Kumpulan Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Kata bijak untuk orang tua dalam mendidik anak- Ketika sedang mendidik anak di kelas maupun di rumah kadang seorang guru atau orang tua membutuhkan sebuah kata-kata yang indah untuk menumbuhkan semangat baru pada diri kita.

Kata-kata bijak terbaik adalah yang berasal dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya Radiallahuanhum. Sehingga nanti kami di sini juga akan menulis beberapa perkataan nabi dan para sahabat yang sangat bijak dalam mendidik anak.

Disamping itu kami juga akan melampirkan kata-kata bijak yang berasal dari generasi generasi sebelumnya. Baiklah langsung saja berikut kata-kata bijak untuk orang tua ketika mendidik anaknya.

Kumpulan Kata Bijak Untuk Orang Tua dalam Mendidik Anak Lengkap


Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak Agar Kembali Semangat

Supaya apa yang kita sampaikan berkesan pada diri anak. Supaya apa yang kita ajarkan benar-benar berasal dari semangat dan motivasi diri kita. Supaya para orang tua benar benar sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan dalam mendidik anak. Silahkan Ayah Bunda renungi kata-kata mutiara dalam mendidik anak berikut ini:

Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkannya. (HR Bukhari)
Sesungguhnya para ulama itu merupakan pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan Dinar maupun Dirham, melainkan mereka hanya mewariskan ilmu. Jadi barang siapa yang mengambilnya berarti dia telah mengambil bagian yang sangat banyak. HR. Abu Dawud

..............Khalifah Harun Ar Rasyid............

Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak Agar Kembali Semangat

Saat engkau diamanahi jiwa dan buah hatinya. Maka, bentangkan segera tanganmu untuknya selapang-lapangnya dan kepadamu dia wajib taat. 
Bacakan untuknya al Quran, ajarkan sejarah, untaikan syair-syair dan ajarkan sunnah. 
Buatlah dia mampu mengetahui posisi pembicaraan dan permulaannya. Laranglah ia dari tertawa kecuali pada waktunya. 
Jangan sampai ada waktu yang berlalu padamu kecuali kamu telah memberikan faedah baginya. Jangan menjauh di waktu lapangnya, sehingga dia merasakan manisnya waktu kosong dan membuatnya terbiasa dengannya.
Luruskan ia semampumu dengan cara mendekat dan lembut. Jika dengan dua cara itu dia tetap tidak baik maka gunakan cara yang keras." [Khalifah Harun Ar Rasyid, Ibnu Khaldun dalam Muqaddimahnya]
......................***********......................
Wahai para Ibu, ajarkanlah Anak anakmu membantu rumah tanggamu sejak dini, selain dari sunnah Nabi, kelak istrinya juga akan berterima kasih kepadamu. (Yasmin Mogahead, Penulis di Mesir)

Sama sekali aku tidak pernah makan bersama ibuku karena aku takut jika aku memakan makanan yang telah diliriknya itu berarti aku telah mendurhakainya. (Ali bin Husain)
Hal penting yang perlu didengarkan oleh anak-anak kita di zaman ini adalah doa orang tua mereka untuk kemudahan dan kesuksesan putra-putrinya dunia maupun akhirat. Karena ini adalah sebab datangnya taufik, ketenangan, dan bertambahnya cinta dan kasih sayang anak pada orang tua. Syekh Muhammad Sholeh Munajjid (Ulama Saudi Modern)
Jika Allah mengizinkan anda untuk memberikan anak hadiah, berikanlah sebuah semangat.
Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil, sebab ketika kecil lebih mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan, terutama di zaman seperti ini. (Hamka)
Jika anda terlalu sibuk untuk bekerja, maka ketahuilah anak-anak hanya memiliki masa kecil hanya sekali dalam seumur hidup.
Satu cara paling penting dalam membantu anak kita dewasa adalah kita harus tumbuh dewasa terlebih dahulu.
Sementara kita berusaha mengajari anak-anak kita tentang pendidikan yang baik namun dilain sisi kita juga belajar dari kehidupan mereka.
Salah satu hal terbaik yang dapat anda berikan kepada anak selain hadiah adalah contoh yang baik dari kedua orang tuanya.
Anak merupakan karunia untuk zaman yang akan datang, bukan untuk zaman kita saat ini. Jika salah dalam mendidik, maka perbuatan anaknya akan seperti kita saat ini atau bahkan lebih buruk lagi.
Anak-anakmu lebih butuh kehadiranmu daripada hadiahmu, Jangan Kau terlalu sibuk pada dirimu saja.
Kau bisa saja belajar banyak dari anak-anak. Misalnya seberapa sabar dirimu saat mendidik anak.
Setiap anak terlahir dalam keadaan Islam beriman, masalahnya adalah bagaimana supaya dia tetap menjadi beriman saat tumbuh dewasa.
Salah satu cara terbaik dalam menasehati anak-anakmu adalah mengetahui apa yang mereka inginkan lalu nasehatilah mereka sebagaimana mestinya.
Biarlah diri kita berjuang dan berlelah-lelahan mendidik anak hari ini, agar mereka mempunyai masa depan yang lebih baik.
Betapa banyak seorang ayah yang tidak mencintai anaknya, tetapi hampir tidak ditemukan seorang kakak yang tidak mengagumi cucunya.
Akhirnya itu saja kumpulan kata mutiara untuk orang tua dalam mendidik anaknya. Lagi-lagi anak adalah generasi masa depan dan semua yang ada pada mereka ada di pundak kita. Jadi didiklah anak kita dengan sebaik-baik pendidikan dan sebaik-baik kurikulum.

Kurikulum terbaik adalah kurikulum yang sudah banyak kami tulis di situs sini. Kurikulum Kuttab dan Madrasah. Kedua kurikulum tersebut berasal dari langit kepada nabi kita Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

Sekian dari kami semoga kata bijak untuk orang tua supaya termotivasi mendidik anak diatas dapat membuka mata para penyidik untuk terus semangat dan berjuang demi generasi Gemilang.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Kumpulan Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top