Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Kisah sahabat nabi yang mengharukan- Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita semua nikmat yang begitu besar sehingga sampai saat ini Allah masih mengizinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas di dunia. Seperti yang kita tahu para sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam adalah sebaik-baik generasi dan mereka adalah orang yang paling dekat serta paling banyak berkorban demi Islam. Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

"Sebaik-baik manusia ialah pada generasiku, kemudian generasi berikutnya, kemudian generasi berikutnya." (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 3651, dan Muslim, no. 2533)

Jadi tidaklah heran jika kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk menghormati seluruh sahabat-sahabat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam karena jelas, amalan kita jauh dari mereka dan pengorbanan kita terhadap Islam pun sangat jauh dari para sahabat. Oleh sebab itu menjelang bulan suci Ramadhan, di sini kami ingin merangkum kisah-kisah para sahabat nabi yang sangat mengharukan.

Kumpulan cerita mengharukan yang dialami oleh sahabat nabi di bawah ini diambil dari situs abanaonline.com sendiri. Walaupun kami tidak bisa menuliskan seluruh kisahnya, tapi setidaknya kami sudah memfilter cerita mana saja yang paling menyedihkan serta paling mengharukan. Sehingga kita pun dapat mengambil hikmah dan pelajarannya.

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan


Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Baiklah langsung saja berikut ini kumpulan kisah pilihan para sahabat nabi yang mengharukan untuk dibaca:

1. Kisah Bilal bin Rabbah


Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Siapa sih yang tidak pernah mendengar Kisah Bilal bin Rabah? Kisahnya sudah terkenal dimana-mana. Beliau adalah seorang budak atau hamba sahaya yang berkulit hitam, bahkan paling hitam di antara hamba sahaya di Mekkah. Bilal bin Robbah juga tidak memiliki apa-apa selain ibunya, tidak memiliki kedudukan, bahkan untuk memiliki dirinya sendiri saja tidak bisa.

Nah di situasi yang sangat sulit ini justru Bilal memberanikan diri untuk mengumumkan keislamannya di hadapan majikannya. Padahal saat itu masih sedikit sekali orang-orang muslim yang berani mengumunkan keislamannya di depan orang banyak, malah yang masuk Islam tatkala itu bisa dihitung dengan jari tangan. Tapi Subhanallah Bilal bin Rabah sangat berani, Beliau yakin atas keimanannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan tentu saja semakin orang itu beriman maka semakin besar pula cobaannya.

Seketika itu Bilal langsung dipanggil oleh tuannya yang bernama Umayyah bin Khalaf lalu diberikan berbagai siksaan yang membuat kita bisa menangis bahkan mendengarkan saja kadang gemetar, sebab siksaannya sangatlah berat. Tapi bagi Bilal, seberat apapun siksaan di dunia itu belum apa-apanya dibanding akhirat. Makanya Bilal selalu tabah dan sabar menerima siksaan.

Alhamdulillah kisah sahabat Bilal ini sudah pernah saya ceritakan dengan panjang lebar. Jadi selengkapnya bisa Antum baca di artikel [Kisah Sahabat Bilal bin Rabbah saat Menghadapi Siksaan dari Kafir Quraisy].

2. Kisah Sahabat Salman Al Farisi


Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Kisah sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang mengharukan berikutnya adalah cerita Salman Al Farisi. Berdasarkan perjalanan hidupnya, beliau telah melewati berbagai rintangan dan berbagai cobaan hanya untuk mencari kebenaran. Mulai dari dia masih kecil sampai dia bertemu nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Nah singkat cerita, ia ingin pergi ke Madinah dengan tujuan bertemu nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagaimana yang telah dikabarkan oleh rahib tentang keberadaan nabi terakhir. Tapi dia tidak bisa karena tidak tahu jalannya. Sehingga Salman pun menunggu rombongan pedagang yang ingin pulang ke Madinah.

Setelah 2 tahun menunggu, akhirnya Salman Al Farisi menemukan rombongan tersebut dan Salman meminta izin ingin ikut bersama mereka. Kemudian mereka pun mengizinkannya dengan syarat-syarat tertentu. Apa syaratnya?

