15 Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Adab berpakaian dalam Islam- di antara amalan yang mulia bagi manusia ialah mengikuti akhlak dan adab Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Salah satu adab yang dianjurkan untuk diperhatikan adalah adab memakai pakaian atau etika berpakaian sesuai ajaran agama Islam.

Pakaian tak lepas dari aktivitas kita sehari-hari. Tapi sayangnya sebagian dari kita ada yang luput dan tidak memperhatikan bagaimana cara berpakaian Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, terlebih buat kalangan wanita saat ini. Dimana kebanyakan mereka lebih memilih tampil gaya ala barat dibandingkan berpakaian sesuai syariat Islam.

Oleh sebab itu kali ini abana online akan membahas tentang adab adab berpakaian menurut Islam beserta dalil-dalilnya yang shahih berdasarkan Quran dan Sunnah. Apa saja adab memakai pakaian yang perlu diperhatikan?

Adab Berpakaian Dalam Islam


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Setidaknya kami berhasil merangkum 15 adab berpakaian dalam Islam. Diambil dari kitab panduan lengkap dan praktis adab akhlak Islami, Syaikh Majid Saud Al Ausan.

1. Menutup Aurat Bagi Perempuan dan Laki Laki


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Adab berpakaian utama adalah menutup aurat. Poin ini sudah menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terutama bagi kaum wanita, mereka harus memanjangkan pakaiannya dari atas ujung rambut sampai menutupi mata kaki kecuali wajah dan telapak tangan.

Itu supaya dijauhkan oleh Allah dari berbagai fitnah dunia. Sebagaimana firmanNya dalam Qs. Al Ahzab 39

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Qs. Al-Ahzaab/33: 59)

2. Mengenakan Pakaian yang Mudah


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Yang dimaksud dari mengenakan pakaian yang mudah adalah dianjurkan bagi setiap muslim agar menggunakan pakaian yang mudah dikenakan. Bukan malah memakai pakaian yang ribet dan mengandung unsur jahiliyah atau menyerupai orang kafir.

Seperti hari ini, ada beberapa pakaian yang sangat rumit untuk digunakan. Bahkan untuk memakainya saja dibutuhkan waktu lama sekitar 10-30 menit.

3. Memakai Pakaian Gamis


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Pakaian yang paling disukai Nabi adalah gamis yang menutupi hingga pergelangan tangan. Berlaku untuk laki laki maupun wanita. Tapi anehnya hari ini ada sebagian kelompok yang membenci dan mencela pakaian gamis.

Hadits Ummu Salamah radhiyallahu anha, ia berkata,

كَانَ أَحَبَّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْقَمِيصُ

"Pakaian yang paling dan sangat disukai oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah gamis." (HR. Tirmidzi no. 1762 dan Abu Daud no. 4025. Al Hafizh Abu Thohir berkata bahwa hadits ini hasan)

4. Laki laki Tidak Boleh Menyerupai Wanita dalam Berpakaian


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Hukumnya haram bagi kaum laki laki menyerupai wanita dalam hal berpakaian, begitu juga sebaliknya. Perempuan menyerupai laki laki. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

"Rasulullah melaknat para laki laki yang menyerupai kaum wanita (dalam berpakaian) dan kaum wanita yang menyerupai kaum laki laki (dalam berpakaian)." (HR. Bukhari)

Betapa banyak hari ini stasiun televisi yang menayangkan seorang laki-laki memakai pakaian perempuan dan sebaliknya seorang perempuan memakai pakaian laki-laki. Siapa pun kita yang mengaku beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala diharamkan untuk mengikuti mereka agar dijauhkan dari laknat Allah ta'ala.

