EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK

Download ebook gratis standar adab anak di kelas- Assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh, pembaca abanaonline.com yang kami hormati. Di sini kami akan kembali membagikan file PDF untuk media belajar anak-anak di sekolah lembaga Islam. E-Book PDF ini kami beri judul "Standar Adab Anak Ketika Menuntut Ilmu untuk Setingkat SD SDIT atau SMP".

Apa tujuan dari kitab PDF ini?


EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK

Kami menyusun tulisan ini karena melihat banyaknya guru-guru di sebuah lembaga Islam yang belum tahu bagaimana standar adab anak-anak yang harus diterapkan ketika mereka menuntut ilmu di kelas. Baik ketika belajar maupun adab terhadap guru. Misalnya, guru membiarkan anak-anak keluar tanpa izin atau membiarkan anak-anak menaiki meja dan kursi.

Padahal guru dituntut untuk memperbaiki adab pada anak. Sebab ulama-ulama terdahulu lebih banyak mempelajari adab dibandingkan ilmu atau belajar adab sebelum belajar ilmu. Imam Malik rahimahullah berkata,

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

"Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu"

Tapi, kita tidak boleh menyalahkan 100% kepada guru tersebut. Kita harus husnudzon (berprasangka baik) barangkali guru tersebut belum mengetahui ilmunya kalau keluar tanpa izin itu adalah bukan adab yang baik. Oleh sebab itu kami merangkum adab-adab menuntut ilmu yang ditujukan khusus untuk sekolah setingkat TK, SDIT maupun SMP.

Kesimpulannya: kami menulis ebook PDF ini bertujuan supaya guru-guru mengetahui apa saja adab-adab yang perlu diterapkan kepada anak-anak tingkat SDIT atau TK.

Kenapa harus mendownload ebook PDF dari kami?


EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK

Kelebihan dari ebook ini adalah ditulis berdasarkan penelitian kami selama mengajar, kami telah meneliti kebiasaan-kebiasaan anak yang sering lakukan saat di kelas. Sehingga kami menulis ini berdasarkan adab-adab yang sering dilanggar oleh anak-anak ketika di sekolah. Terutama saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Lalu agar isinya sesuai dengan Alquran dan Sunnah, kami pun mengambil referensi dari Kitab ulama yang berjudul, Muntaq Al Adab Asy-Syar'iyyah, Majid Saud Al-Ausan.

Contoh Susunan Ebook Ini


EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK
EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK

Adapun untuk susunan ebook, bisa Antum lihat di bawah ini:

BAB "Adab Terhadap Guru"

1. Adab berbicara dengan gurunya

[penjelasan sesuai kitab ulama, dalil atau lain lain]

Poin yang harus diajarkan pada anak:

  • Anak diajarkan untuk berbicara bergantian.
  • Anak diajarkan angkat tangan sebelum bertanya.
  • Murid diajarkan agar tidak mengangkat suara lebih keras dibanding gurunya.
  • Anak dilarang berkata kotor di hadapan guru.
  • Dll
Nah itulah contoh susunan dari isi ebook ini. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di atas.

Download Ebook Standar Tolak Ukur Adab Anak Ketika di Sekolah Untuk Anak SD SDIT atau TK


Kami bagikan ebook ini secara gratis Silahkan Antum download langsung  pada link biru di bawah ini.


Namun tentu saja kitab PDF ini masih jauh dari kata sempurna. Isinya pun sangat ringkas hanya ada 8/9 halaman. Jadi sebelum kami tutup, kami mohon kepada teman-teman untuk memberi masukan Apabila ada yang kurang atau tambahan terkait adab adab yang biasa dilanggar oleh anak anak di sekolah. Wassalamualaikum Warah Matullahi Wabarakatuh. [Selanjutnya kami akan menuliskan standar adab adab anak sebelum belajar, seperti berwudhu, pakai minyak wangi dan lain lain. Segera hadir Insyaallah]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar EBook PDF: Tolak Ukur Adab Anak Ketika Di Kelas Untuk SDIT dan TK

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top