11 Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

Cara cepat menghafal Al Quran 30 Juz- Siapa sih yang tidak ingin menjadi keluarga Allah di Surga? Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ قَالُوا : مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: أَهْلُ الْقُرْآنِ هُمْ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

"Sesungguhnya Allah memiliki keluarga di antara manusia. Lalu para sahabat bertanya, 'Siapakah mereka ya Rasulullah?' Rasulullah menjawab, 'Yaitu para ahli Al Qur'an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihanNya" (HR. Ahmad)

Menjadi keluarga Allah di Surga merupakan satu dari sekian banyak keutamaan yang diberikan Allah kepada penghafal Al Qur'an dan yang mengamalkannya. Karena sebenarnya masih banyak sekali fadhilah menghafal Al Quran.

Sebagai seorang muslim tentu tidak ingin kesempatan ini lewat begitu saja. Maka dari itu kita pun harus bisa menghafal al quran 30 juz dan mengamalkannya. Lalu bagaimana caranya supaya mudah menghafal 30 Juz dari Al-Qur'an?

Menghafal Al Quran 30 juz itu mudah sekali. Di sini abanaonline.com akan berbagi cara agar bisa cepat menghafal al-Quran 30 juz untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak anak sudah pernah kami tulis di artikel, 8 Cara Cepat Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini.

Cara Menghafal Al Quran 30 Juz Dengan Cepat


Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

Seperti yang kami katakan di atas kalau menghafal Al Quran itu mudah, Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Artinya, "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (Qs. Qs. Al Qomar ayat 17, 22, 32 dan 40)

Berikut ini ada 11 poin cara yang harus kalian perhatikan supaya bisa cepat menghafal Quran:

1. Niat Karena Allah atau Ikhlas


Cara Menghafal Al Quran 30 Juz

Seperti hadits Nabi yang tertulis di kitab Arba'in an Nawawi bahwa niat adalah poin penting dalam segala amal. Maka dari itu kami letakkan di awal. Karena segala perbuatan haruslah di mulai dari niat.

Niat ada di hati kita, tidak terlihat, mudah diucap namun sulit dijaga. Mengapa sulit dijaga? Karena niat bisa berubah rubah. Dan seyogyanya menghafal al Quran harus lah niat karena Allah semata bukan yang lain. Apa yang disandarkan kepada Allah pasti dipermudah.

2. Yakin Kalau Kita Bisa Menjadi Penghafal Al Quran 30 Juz


Cara cepat menghafal al Quran 30 juz yang kedua adalah yakin. Bagi kami yakin merupakan modal terpenting sebelum memulai menghafal. Jangan pernah ragu dan katakanlah, "Saya pasti bisa menghafal al Quran 30 juz!".

Bacalah kisah kisah penghafal Al Quran agar bisa menguatkan keyakinan anda. Bukankah sudah banyak sekali kisah kisah hebat dari mereka? Misalnya seorang ibu rumah tangga yang menghafal 30 juz dalam waktu 1 bulan di bulan Ramadhon. Ada juga seorang ibu rumah tangga yang sibuk dan bisa menghafalkan Al Quran 30 juz hanya dalam waktu 3/4 bulan.

Jadi Jika mereka bisa kenapa kita tidak bisa?

3. Usaha dan Doa Supaya Dipercepat dalam Menghafal Al Quran


Setelah niat dan yakin untuk menghafal, poin selanjutnya adalah usaha. Tidak mungkin tanpa usaha kita langsung bisa hafal quran. Jika begitu sejagat raya bisa saja menjadi penghafal 30 juz dari al quran.

Untuk itu usaha sangatlah penting. Namun jangan lupa juga di samping usaha kita juga harus perbanyak doa. Karena usaha tanpa doa berarti sombong. Ia tidak melibatkan Allah dalam usaha kita. Padahal Allah lah yang akan membantu kita dalam menyelesaikan hafalan.

4. Menghafal Ketika Masih Usia Muda


Cara Mudah Menghafal Al Quran 30 Juz

Bagi antum yang masih muda inilah kesempatan emas untuk memulai menghafal quran 30 juz. Sebab di usia muda memori otak masih belum banyak virus sehingga akan sangat mudah menyimpan hafalan quran. Jangan menunggu tua yang nantinya akan mulai banyak kesibukan sehingga otak sudah mulai sulit mencerna segala ingatan.