5. Menampakkan Nikmat Allah


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Disunnahkan menampakkan nikmat Allah dalam berpakaian dan semacamnya, berdasarkan hadits Abu Al Ahwash dari bapaknya, dia berkata, "Aku pernah datang kepada Nabi dengan mengenakan pakaian yang murahan (jelek), maka Nabi bersabda, 'Apakah engkau memiliki harta?' Dia menjawab, 'Ya.' Beliau bertanya, 'Dari (jenis) harta apa?' Dia menjawab, 'Sungguh Allah telah memberiku (harta) berupa unta, kambing, kuda dan budak.'

Maka beliau bersabda, 'Maka apabila Allah telah memberimu harta , hendaklah ditampakkan bekas nikmat dan karomah Allah itu pada dirimu." (HR. Abu Dawud)

6. Haram Menjulurkan Pakaian


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Seorang muslim dilarang menjulurkan pakaian celananya sampai melewati kedua mata kakinya apalagi menjulurkan pakaian dengan niat untuk menyombongkan diri atau angkuh. Hal itu diharamkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Sebagaimana sabda beliau,

لاَ يَنْظُرُ اللَّهُ إِلَى مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلاَءَ

"Allah tidak akan melihat pada hari kiamat (kepada) orang yang menyeret sarungnya (melebihi mata kakinya) sebagai suatu kesombongan" (HR. Muslim no. 5576)

7. Haram Pakaian yang Bergambar Makhluk Hidup dan Bersalib


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Seorang muslim yang beriman diharamkan mengenakan pakaian yang ada gambar makhluk hidup serta gambar salib. Dari al Qasim, dari Aisyah, "Bahwasannya dia (Aisyah) pernah membeli sebuah bantal yang ada gambar padanya, maka Nabi berdiri di pintu dan tidak mau masuk. Maka aku (Aisyah) berkata, 'Aku bertaubat kepada Allah dari perbuatan dosa yang aku lakukan .' Beliau bersabda, 'Bantal apa ini?'

Aku (Aisyah) menjawab, 'Untuk anda duduk dan bersandar dengannya.' Beliau bersabda, 'Sesungguhnya orang orang yang membuat gambar gambar itu kelak akan diadzab di hari kiamat, akan dikatakan kepada mereka, "Hidupkanlah apa yang telah kalian ciptakan itu." dan sesungguhnya para malaikat tidak akan masuk ke sebuah rumah yang di dalamnya ada sebuah gambar (makhluk hidup)." (HR. Bukhari 5957 dan Muslim 2107)

8. Haram Mengenakan Pakaian Popularitas


Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang mengenakan pakaian popularitas di dunia, niscaya Allah akan mengenakannya pakaian kehinaan pada hari kiamat." (HR. Ahmad)

Imam Ibnu Taimiyah berkata, "Pakaian popularitas adalah suatu yang dibenci, yaitu pakaian untuk mengangkat diri lebih dari kebiasaan (yang digunakan oleh masyarakat setempat) dan yang lebih rendah keluar dari kebiasaan masyarakat, di mana salafushalih membenci kedua bentuk popularitas tersebut, yang lebih tinggi atau yang lebih rendah dari adat kebiasaan." [Majmu Fatawa Ibnu Taimiyah, Darul Wafa]

9. Haram Mengenakan Emas atau Sutra Bagi Laki Laki


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Adab berpakaian yang ke-9 dalam Islam ialah haram memakai sutra atau emas. Larangan ini diperuntukkan bagi laki laki, kecuali jika ada unsur syari maka diperbolehkan. Dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata,

إِنَّ هذَيْنِ حَرَامٌ عَلَى ذُكُوْرِ أَمَّتِي

"Sesungguhnya Nabi Allah (Muhammad) telah mengambil sutra lalu meletakkannya di tangan kanan beliau, dan juga mengambil emas lalu diletakkan di tangan kiri beliau, kemudian beliau bersabda, 'Sesungguhnya kedua barang ini adalah haram atas kaum laki laki umatku." HR. Abu Dawud no. 4057 dishohihkan oleh Al Albani 3422.

