Naskah Drama 4 Orang Tentang Lingkungan Sekolah

Naskah drama 4 orang tentang lingkungan sekolah- Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada artikel sebelumnya kami sudah pernah menulis naskah drama anak sekolah yang berjudul "Ibu Maafkan Aku". Maka pada kesempatan yang berbahagia ini, abanaonline.com akan kembali berbagi teks drama untuk anak anak.

Namun kali ini bukan berkaitan dengan ibu, melainkan drama tentang lingkungan sekolah untuk 4 orang atau bisa juga 5 orang. (Jumlah anak bisa disesuaikan sendiri, dengan menambah percakapan). Baiklah berikut alur ceritanya:

Naskah Drama Tentang Lingkungan Sekolah


Naskah Drama 4 Orang Tentang Lingkungan Sekolah

Sesuai judul di atas (naskah drama 4 orang tentang lingkungan sekolah), drama ini akan dimainkan oleh 4 orang siswa maupun siswi setingkat SD, SMP atau SDIT.

Para Pemain Drama 4 Orang

  • Fatimah
  • Ainun
  • Yusuf
  • Aisyah

#Adegan Pertama Drama Tentang Lingkungan di Sekolah#


adegan pertama Naskah Drama Tentang Lingkungan Sekolah

Di pagi hari yang cerah Fatimah berangkat ke sekolah dengan bersepeda. Sesampainya di sekolah, ia hanya melihat seseorang saja. Ia adalah Ainun. Pagi itu memang sedang gerimis sehingga sekolah masih sangat sepi.

Kala itu Ainun sedang duduk di halaman sekolah sambil membaca buku kisah Nabi Muhammad -shalallahu alaihi wassalam- dan para sahabatnya serta sedang memegang boneka. Kemudian Fatimah menyapa Ainun yang sedang baca buku:

Fatimah: Assalamualaikum, Shobahul Khoir (selamat pagi, pen) Ainuun..

Ainun: Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, Shabaahunnur (selamat pagi juga) Fatimaaah... Apakah kamu sudah mengerjakan tugas dari Ustadz Ya Fatimah?

Fatimah: Sudah Nuun, Alhamdulillah, kalau kamu gimana Nuun?

Ainun: Alhamdulillah aku juga sudah Kok..

Fatimah: Eh Ainun, Kenapa halaman sekolah kita Kok' kotor sekali?

Ainun: Ya wajar Fat, kan tadi malam habis hujan lebat.

Fatimah: Emm, kalau gitu yuk kita bersihkan. (ajak Fatimah)

Ainun: Kenapa harus kita yang bersihkan? kan ada Pak Farid yang tugasnya bersih-bersih. Tunggu saja pak Farid datang Fat, paling juga sebentar lagi.

Fatimah: Tapi kan kita yang pertama kali melihat halamannya kotor? Lagi pula nanti juga dapat pahala dari Allah. Karena kita beramal Shalih membantu Pak Farid bersih-bersih halaman sekolah sekaligus mencintai lingkungan yang bersih. (Fatimah menasihati Ainun)

Ainun: Ah tidak usahlah, biar pak Farid aja yang bersih bersih. Saya lagi pengin mainan sendiri (sambil megang boneka Barbie).

Fatimah: Ya sudah kalau kamu tidak mau membantu, biar aku sendiri saja yang bersih bersih halaman sekolah. (sambil mungutin sampah yang berserakan di halaman)

#Adegan Kedua#


Naskah Drama Tentang Lingkungan Sekolah 4 orang

Setelah Fatimah mengajak Ainun dan Ainun menolaknya. Akhirnya Fatimah membersihkan halaman sendirian. Ia mengambil sampah satu demi satu dan memasukkan ke dalam tempat sampah. Bersamaan dengan itu, datanglah salah satu teman Fatimah dan Ainun, namanya Yusuf.

Yusuf: Assalamualaikum teman teman..

Ainun+Fatima: Wa'alaikumussalam Yusuf.. (Fatimah yang sedang mengambil sampah dan Ainun yang sedang bermain boneka menjawab salam Yusuf)

Yusuf: Loh Fatimah kamu ngapain bersih-bersih halaman sekolah? Bukannya nanti Pak Farid yang bersihkan ya?