5. Tidak Banyak Makan dan Bercanda


Bercanda atau bersenda gurau yang berlebihan akan mengeraskan hati seorang muslim yang taat. Sehingga ketika hati seseorang sudah keras maka untuk beramal sholih akan sangat berat. Untuk menghafal quran juga sangat berat. Selain itu banyak makan juga tidak diperbolehkan.

Karena membuat kita menjadi malas beramal. Perut dalam keadaan terlalu kenyang tidaklah baik. Jadi bagi anda yang ingin hafidz quran, lakukan tips tersebut. Jangan banyak makan dan jangan banyak bergurau.

6. Sedikit Tapi Istiqomah dan Lancar


Cara mudah menghafal Al Quran yang ke-6 adalah Istiqomah. Hendaknya kita menghafal dalam setiap harinya dan istiqomah jauh lebih baik daripada menghafal banyak tapi jarang.

Bacalah sedikit demi sedikit. Misal dalam sehari bisa menghafal satu halaman, namun itu sering diulang ulang sampai benar benar mutqin (kuat). Jangan hari ini menghafal 2 halaman lalu besok tidak lagi menghafal.

7. Sediakan Waktu Khusus


Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

Sebagaimana yang telah kami bahas di tulisan, Cara Agar Konsisten Membaca Al Quran Tiap Hari. Bahwa salah satu cara cepat menghafal Alquran dan istiqomah menyediakan waktu khusus yang prima. Untuk menjadikan ayat ayat quran melekat di hati kita, mendarah daging di tubuh kita maka anda harus punya waktu khusus untuk berdua saja dengan al Quran.

Misalnya dalam sehari kita wajib menyediakan waktu satu jam khusus untuk bersama Al-Quran tanpa ada yang mengganggunya. Maka Insyaallah jika ditekuni, Al-Quran bisa mendarah daging di otak kita dan jadilah kita hafidz Quran yang mutqin.

8. Jauhi Maksiat


Poin yang kedelapan adalah menjauhi segala bentuk maksiat. Orang yang getol dalam dunia kemaksiatan ia akan kesulitan ketika menghafal quran. Kalau saja sudah memiliki hafalan quran lalu hafalannya hilang atau kesusahan maka jangan salahkan siapapun kecuali diri anda sendiri, Apakah anda melakukan maksiat hari ini atau tidak?.

9. Gunakan Satu Mushaf Saja


Kami sarankan dalam menghafal Quran harus memakai 1 mushaf, yaitu Utsmani. Dan jangan pernah sering mengganti mushaf. Karena hal itu akan merusak citra memori kita yang sudah terisi hafalan quran dengan menggunakan mushaf sebelumnya. Ini juga poin penting maka dari itu untuk menuju suksesnya menghafal quran jangan mengganti mushaf. Cukup satu mushaf untuk selamanya.

10. Tinggalkan HP Jika Tidak Ada Kebutuhan


Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

Inilah problematika kita hari ini, di mana manusia lebih cinta HP dibandingkan Al Quran. Kehilangan waktu menghafal al quran lebih ia relakan dibandingkan kehilangan waktunya untuk HP. Pada tulisan [Mengapa Saya Malas Membaca Al-Qur'an?] sudah kami jelaskan bahwa salah satu faktor malas menghafal Al-Quran adalah terlalu sibuk dengan gadget.

11. Jangan Malas Muraja'ah


Poin terakhir inilah yang paling sulit. Karena banyak sekali orang yang hafal quran tapi dia lupa lagi dengan apa yang pernah dihafalnya. Hal itu disebabkan karena malasnya mengulang atau memurajaah hafalannya.

Jadi meski sudah hafal 30 juz sekalipun tetap harus rajin mengulang/ murajaah agar hafalan tersebut tidak hilang satu persatu. Sangat disayangkan sekali jika dulu berusaha keras untuk mendapatkan hafalan akan tetapi pada akhirnya hilang hanya karena kita malas murajaah.

Nah itu poin-poin penting sebelum menghafal Al Quran 30 juz. Tulisan ini berdasarkan masukan dari guru kami di pondok. Disamping itu saya juga mengambil dari buku bacaan tentang cara cepat menghafal Al Quran 30 juz untuk semua usia.

Semoga senantisa mendapat kemudahan dari Allah untuk menghafal kalamnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh (Abu Zaid).
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar 11 Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top