bulan Ramadhan. Berdasarkan hadits Abdullah bin Mas'ud radhiyallahuanhu, Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

"Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf." (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami, no. 6469)

2. Ahlul Quran adalah Keluarga Allah dan Orang-Orang SpesialNya di Surga


Pembaca dan penjaga al Quran akan dijadikan sebagai keluarga Allah dan menjadi orang-orang spesial di Surga. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda,


إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ قَالُوا : مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : أَهْلُ الْقُرْآنِ هُمْ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

Allah memiliki keluarga dari manusia." Sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah siapakah mereka?' Rasulullah menjawab, "Ahlul Quran, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khususNya." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Sebagian orang adakalanya merasa bangga ketika memiliki hubungan kekerabatan atau pertemanan dengan pejabat tinggi, figur populer atau orang terpandang lainnya. Jadi bila hubungan seperti itu membuatnya bangga, lalu apakah kita tidak bangga dan sangat senang ketika Allah mengakui kita sebagai keluargaNya?

Apalagi ditambah sebutan orang-orang spesial di sisiNya. Maka ini adalah sebuah kemuliaan yang luar biasa dari Allah yang diberikan kepada Ahlul Quran alias para penghafal al Quran. Jadi jangan pernah malas untuk terus berusaha dan membaca ayat-ayat Allah di bulan Ramadhan yang akan datang.

3. Penghafal Quran dan Kedua Orang Tuanya Mendapat Mahkota Kemuliaan di Surga


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Diriwayatkan dari Muadz bin Anas bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda,


قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَومَ القَيِامَةِ ضَووُهَ اَحسَنُ مِنُ ضَوءِ الشٌمسِ فيِ بُيُوُتِ الدٌنَيا فَمَا ظَنٌكُم بِالَذِيُ عَمِلَ بِهذَا

Artinya, "Barang siapa membaca Al Quran dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya, maka Allah memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya di hari kiamat. Sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di rumah-rumah dunia, lalu bagaimana dengan mengamalkan ini?" (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al Hakim)

Subhanallah ternyata keutamaan membaca dan menghafal Al Quran tidak hanya berdampak pada dirinya saja tetapi juga kedua orang tuanya. Maka siapa saja yang ingin memberikan hadiah terbaik untuk kedua orang tuanya dan ingin kedua orang tuanya dimuliakan oleh Allah dengan mahkota kemuliaan di hari kiamat, jadilah penghafal Al Quran.

4. Ahli Quran akan Naik ke Surga yang Tertinggi


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Selain dijadikan keluarga Allah dan diberikan mahkota orang yang menghafal dan membaca al-quran juga akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di Surga. Abdullah bin Amr meriwayatkan dari Rasulullah solallohu alaihi wasallam bersabda, "Dikatakan kepada orang yang hafal Quran (pada hari kiamat), 'Bacalah dan naiklah dan tartilkanlah sebagaimana engkau mentartilkannya di dunia. Kedudukanmu adalah di akhir ayat yang engkau baca." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

5. Rasulullah Memuliakan Penghafal Al Quran Walaupun Sudah Meninggal


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Dalam perang Uhud tahun ke 3 hijriyah kaum muslimin mengalami kekalahan dan banyak yang gugur di medan jihad tersebut. Karena banyaknya yang gugur, satu liang lahat harus diisi beberapa jenazah syuhada. Pertimbangan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menentukan mana yang didahulukan adalah yang hafalan Qurannya lebih banyak.

Jabir meriwayatkan bahwa Rasulullah mengumpulkan dua jenazah perang Uhud dalam satu liang lahat. Sebelum jenazah dimasukan beliau bertanya, "Manakah yang lebih banyak hafalan Qurannya?" ketika ditunjukkan, Rasulullah mendahulukannya dalam menguburkannya." (HR. Bukhari, Abu Dawud, Al Baihaqi dan Ahmad)

Subhanallah betapa besarnya keutamaan membaca al-quran sampai-sampai nabi mendahulukan penguburannya.

6. Nabi Muhammad Memerintahkan Kaum Muslimin Memuliakan Penghafal Al Quran


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Abu Musa al Asyari berkata, "Rasulullah bersabda, 'Salah satu wujud pengagungan kepada Allah adalah memuliakan muslim yang sudah tua dan penghafal Al Quran, tanpa melampaui batas dan tidak meremehkan serta memuliakan pemimpin yang adil." (HR. Bukhari, Abu Dawud, Al Baihaqi)

Di samping nabi sendiri yang memuliakan penghafal Al Quran, baliau juga memerintahkan kaum muslimin untuk memuliakan mereka. Tentu saja ini menunjukan betapa istimewa kedudukan penghafal Al Quran di mata Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

7. Penghafal Al Quran Bersama Para Malaikat yang Mulia dan Taat


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Keutamaan membaca al-Quran di bulan Ramadhan yang ketujuh ialah akan bersama para malaikat yang mulia. Dari Aisyah Radiallahuanha, Rasulullah beliau bersabda,

"Orang yang pandai (membaca dan menghafal) Al Quran maka (nanti di akhirat akan dikumpulkan) bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca al Quran dan dia terbata-bata karenanya serta kesusahan maka baginya dua pahala." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kadang orang salah memahami, seolah lebih baik yang terbata-bata karena dapat dua pahala. Padahal yang hafal al Quran sudah bersama para malaikat dan tidak pakai hitungan lagi.

8. Penghafal Al Quran Adalah Mengemban Tugas Allah dan Orang-Orang PilihanNya


Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Sesungguhnya penghafal Al Quran adalah mengemban amanah Allah dalam penjagaan Al Quran. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga telah bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

Selain itu Allah juga telah berfirman dalam Qs. Al-Hijr:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Qs. Al-Hijr: 9)

Di dalam ayat tersebut Allah nyatakan bahwa Ia yang menurunkan Al Quran dan sekaligus menjadi jaminan penjagaannya. Lalu bagaimana caranya Allah menjaga Al Quran? Yaitu dengan dua cara, yang pertama Al Quran tertulis dalam mushaf dan yang kedua Al Quran dihafal dalam ingatan. Jadi jika ada orang yang ingin mengubah ayat atau berusaha mengubahnya pasti akan langsung diketahui. Karena sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam hingga saat ini masih banyak orang yang menghafal Al Quran.

Masih banyak lagi dalil-dalil lainnya yang membahas tentang keutamaan menghafal Al Quran. Misalnya, diberi syafaat oleh Allah, mencerdaskan otak dan lain sebagainya. Yang jelas menghafal al Quran itu tidak akan pernah rugi, kecuali ada niat yang tidak baik, seperti riya' dan tidak ikhlas. Baca juga: cara agar konsisten membaca Al-Qur'an setiap hari

Baik sekian dari kami tentang keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi motivasi bagi kita semua untuk senantiasa semangat dalam menghafal dan mempelajarinya serta mengamalkan isinya. [Referensi: Buku Agar Sehafal Al Fatihah (tips dan trik jitu menghafal Al Quran sekuat hafalan Al Fatihah), Dr. Muslih Abdul Karim MA dengan sedikit perubahan tata letak dan bahasa]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Quran di Bulan Ramadhan

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top