7 Buah Dalam Al Quran Lengkap Beserta Manfaat dan Ayatnya

Buah buahan dalam al Quran dan manfaatnya- Al-Quran adalah firman Allah yang mengandung petunjuk bagi manusia. Pada setiap huruf terdapat makna yang agung untuk  direnungi. Di dalamnya terdapat ayat qauliyah yang menerangkan tentang kekuasaan kekuasaan Allah. Kemudian ada juga ayat kauniyah yang menerangkan alam semesta beserta segala isinya baik yang kecil (mikrokosmos) ataupun yang besar (makrokosmos).

Antara ayat qauliyah dan kauniyah senantiasa saling berhubungan erat. Karena keberadaan ayat kauniyah adalah untuk menegaskan dan membuktikan kebenaran adanya Allah dan kekuasaan kekuasaanNya. Dan di dalam al-quran sendiri ayat ayat yang bercerita tentang kauniyah sekitar ada 750 (tujuh ratus lima puluh).

Artinya ada banyak sekali tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang harus kita renungi. Tanpa kita sadari ternyata bumi yang kita pijak, tanah dan angin yang kita lihat serta hewan dan tumbuh-tumbuhan yang kita nikmati merupakan salah satu dari ayat kauniyah yang patut direnungkan.

Bahkan kalau diperhatikan Alquran sering menggunakan tumbuh tumbuhan sebagai bukti kekuasaan Allah dan perumpamaan dalam menyampaikan suatu Hikmah. Di samping itu ada beberapa tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang disebutkan secara jelas namanya di dalam al-quran. Penyebutan ini merupakan bukti adanya keistimewaan darinya. Pasti ada petunjuk dalam penyebutan buah-buahan tersebut.

Oleh sebab itu Admin Abanaonline.com kali ini tertarik untuk membahas ayat-ayat yang berhubungan dengan buah-buahan. Apa saja nama buah-buahan yang disebutkan dalam Al Quran? Apa manfaat buah-buahan yang disebutkan dalam Al Quran bagi kehidupan manusia?

Nama Nama Buah Dalam Al-Quran Beserta Manfaatnya


Dengan mengetahui nama nama buah yang disebutkan dalam Al Quran ditambah mengetahui manfaat manfaatnya, InsyaAllah dapat menambah keimanan kita atas kekuasaan Allah. Artikel ini kami tulis setelah membaca skripsi "Morfologi dan Anatomi Buah dalam Al-Quran" oleh Khairuddin. Beliau banyak merujuk pada kitab kitab tafsir ulama dan buku buku penelitian tentang buah buahan dalam Al-Quran.

(Jika Antum mau Ebooknya, silahkan cantumkan email di kolom komentar. Nanti ana kirim PDF nya. InsyaAllah tulisan beliau sangat bagus)

1. Buah Anggur dalam Al Qur'an


Anggur Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Anggur Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Buah dalam al Qur'an yang ingin kami bahas pertama adalah buah anggur. Anggur merupakan salah satu buah yang diciptakan Allah ta'ala untuk semua hamba-Nya. Bahasa latinnya Vitis Vinifera L. Buah ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Nuh hingga sekarang. Di dalam Al Quran sendiri buah anggur disebutkan sebanyak 14 kali. Di antaranya:

أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ...

"Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur..." [Qs. Al Baqarah: 266]

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا....

"Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik.." [Qs. An-Nahl: 67]

Juga dalam Qs. Al Kahfi: 32 artinya,

"Dan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua orang laki-laki, yang seorang (yang kafir) Kami beri dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara keduanya (kebun itu) Kami buatkan ladang."

Ciri ciri dari Anggur ialah berbentuk bulat, kadang berwarna hitam, merah dan terkadang biru. Tanamannya diketahui sebagai tumbuhan yang merambat ke atas berlawanan arah dengan kuncupnya dan searah sama penopang anggurnya.

Diketahui anggur memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi manusia. Kaya akan vitamin dan baik buat tubuh. Bisa dijadikan obat, makanan dan minuman. Selain itu anggur juga termasuk buah yang paling bergizi. Dapat mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan dan bermanfaat bagi orang yang terkena penyakit lambung. Khasiat lainnya:
  • Membantu mengurangi penyakit lambung, seperti magh.
  • Anggur mudah dicerna sehingga dapat menggemukan badan manusia.
  • Dapat menyembuhkan penyakit wasir dengan cara dibuat jus anggur.
  • Buah anggur cocok untuk program diet dan mengatur pola makan.
  • Dapat mengobati flu, batuk dan pilek.
  • Membantu mengobati penyakit ginjal.
  • Dapat menjernihkan darah dan membersihkan racun dalam usus.
  • Mengatasi gangguan pencernaan, kencing batu dan kantong empedu.
  • Meminum jus anggur sebelum tidur dapat membantu tidur nyenyak atau tidak insomnia.

Menurut para peneliti meminum segelas jus anggur di pagi hari sebelum sarapan dan segelas lagi pada malam hari sebelum makan malam sangat membantu dalam usaha penyembuhan dari penyakit hemoroid, gangguan pencernaan, batu ginjal dan gangguan kantong empedu.