10. Memendekkan Pakaian (kaum laki laki) dan Memanjangkan (kaum wanita)


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Dianjurkan agar kaum muslim laki laki memendekkan pakaian dan bagi kaum perempuan agar memanjangkan pakaiannya hingga menutupi semua auratnya. Seperti yang sudah ditulis pada poin 1 dan poin 7.

11. Mendahulukan Bagian Kanan Saat Memakai Baju dan Celana


Segala sesuatu yang baik adalah dimulai dari yang kanan, Rasulullah telah menganjurkan bahkan disunnahkan agar mendahulukan bagian kanan. Termasuk saat memakai pakaian, seperti celana, baju dan lain sebagainya.

Berdasarkan hadits dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ التَّيَمُّنَ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ.

"Adalah Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam menyukai dengan mendahulukan bagian kanan saat memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam semua urusannya." [HR. Al-Bukhari no. 168 dan Muslim no. 268 (67)]

12. Berdoa Ketika Memakai Pakaian Baru


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Apabila kalian mengenakan pakaian yang baru maka disunnahkan untuk berdoa. Berikut ini doa ketika berpakaian yang baru,

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَه،ُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ ماَ صُنِعَ لَهُ

"Ya Allah, segala puji bagiMu, Engkau telah memberiku pakaian ini, aku mohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang dijadikan untuknya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang dijadikan untuknya." (HR. Tirmidzi 1767 dan Abu Dawud no. 4020 dishohihkan oleh Al Bani)

13. Mendoakan Orang yang Berpakaian Baru


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Salah satu sunnah dari Nabi adalah mendoakan teman kita yang sedang mengenakan pakaian baru dengan mengucapkan,

اِلْبَسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا

"Pakailah pakaian baru, hiduplah dengan kehidupan yang terpuji dan matilah sebagai seorang syahid." (HR. Imam Ahmad 5588 dishahihkan oleh Al Albani 2879)

Selain itu disunnahkan pula untuk mengenakan pakaian yang berwarna putih, karena Nabi telah bersabda, "Pakailah pakaian kalian yang putih, karena itu adalah pakaian kalian yang paling baik dan kafankanlah pula orang yang meninggal dunia di antara kalian dengannya...." HR. Abu Dawud 4061.

Itulah doa ketika melihat teman memakai pakaian baru.

14. Larangan Berpakaian yang Berwarna Kuning dan Merah Sempurna


Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Nabi melarang kita kaum muslimin mengenakan pakaian yang dicelup kuning dan juga pakaian yang berwarna merah sempurna (mencolok). Beliau telah bersabda,

إِنَّ هَذِهِ مِنْ ثِيَابِ الْكُفَّارِ فَلاَ تَلْبَسْهَا

"Sesungguhnya pakaian ini (warna kuning dan merah sempurna) termasuk pakaian orang orang kafir, maka janganlah engkau mengenakannya." [HR. Muslim No. 2077]

15. Menggunakan Minyak Wangi


Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam merupakan orang yang paling wangi aromanya. Maka dari itu beliau telah menyunnahkan agar kaum muslimin kalangan laki laki untuk menggunakan minyak wangi. Anas berkata,

"Aku (sama sekali) tidak pernah menyentuh sutra tipis dan tidak pula sutra tebal yang lebih lembut daripada telapak tangan Nabi dan aku juga sama sekali tidak pernah mencium aroma atau wangi tubuh yang lebih baik daripada aroma atau wangi tubuh Nabi." HR. Bukhari No 3561.

Itulah 15 adab berpakaian dalam Islam beserta dalil-dalil shohih dari Al Quran dan hadits Rosululloh solallohu alaihi wasallam. Semoga tulisan ini bermanfaat buat saudaraku seiman yang ingin memperbaiki akhlak dan adab saat hendak memakai pakaian. [Muntaq Al Adab Asyariah, Panduan Adab dan Akhlak Islam, Majid Saud Al Ausyan, Darul Haq, 02-2014. Dengan banyak perubahan dari segi bahasa dan tata letak]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar 15 Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya yang Shahih

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top