Syaratnya adalah Salman harus menyerahkan seluruh harta benda yang ia miliki kepada para pedagang. Tidak pikir panjang Salman pun menyetujui syarat yang diminta oleh mereka. Di tengah perjalanan ternyata Salman ditipu oleh rombongan pedagang yang hendak pergi ke Madinah. Bukannya beliau diantar sampai Madinah, tapi justru Salman Al Farisi malah dijual dan menjadi budak hamba sahaya.

Subhanallah, tidak lama kemudian Allah taala pun tidak tinggal diam. Waktu terus berjalan dan sekian lama beliau merasakan nasibnya sebagai budak, akhirnya Salman dipertemukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dan masih banyak lagi kisah-kisah Salman lainnya yang mengharukan, dan tentunya kisah Salman juga pernah kami tulis di abana online. Silahkan baca: Perjalanan Mengharukan Salman Al Farisi dalam Mencari Kebebaran.

3. Kisah Cinta Sahabat Julaibib yang Mengharukan


Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Yang ketiga ini juga tidak kalah penting. Secara garis besar kisah sahabat Julaibib bercerita tentang cinta namun cinta yang halal bukan cinta yang terlarang. Ya beliau adalah sahabat yang tidak dikenal di dunia namun di akhirat sangat dikenal oleh para malaikat dan penduduk-penduduk langit di atas sana.

Intinya beliau adalah sahabat yang rajin beribadah karena ingin bersama Rasul di Surga. Beliau sudah lama membujang, lalu Rasulullah menikahkan seorang wanita dengan sahabat Julaibib dan tentunya melalui proses yang sangat panjang. Setelah itu akhirnya Julaibib menikah dengan si wanita yang dicarikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Setelah menikah, tidak lama kemudian ada seruan jihad dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Maka tidak pikir panjang, Julaibib pun langsung menuju ke medan perang dan meninggal di sana. Padahal beliau sendiri belum pernah menyentuh sang istri. Masyaallah.

Kisah Julaibib bisa untuk baca di artikel, Kisah Cinta Julaibib yang Mengharukan.

4. Kisah Khabbab bin Arats Sangat Menyedihkan


Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Kisah sahabat yang mengharukan yang terakhir ini adalah kisah Khabbab bin Arats. Sama seperti Bilal bin Rabbah bahkan bisa jadi lebih parah daripada Bilal. Ya beliau juga seorang budak yang sangat pemberani, patuh, pandai dan tegar. Ia rela mempertahankan keimanannya walaupun harus disiksa dengan siksaan yang sedemikian rupa beratnya.

Bayangkan saja beliau disiksa oleh majikannya dengan besi yang sudah dipanaskan dengan api lalu ditempelkan ketubuhnya. Masyaallah, betapa sakitnya siksaan tersebut.

Majikan terus menyiksa sampai Khabab bin Arats mau kembali kepada agama nenek moyang mereka (kafir Quraisy). Tapi Khabbab tetaplah Khabbab, beliau seorang yang tegar, sabar dan tangguh dalam pendiriannya. Yang jelas kisah ini sangat sangat mengharukan jika Antum tidak percaya silahkan baca sendiri di sini: Kisah Sedih Khabab.

Baiklah mungkin itu saja, maaf kami hanya memberikan 4 contoh kisah sahabat nabi yang mengharukan. Namun Sebenarnya masih banyak sekali kisah-kisah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu yang tidak kalah bagus untuk diambil pelajarannya. Salah satunya adalah: Kisah Thalhah bin Ubaidillah, kisah teladan Abu Ubaidah bin Al Jarrah atau kisah Abu Hurairoh yang belajar dalam keadaan lapar dan lain sebagainya yang semua sudah ditulis di sini. Kira-kira ada sekitar 60 kisah sahabat di situs ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

2 Komentar Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

  1. NICE ARTIKEL BOSS,,KISAH KISAH TENTANG ISLAM DULU MEMANG SANGAT BERGUNA BUAT JAMAN SKARANG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukran, semoga kumpulan kisah sahabat ini bisa bermanfaat buat kita semua

      Hapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top