10 Fakta Lucu Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Kebiasaan anak pondok saat liburan di rumah- Biasanya di penghujung bulan Ramadhan ini para santri akan berlibur di kampung halamannya masing-masing. Mereka akan bertemu dengan keluarganya dan teman-temannya di rumah. Bagi mereka momen-momen seperti ini adalah momen yang sangat langka dan harus diabaikan sampai seumur hidup. :v

Nah di sini abanaonline.com akan membahas secara lengkap terkait apa saja yang dilakukan oleh anak pesantren saat menjelang liburan lebaran dan saat sedang di rumah. Tentunya tulisan kami ini berdasarkan fakta dari pengalaman pribadi dan teman-teman saya waktu di pondok. Yang jelas Insyaallah bisa membuat teman-teman bernostalgia atau minimal senyum-senyum sendiri.

Fakta Fakta Santri Saat Menjelang Liburan/Pulang Kampung


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Kira-kira aktivitas-aktivitas apa saja sih yang sering dilakukan oleh para santri ketika mau liburan?

1. Mengemas-Ngemas Barangnya Sejak 15 Hari Sebelum Liburan


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Saya yakin buat kalian para santri pasti pernah melakukan poin yang pertama ini. Sebab poin ini sudah menjadi kebiasaan wajib yang dilakukan oleh santri-santri pondok, khususnya santri yang masih baru. Misalnya tanggal 30 liburan lebaran, tapi tanggal 15 mereka sudah menyiapkan dan melipat-lipat bajunya untuk dibawa pulang. Sungguh nikmat sekali untuk dikenang. ha ha

2. Mau Pulang Kampung Apa Mau Pindahan Rumah?


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Istilah yang sangat cocok diberikan kepada santri-santri baru di pondok pesantren. Sebagaimana saya dulu, ketika dua pekan menjelang liburan rasanya saya ingin membawa semua barang-barang yang ada di lemari. Saya ingin semua barang masuk ke dalam ransel, koper dan kardus.

Mulai dari buku-buku pelajaran, oleh-oleh dan sampai barang-barang tak berharga pun ikut dibawa. Padahal setelah sampai di rumah buku-buku yang kita bawa tidak pernah disentuh sedikitpun haha.

3. Mendengarkan Nasihat Dari Ustadz/Kiayinya


Salah satu bentuk perhatian seorang guru pada santrinya adalah menitipkan nasehat ketika hendak meninggalkan pondok. Umumnya nasehat itu disampaikan disaat setelah sholat subuh. Namun terkadang apa yang dinasihatkan oleh ustadz-ustadznya malah kurang didengar, karena apa yang ada di pikiran kita itu hanyalah rumah rumah, rumah, rumah dan rumah. Udah tidak sabar banget pingin pulang kampung. haha

4. Merapikan Ranjang dan Mengunci Lemari (Kerjabakti)


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Sebelum meninggalkan pondok pesantren setiap santri diharuskan untuk kerja bakti merapikan ranjang, membersihkan asrama dan tidak lupa untuk mengunci pintu lemari. Aktivitas ini dibarengi dengan hati yang berdebar-debar kencang, rasanya ingin segera melihat teman-teman di kampung halaman, melihat orang tua dan mengamalkan apa yang sudah diperoleh saat di pesantren.

Kebiasaan Santri Saat Di Rumah Halaman


Pembahasan selanjutnya adalah aktivitas-aktivitas paling lucu dan unik saat para santri berada di rumah masing-masing. Em apa saja ya??

1. Keadaan Sudah Berubah


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Kebetulan saya dulu mondok di tempat yang jauh dari kampung sehingga pulangnya pun 1 tahun sekali. Ketika pertama kali sampai rumah, yang saya rasakan adalah pangling dengan keadaan sekitar, "Waah ternyata sudah banyak yang berubah" pikir saya dalam hati.

2. Malu Bermain Dengan Teman Sekampung


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Fakta santri saat liburan selanjutnya adalah malu dengan teman lamanya yang ada di kampung. Padahal dulu akrab sekali dengan mereka, tapi saat sampai di rumah ternyata kita malah malu mau bermain bersama mereka. Bahkan untuk luar rumah saja tidak berani. ha ha

3. Disuruh Kultum


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Mentang-mentang anak pesantren, langsung disuruh kultum oleh pengurus masjid di kampung. haha Bagaimana dengan kamu sob?

4. Banyak Tidur


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Karena kita tidak mau keluar akhirnya memilih di dalam rumah. Apa yang dilakukan? Tidur.

Tapi saya yakin tidak semuanya seperti ini sebab banyak juga yang menghabiskan waktu di rumah untuk mengaji, membantu orang tua dan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat lainnya.

5. Main HP


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Saat sedang liburan serasa bagaikan narapidana yang terlepas dari penjara suci. Jika di pondok tidak boleh membawa HP maka di rumah adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan situasi ini. haha Terkesan nakal ya?

Tapi tenang saja, biasanya para santri kalau lagi mainan HP paling cuman dipakai buat sms-an sama teman-temannya sambil tanya-tanya no santri putri. #eh

6. Hari Begitu Cepat


Kebiasaan Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

"Baru kemarin liburan, tapi kok sudah mau balik lagi? Why?" Itulah yang dulu saya rasakan. Penginnya sih lebih lama lagi, tapi kalau terlambat bisa-bisa didenda sama ustadznya. Ya sudahlah ikuti aja peraturan pesantren. :)

Baca juga: 19 Kebiasaan Unik Santri di Pondok No 4 Paling Sering Terjadi

Nah itulah 10 kebiasaan santri pondok saat menjelang liburan atau sedang berlibur di kampung halamannya. Jika masih ada lagi, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Nb: tulisan ini hanyalah nostalgia dari beberapa pengalaman para santri. Jadi bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan kebiasaan santri. Malah justru menurut kami ini adalah kenangan yang sangat berharga sehingga tidak boleh dilupakan begitu saja.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar 10 Fakta Lucu Santri Saat Akan dan Sedang Liburan Di Rumah

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top