9 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah Menurut Islam

Kewajiban anak di rumah- Anak merupakan investasi orang tua yang sangat berharga, baik di dunia maupun di akhirat. Mulai dari penyejuk pandangan mata, pemberi mahkota di surga, mendoakan orang tuanya saat meninggal dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga bisa dikatakan sebuah rumah tangga belumlah lengkap jika belum ada anak.

Bila kita sudah dikaruniai anak, maka tugas orang tua ialah mengarahkan pada anak terkait hak dan kewajibannya saat di rumah. Sebab Allah sudah memberikan amanah pada kita untuk menjaga dan mendidiknya dengan baik.

Kita harus berusaha membesarkannya hingga anak anak tumbuh dewasa dengan baik dan berakhlak mulia. Salah satu akhlak mulia adalah memperhatikan hak hak anak di rumah.

Kewajiban Anak di Rumah


Kewajiban anak di rumah di bawah ini bisa menumbuhkan karakter dan akhlak yang baik bagi si anak. Dan sebenarnya ada banyak sekali hak hak yang harus dipenuhi oleh setiap anak ketika di rumah. Namun abanaonline.com hanya merangkum kewajiban-kewajiban yang paling penting dan utama.

1. Membantu Orangtua


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Tentu saja kewajiban anak dirumah yang utama dan pertama adalah membantu kedua orang tua atau bisa diterjemahkan berbakti kepada orang tua. Dalam Islam sendiri sangat menganjurkan untuk berbakti kepada orang tua. Misalnya membantu pekerjaannya, mendengarkan perintahnya dan tidak menyakiti hatinya.

Apa saja yang diperintahkan oleh orang tua harus kita taati dan patuhi, kecuali jika orang tua memerintahkan kepada kemaksiatan. Nabi Shallallahualaihi wa sallam bersabda:

لاَطَاعَةَ لِمَخْلُوْقٍ فِى مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ

"Tidak ada ketaatan bagi seorang hamba ketika diperintah untuk bermaksiat kepada Allah" (HR.at-Tirmidzi)

Kewajiban dasar di atas harus diajarkan pada anak sejak dini agar kelak dewasa ia terbiasa membantu siapapun yang membutuhkan.

2. Membersihkan Rumah


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Sebenarnya membersihkan rumah termasuk membantu orangtua dalam meringankan pekerjaannya. Tapi kami pisahkan karena poin ini sangat penting. Membiasakan membersihkan rumah akan melatih kemandirian si anak.

Jadi sebaiknya seorang anak diajarkan agar tidak hanya bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun menjaga kebersihan rumah juga wajib ditanamkan pada anak. Katakanlah padanya, "Nak, menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban dan tanggung jawab kamu juga".

3. Belajar Di Rumahnya


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Belajar di rumah merupakan kewajiban seorang anak apabila sudah menginjakkan kakinya di bangku sekolah TK, SD sampai SMA. Sebab jika sudah kuliah biasanya di kontrakan bersama temannya.

Selain itu kewajiban anak di rumah yang ketiga ini juga tergolong kewajiban terhadap Allah. Setiap orangtua hendaknya menemani dan mengarahkan anaknya terhadap tanggung jawabnya. Contohnya mengerjakan tugas sekolah, belajar membaca Al Quran atau tugas lainnya.

Tapi intinya anak harus dipahamkan jika saatnya bermain maka bermain dan jika saatnya belajar maka belajar (disiplin). Terutama belajar agama demi kebaikan masa depan. Meski di sekolah sudah ada materi pelajaran agama namun orangtua tidak boleh lepas tangan begitu saja untuk mengajarkan agama Islam yang baik kepada anak.

Karena belajar agama bisa membentengi anak dari kenakalan remaja, menghindari pergaulan bebas kelak saat dewasa dan masih banyak lagi yang lainnya. Apa saja ilmu agama yang harus diajarkan?

Untuk anak usia dini sebaiknya diajarkan tentang adab-adab Islam, kisah kisah islami, tentang 6 rukun iman, membaca al-quran dan mentadaburinya serta penghafal doa-doa Islami. Lebih lengkapnya baca:


4. Mandiri


Seorang anak harus menjadi pribadi yang mandiri, tidak manja dan tidak bergantung pada orang lain. Tentunya kita mulai mengajarkannya agar bertanggung jawab atas segala yang ia kerjakan dan membimbingnya melakukan perannya di rumah.

Baca: Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Cengeng

5. Bangun Pagi


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Salah satu kewajiban anak yang dapat menumbuhkan karakter mulia ialah bangun pagi. Hal ini berlaku bagi yang sudah sekolah maupun yang belum sekolah. Tujuannya agar mereka bisa beraktivitas mulai pagi hari dan mengambil berkahnya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya." (HR. Abu Dawud 2239)

Selain di atas masih ada lagi manfaat-manfaat bangun pagi. Yaitu melatih kedisiplinan, menyegarkan badan dan memberikan semangat untuk melakukan aktivitas aktivitas di siang hari.

6. Membereskan Kamar


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Setelah mengajarkan bangun pagi, selanjutnya adalah mengajarkan anak untuk membereskan kamarnya sendiri. Sehingga anak akan memahami bahwa membereskan kamar adalah kewajiban dan tanggung jawabnya di rumah. Dengan begitu ia tidak akan mengandalkan orangtuanya lagi untuk membereskan kamarnya.

7. Berpakaian Rapi


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Hak anak dirumah yang ketujuh ini juga sangat penting untuk ditanamkan pada anak sejak dini. Berpakaian rapi merupakan cermin pribadi yang baik. Dan untuk melatih supaya ia terbiasa hidup rapi dan bersih dalam setiap keadaan. Terlebih lagi saat momen resmi seperti di sekolah, di tempat umum dan di masjid. Bila anak sudah terbiasa rapi maka akan memberikan kesan yang baik di mata orang lain yang melihatnya.

8. Meminta Izin Orangtua


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Meminta izin dalam segala hal merupakan kewajiban anak. Anak tidak boleh keluar rumah tanpa izin orang tuanya. Hal ini untuk menghindari pergaulan bebas di luar rumah. Misalnya pacaran atau judi bersama temannya.

Sebaiknya orang tua mendidiknya sejak kecil. Ajarkan bagaimana caranya meminta izin yang baik. Ajarkan kapan harus izin dan berilah kepercayaan pada diri anak bahwa anda bukanlah orangtua yang over protektif. Namun semua demi kebaikannya.

9. Menghormati Sesama Anggota Keluarga


 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Cara mengajarkan anak agar bisa menyayangi dan menghormati anggota keluarganya ialah dengan membuatnya merasakan kasih sayang. Sehingga ia akan bertoleransi dan memiliki rasa empati serta kasih sayang pada saudaranya. Misal pada adiknya dan kakaknya atau anggota keluarga yang lain.

Nabi shallallahualaihi wa sallam bersabda kepada Muadz bin Jabal Radhiyallahuanhu:

وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَن

"Pergaulilah orang dengan akhlak yang baik" [HR.Tirmidzi]

Baca juga: Motivasi Orang Tua Untuk Mendidik Anak Secara Islami

Itulah 9 poin kewajiban anak saat di rumah yang harus diamalkan dan ditanamkan sejak dini oleh orang tua. Bila anak sudah dewasa kelak ia terbiasa melakukan kewajiban tersebut dengan baik dan ikhlas tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Insyaallah dengan begitu akan menjadi bekal yang baik untuk pembentukan karakter dan masa depannya nanti.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar 9 Hak dan Kewajiban Anak di Rumah Menurut Islam

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top