2. Buah Kurma


Kurma Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Kurma adalah makanan favorit Nabi Muhammad -shallallahu alaihi wasallam-. Di dalamnya terkandung gizi dan nutrisi yang nyaris sempurna. Karena tidak ada dampak buruk sedikitpun bagi yang mengkonsumsinya.

Buah kurma memiliki banyak keistimewaan. Allah telah menyebutkannya dalam surat Maryam. Dikisahkan bahwa Maryam pada saat melahirkan putranya dalam keadaan kesulitan. Lalu Allah memerintahkannya untuk menggoyangkan pohon kurma yang berada di sampingnya lalu memakan daging buah kurma tersebut.

Allah berfirman, "Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah, 'janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon kurma itu menggugurkan buahnya kepadamu. Maka makanlah, minumlah dan bersenang hatilah......"(QS. Maryam: 24-26)

Dalam surat Maryam di atas menggambarkan kurma adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat buat diri Maryam. Saat itu Maryam yang suci dalam keadaan gelisah dan tidak ada seorangpun yang dapat melindunginya. Kemudian Allah menjadikan kurma sebagai makanan sekaligus penenang bagj diri Maryam yang suci.

Bahkan sampai sekarang pun orang-orang Arab mengidentifikasi buah kurma sebagai buah ketenangan, ketentraman dan kesabaran. Rasulullah bersabda,

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

"Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya". (H.R Muslim).

Apa saja manfaat buah kurma?

  • Buah kurma mengandung gula sebanyak 50%, fruktosa dan glukosa, keduanya merupakan kalori tinggi yang bergizi serta mudah dicerna.
  • Kandungan gulanya dapat menenangkan pikiran dan memberi rasa aman pada kejiwaan.
  • Kurma dapat menurunkan tekanan darah.
  • Glukosa di dalamnya mampu menambah darah pada saat persalinan tentu mengeluarkan banyak darah, sehingga membutuhkan asupan penambah darah.
  • Kurma jauh lebih bergizi dibandingkan dengan daging sapi.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Bisa dipakai untuk mentahnik bayi baru lahir seperti yang sudah pernah dilakukan oleh Rasulullah.

Manfaat lain dari buah kurma ialah kandungan potassium dari kurma sangat penting bagi otak manusia. Karena bisa meningkatkan kekuatan akal dan kekuatan otot. Menurut ahli biologi modern, buah kurma yang kering maupun basah mengandung 70% zat gula. Dan kurma kering sendiri mengandung zat penting yang diperlukan tubuh seperti potasium, fosfor dan magnesium.

3. Buah Tin atau Ara dalam Alquran


Tin atau Ara Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Tin Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Tin atau Ara merupakan salah satu buah yang istimewa karena dikhususkan oleh Allah di dalam al-quran. Buah ini banyak tumbuh di wilayah Damaskus. Untuk masalah gizinya, tidak perlu diragukan lagi. Buah ini sangat berkhasiat tinggi karena mengandung zat sejenis alkalin yang bisa menghilangkan keasamaan pada tubuh. Zat aktif yang terkandung pada buah tin atau ara bisa dipakai untuk mengobati luka dengan cara melumuri nya. Sifatnya yang halus dan lembut dapat dijadikan sebagai obat.

Allah telah mengistimewakan buah ini dengan bersumpah di Qs. At Tin: 1:

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,"

Manfaat buah tin atau Ficus Carica L banyak sekali di antaranya adalah:

  • Tidak mengandung garam, lemak dan kolestrol.
  • Mengandung mineral yang tinggi seperti kalium, zat besi dan serat.
  • Sebagai bahan peluncur, penahan sakit dan perkumuhan air kencing
  • Mampu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan badan manusia.
  • Dapat mengobati penyakit kanker.
  • Mampu menurunkan berat badan berlebih atau obesitas.
  • Bisa dijadikan alternatif mengatasi pasutri yang sulit memiliki anak.
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Mengobati bisul dan luka.
  • Mengobati penyakit usus dan lambung.
  • Mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  • Mengatasi haid tidak teratur.

Selain di atas, para ahli kesehatan juga menilai kalau tin termasuk makanan yang halus dan mudah dicerna. Sifatnya yang lembut membuat buah ini tidak akan tinggal lama di lambung dan mampu mengurangi dahak.

4. Buah Zaitun dalam Al Quran


Zaitun Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Zaitun Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Buah zaitun disebutkan sebanyak 7 kali dalam Al Quran. Buah ini berasal dari pohon yang kecil dan hijau. Zaitun yang masih muda dapat dimakan mentah langsung. Atau yang sudah tua dapat diperas dan diekstrak menjadi minyak zaitun. Sedangkan minyak zaitun sendiri kaya akan khasiat, bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai kondisi dan situasi.

Allah berfirman di Surat al-Mukminun Ayat 20:

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَاءَ تَنْبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِلْآكِلِينَ....

