Inilah Manfaat Membaca Al Quran untuk Kecerdasan Manusia

Manfaat membaca Al Quran untuk kecerdasan manusia- Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kurang lebih 4 hari lagi kita akan bertemu bulan suci Ramadhan. Di bulan tersebut Allah akan memuliakan orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa, Allah juga akan melipatgandakan amalan-amalan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Sehingga kesempatan ini tidak boleh disia-siakan dan sebaiknya digunakan untuk perbanyak membaca atau menghafal Al Quran.

 Manfaat Membaca Al Quran untuk Kecerdasan Manusia

Al Quran adalah kitab suci yang sangat agung, di dalamnya terdapat rahasia-rahasia dari Allah subhanahu wa ta'ala. Barang siapa yang menjaga dan mengimaninya tentu mereka adalah orang yang sangat beruntung. Namun sebaliknya  barangsiapa yang tidak beriman dan menjaganya, maka mereka adalah orang yang rugi baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu rahasia Al Quran yang sudah diteliti dan ditemukan oleh para ilmuwan adalah adanya manfaat membaca al-Quran untuk kecerdasan otak manusia. [Baca juga, Keutamaan Membaca dan Menghafal al-Quran di Bulan Ramadhan].

Manfaat Membaca Al Qur'an Untuk Kecerdasan Manusia


Bukti-bukti yang menunjukkan adanya manfaat membaca Al Quran untuk mencerdaskan manusia sangatlah banyak. Mulai dari kesaksian dari para peneliti, sampai pengalaman para ulama-ulama besar dan ilmuwan Islam dahulu. Para pakar ahli di bidang kedokteran menyebutkan bahwasanya membaca dan menghafal Al Quran dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia hingga 80%, apalagi kalau dibaca setelah sholat subuh atau sebelum subuh.

Karena menurut mereka, dengan menghafal Al Quran otak akan semakin terlatih dan bekerja lebih aktif sehingga mampu meningkatkan perkembangan saraf-saraf otaknya. Maka jika demikian tidaklah heran jika Imam Syafi'i, Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan ulama besar lainnya bisa menjadi orang hebat. Karena mereka memang sudah menghafal dan membaca al-quran sejak usia dini.

 Manfaat Membaca Al Quran untuk Kecerdasan Manusia

Belum lagi ilmuwan Islam terkenal seperti Al Khawarizmi, Ibnu Sina dan lain sebagainya. Jadi buat para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya, jangan pernah ragu untuk memasukkan anaknya di lembaga pendidikan Islam yang menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidupnya. Bukan hanya dihafal atau dibaca namun juga diamalkan dan dipraktekkan di kehidupannya sehari-hari.

Terkait metode mendidik anak dan tips menyekolahkan anak sudah banyak dibahas di situs kami, abanaonline.com. [buka daftar isi]

Al Quran Dapat Menenangkan Jiwa


 Manfaat Membaca Al Quran untuk Kecerdasan Manusia

Salah satu yang menopang akan kecerdasan seseorang adalah karena ketenangan jiwanya. Jika hatinya semakin tenang maka akan semakin mudah pula dalam berfikir. Tapi sebaliknya jika ia memiliki hati yang risau, gundah atau yang lainnya maka ia akan semakin sulit untuk berfikir. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya, "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (Qs. Ar Rad: 28)

Subhaanallah, manfaat secara spritual ini memang benar-benar mukjizat dan rahasia besar dari Allah subhanahu wa ta'ala. Bahkan Dr. Ahmad Al Qodhi mengatakan, (kurang lebih kalimatnya seperti ini)

"Membaca Al Quran mampu menciptakan ketenangan psikologis (jiwa), mampu mereduksi ketegangan-ketegangan fisiologis (syaraf) dan bahkan dapat menangkal berbagai bentuk penyakit karena terjadi penurunan kesedihan dan depresi." Subhanaallah

Bukan hanya itu saja, tapi kebenaran ayat Al Quran di atas juga dibuktikan oleh 5 sukarelawan non muslim. Mereka mengukur ketenangan jiwa dengan menggunakan peralatan jenis MEDAQ 2002 (Musical Data Quotient) yang sudah dilengkapi software dan system kedokteran secara elektronik. Dan bagaimana hasilnya?

Responden yang diperdengarkan dengan Al Quran mendapatkan ketenangan jiwa dan penurunan depresi hingga 97%. Sedangkan respondennya mendengarkan musik atau tidak mendengarkan apa apa hanya 35%.

Jadi kesimpulannya membaca Al Quran bisa meningkatkan kecerdasan IQ manusia serta dapat menenangkan jiwa. Baiklah itu saja ulasan dari kami tentang manfaat membaca al Qur'an untuk kecerdasan manusia. Semoga dengan ini kita lebih semangat lagi membaca atau menghafal Al Quran khususnya di bulan suci Ramadhan. Baca juga: Sebab-Sebab Orang Malas Membaca dan Menghafal Al Quran. [sumber al-Quran dan buku, "Agar Sehafal Al Fatihah", Ustadz Muslim MA]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

1 Response to Inilah Manfaat Membaca Al Quran untuk Kecerdasan Manusia

  1. Assalamu'alaikum, berikut saya menuliskan artikel terkait 40 keutamaan menghafal Quran. Mudah-mudahan berkenan untuk saling mengunjungi. Terimakasih.

    http://maryam-qonita.blogspot.co.id/2012/09/40-keutamaan-menghafal-al-quran.html

    BalasHapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top