Syarat Syarat yang Harus Dimiliki Guru Kuttab Al Fatih

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kaifahalukum akhi fillah? Bulan ini (bulan November) merupakan masa masa di mana Kuttab Al Fatih dari seluruh cabang mulai membuka ruang untuk para ikhwan yang ingin mendaftar menjadi guru di Kuttab Al-Fatih.

Maka kami katakan, ahlan wa sahlan bi hudhurikum. Selamat datang dan semoga langkah dan niat antum mengajar di Kuttab Al Fatih mendapat ridha dari Yang Maha Pengasih. Amiin.

Sebagai seorang guru Kuttab Al Fatih tentu kami pernah merasakan euforia saat pertama kali menginjakkan kaki di lembaga pendidikan Kuttab. Saat itu kami merasakan perasaan yang campur aduk, harap harap cemas, deg-degan dan lain lain.

Alhamdulillah pengalaman-pengalaman berharga ini (pertama menjadi guru Kuttab) sudah kami luapkan di tulisan terdahulu yang berjudul, [Cerita Pengalaman Menjadi Guru Kuttab Al-Fatih]

Di sana tertulis rahasia rahasia supaya ditrima di Kuttab loh, hehe jadi jangan tidak dibaca ya. Terkhususnya buat antum yang mau mendaftar menjadi guru Kuttab Al Fatih Depok atau cabang-cabang lainnya. Meski tulisan acak adul, tapi insyaallah masih bisa dipahami.

Syarat Syarat Guru Kuttab Al Fatih


Syarat Syarat yang Harus Dimiliki Guru Kuttab Al Fatih

Sebelum saya membahas persyaratan guru kuttab. Terlebih dahulu antum harus tahu bahwa artikel ini bukan untuk membahas masalah persyaratan-persayaratan masuk Kuttab. Kalau masalah itu, antum bisa membuka sendiri di situs kuttabalfatih.com atau langsung bertanya pada admin di kantor.

Namun, yang akan kami bahas ialah, syarat-syarat guru Kuttab pada zaman dahulu yang sudah ditulis oleh ulama dalam kitab-kitab sejarah.

Lantas, Apa saja yang harus dimiliki guru sebelum masuk Kuttab?

Berikut kami kutip dari kitab modul Kuttab 1 yang ditulis oleh Ustadz Budi Ashari Lc hafidzahullah:

Syarat Syarat yang Harus Dimiliki Guru Kuttab Al Fatih

Guru Kuttab memiliki berbagai tugas. Seolah-olah mereka adalah guru privat. Hanya saja saat menjadi guru di Kuttab Al Fatih mereka bergerak dalam satu aturan dan panduan tertentu yang harus ditaati.

Dalam sejarah kuttab, dahulu masyarakat sangat berhati-hati untuk memilih guru bagi anak-anaknya. Mereka tidak memilih seorang guru melainkan yang memiliki akhlak baik dan sifat-sifat terpuji.

Di antara akhlak yang baik ialah yang dikenal dengan keistiqomahan, memiliki keadilan, mampu menjaga dirinya dan memiliki kemampuan standar tentang Al-Quran serta ilmu-ilmu lainnya.

Di kitab "Adab Al Mualimin halaman 47" menerangkan bahwa para Fuqoha' memberikan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh guru Kuttab.

Al Qobisi mensyaratkan agar guru Kuttab memiliki sifat:


  • Wibawa tetapi tidak kasar.
  • Tidak berwajah cemberut suka marah dan tidak ramah.
  • Akrab dengan anak-anak penuh kasih sayang.
  • Dan harus membimbing adab anak-anak demi kemaslahatan mereka. (adab al Mu'allimin, Hal.47)


Disamping itu tugas guru Kuttab disejajarkan dengan muhtasib (petugas Amar ma'ruf nahi mungkar).

Sehingga disyaratkan juga bagi guru Kuttab supaya memiliki kesolehan yang baik, penjagaan diri, harus amanah, memiliki hafalan al Quran, bisa menulis dengan baik dan mengetahui ilmu-ilmu berhitung.

Serta yang paling utama adalah sudah menikah. Dahulu memang yang masih bujang tidak diizinkan membuka Kuttab. Kecuali jika telah berusia lanjut, dia dikenal memiliki agama yang baik.  Dan itupun belum diizinkan mengajar kecuali dengan rekomendasi baik dan keahlian yang pasti. (Ma'alim al Qurbah fi Ahkam al Hisbah, Hal.260)

Syarat Syarat yang Harus Dimiliki Guru Kuttab Al Fatih

Baca juga: Sejarah Berdirinya Kuttab

Nah, itulah yang tertulis dalam tinta sejarah. Makanya, bagi guru kuttab yang memang belum menikah. Sebaiknya merenungkan paragraf yang terakhir ini.

Baik sekian saja dari kami. Semoga bermanfaat buat ana pribadi dan teman teman sekalian. Khususnya yang ingin mendaftarkan menjadi guru Kuttab Al Fatih. Baik di pusat maupun cabang. [Abu Zaid, Modul Kuttab Satu]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

2 Komentar Syarat Syarat yang Harus Dimiliki Guru Kuttab Al Fatih

  1. Masya allah.. Jazakallahu khairon pak.. Sangat bermanfaat sekali tulisan-tulisannya.. Saya dari lampung utara pak,dan disini blm ada cabang kuttab alfatih atau sejenisnya.. Maka saya mencoba dan memberanikan diri mengajar anak-anak di rumah menggunakan kurikulum kuttab al fatih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barakallah Fiikum, main ke Kuttab Bandar Lampung pak.

      Hapus

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top