"Dan (Kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh dari gunung Sinai, yang menghasilkan minyak, dan bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan." [Qs. Al-Mukminun: 20]

Menurut Ibnu jauzi dalam kitab tafsir Zad al-Masir Fi Ilm at-Tafsir bahwa buah zaitun adalah buah yang ada di kebun surga. Jadi ada keistimewaan di sini.

Khasiat buah zaitun adalah:

  1. Mengandung asam linoleat yang sangat baik dikonsumi oleh ibu menyusui untuk pertumbuhan bayi dengan baik.
  2. Buah zaitun dapat diambil minyaknya dan dijadikan sebagai bahan tambahan masakan.
  3. Minyak zaitun mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti koreng, alergi, gatal gatal dan sebagainya.
  4. Bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah.

Sekarang mari kita lihat bagaimana manfaat zaitun menurut Dr. Oliver (Seorang Direktur Lembaga Perlindungan Penyakit di pusat kesehatan Universitas George Washingto), beliau mengatakan:

"Buah zaitun mengandung sejumlah asam amino berfungsi menentukan warna kulit warna bulu mata dan warna rambut pada manusia."

5. Buah Delima


Delima Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Delima Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya


Berikutnya buah delima. Buah delima atau bahasa latinnya Punica Granatum L ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan paling banyak dijumpai di Timur Tengah. Al Quran menyebutkannya dalam beberapa surat yakni surat ar Rahman,

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

"Di dalamnya (surga) juga ada buah buahan dan pohon kurma serta delima." (QS. Ar Rahman: 68).

Sejak dahulu kala, buah ini sudah menjadi favorit bagi masyarakat. Rasanya manis, kulitnya cantik dan berisi biji bijian berwarna merah menyala. Bukan hanya sekedar enak, tapi buah delima juga berkhasiat tinggi. Manfaat buah delima yaitu:

  • Mengandung potassium yang tinggi seperti fosfor, kalsium, zat besi, sodium dan vitamin lainnya.
  • Sebagai pendorong kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur.
  • Mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Mencegah edema.
  • Menguatkan jantung.
  • Mengurangi rasa lelah.
  • Mencegah kerusakan tulang rawan dan radang sendi.

Para ilmuan juga mencoba meneliti khasiat dari delima. Lalu mereka menyatakan secara kimiawi bahwa isi perasan buah delima mengandung asam sitrat dengan kadar yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Sehingga dapat mencegah penyakit encok.

Selain itu kadar gula yang cukup sekitar 11% dapat mempermudah pembakaran dan menghasilkan energi. Kulit buah delima juga mempunyai kegunaan karena mengandung astringen yang membasmi cacing pita di perut.

6. Pisang Buah dalam Al-Quran


Pisang Buah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Saat ini buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita. Banyak yang memanfaatkan buah pisang sebagai makanan cemilan seperti pisang goreng, dan lain sebagainya. Namun siapa tahu bahwa buah pisang merupakan buah yang kaya akan karbohidrat dan vitamin. Jadi sangat baik untuk menjaga imun tubuh.

Tanaman ini tergolong tanaman tropis beriklim basah dengan curah hujan yang stabil sepanjang tahun. Al Quran telah mengabadikan buah pisang di surat al-Waqiah ayat 29:

وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ

"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)" [Qs. Al Waqiah 29]

Menurut banyak penelitian, buah ini sudah ada sejak 327 sebelum masehi. Khasiatnya sangat banyak, salah satu yang terpenting adalah menjadi sumber karbohidrat dan vitamin. Bermanfaar untuk melancarkan pencernaan makanan, mengefektifkan penyerapan kalsium.

  • Menyembuhkan demam, gangguan pencernaan, alergi dan kejang kejang.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengandung vitamin B6, protein, lemak, kadar air (75%) dan karbohidrat.
  • Mengandung potassium dalam jumlah yang cukup.

Subhanallah sungguh ini adalah karunia Allah yang telah diberikan kepada hamba hambaNya. Buah yang sangat sepele dan mudah didapat ini memiliki keistimewaan di mata Allah.

7. Buah Ketimun


KetimunBuah Dalam Al Quran Dan Manfaatnya

Ketimun merupakan buah yang memiliki kadar air cukup banyak. Biasanya digunakan sebagai lalapan masakan dan dapat dikonsumsi sebagai cemilan buah. Nama latin buah ketimun cucumis sativus. Allah menyebutkan buah ketimun dalam surat Al Baqarah ayat 61 artinya,

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, 'Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah...." [Qs. Al Baqarah: 61]

Adapun manfaat buah ketimun adalah:

  • Diuretik.
  • Mendinginkan suhu tubuh.
  • Tonik.
  • Obat cacingan.
  • Obat pencahar.

Itulah 7 buah buahan yang terdapat dalam Al Quran beserta manfaatnya. Buah buahan yang memiliki banyak manfaat dan keistimewaan ini telah diabadikan dalam kitab Allah. Sungguh sangat menakjubkan. Semoga kita semua mendapat manfaat setiap buah yang kita makan. [Abu Zaid, referensi tertera di atas]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar 7 Buah Dalam Al Quran Lengkap Beserta Manfaat dan Ayatnya

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top