Ainun: Iya tuh dengerin Yusuf, biarin Pak Farid saja Fat yang bersih bersih. Kasian kamunya entar kotor.

Fatimah: Yusuf, kan halaman sekolah kotor juga karena kita, apa salahnya kalau kita yang membersihkan? Lagian sampahnya tidak terlalu banyak. Jadi saya masih bisa menjaga diri supaya tidak kotor.

Yusuf: Iya juga. Tapi terserah kamu sih Fat, saya mau main dulu juga..

#Adegan Ketiga#


Naskah Drama Tentang Lingkungan Sekolah

Beberapa menit kemudian Aisyah datang dan mengucapkan salam sapa kepada semua yang ada di halaman sekolah. Yaitu Fatimah, Ainun dan Yusuf.

Aisyah: Assalamualaikum semua, lagi ngapain kalian bertiga? Kalian berdua melihat Fatimah membersihkan halaman tapi malah kalian main sendiri? (Aisyah menegur Ainun dan Yusuf)

Fatimah: Wa'alaikumussalam Aisyah, Emm Biarlah Syah, biarkan saja mereka tidak mau membantu. Tidak mengapa Insyaallah..

Yusuf: Tadi aku udah bilang kan ada Pak Farid. Jadi biarkan Pak Farid melaksanakan tugasnya bersih-bersih, kitakan tugasnya belajar.

Aisyah: Kalian tidak boleh seperti itu teman teman, kita tidak boleh mengandalkan Pak Farid untuk membersihkan sekolah kita. Kebersihan itu kan sebagian dari iman loh! (Tegas Aisyah kepada Ainun dan Yusuf)

Dan juga bukti keimanan kita kepada Allah itu adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Selain itu menjaga kebersihan juga supaya kita terhindar dari penyakit. (Lanjut Aisyah)

Ainun: Setiap hari aku menjaga kebersihan tapi tetap saja sakit.

Aisyah: Sakit itu disebabkan bukan hanya karena tidak menjaga kebersihan, tapi yang paling utama itu semua karena Allah. Bisa juga karena kurang asupan gizi dan lemahnya imun tubuh kita. Jadi kita tidak boleh loh mengeluh sakit dan menyalahkan Allah.

Fatimah: Iya bener tuh Aisyah, sakit itu datangnya dari Allah bukan karena hal yang lain, kita hanya berusaha saja dengan menjaga kebersihan serta menjaga asupan gizi kita.

Aisyah: Sudah sudah cukup, jangan saling menyalahkan. Lebih baik sekarang kita bersama-sama menjaga lingkungan sekolah. Agar terlihat indah dan bersih. Lingkungan bersih, hati kita pun akan ikut bersih

Ainun dan Yusuf: Iya Yuk Yuk..

Ainun: Ya udah, boneka saya mau dimasukin ke dalam tas dulu. Setelah bersih bersih nanti saya akan melanjutkan mainnya.

Fatimah: Yusuf, kamu yang laki-laki ambilin tempat sampah dong..! (Suruh Fatimah kepada Yusuf).

Yusuf: Iya deh, demi keindahan. Hehe Anak baik harus suka keindahan.

Akhirnya mereka semua pun berbondong bondong membersihkan lingkungan sekolah mereka. Mulai dari memungut sampah, menyapu dan membuang sampah ke dalam tempatnya.

"Anak yang baik, pasti menyukai kebersihan lingkungan sekolah"

Intisari Dari Drama Lingkungan Sekolah


Naskah drama 4 orang tentang lingkungan hidup di atas menggambarkan seorang siswi yang sikap dan tanggap dalam kebersihan halaman sekolahnya. Karena membersihkan sekolah tidak harus menunggu petugas. Ketika kita melihat sampah, maka sampah itu adalah tanggung jawab kita.

Baca juga: Contoh Naskah Drama Anak Sekolah Tentang Kepedulian yang Mengharukan

Demikianlah teks naskah drama tentang lingkungan sekolah. Khususnya dalam menjaga kebersihan halaman sekolah. Semoga naskah ini bisa bermanfaat buat teman-teman guru yang membutuhkan.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Naskah Drama 4 Orang Tentang Lingkungan Sekolah

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top