Agar Hafalan Juz 30 Anak Anak Berkualitas

Hafalan juz 30 merupakan hafalan yang paling mudah untuk semua kalangan. Baik untuk anak anak maupun orang dewasa. Sebab ayat ayat yang ada pada juz ini tergolong pendek pendek. Maka tidak heran kalau di sebuah lembaga pendidikan atau pesantren pada umumnya menjadikan juz ini sebagai juz yang pertama dihafal oleh murid muridnya.

Meskipun demikian ada catatan penting yang harus diperhatikan sebelum teman teman menghafal juz 30. Atau sebelum teman teman mengajarkan hafalan juz 30 pada anak. Yaitu, soal kualitas bacaan.

Perlu diketahui, juz 30 adalah pondasi paling dasar dari juz juz lainnya. Sehingga seorang pendidik harus mampu membangun pondasi yang kuat di tahap ini (hafalan juz 30). Sebab apabila pondisi awalnya tidak kokoh, maka juz juz lainnya juga tidak kokoh. Anak akan memperoleh kuantitas tanpa kualitas.

Nah di sini abanaonline.com akan bercerita tentang bagaimana cara agar hafalan juz 30 anak anak kuat, lancar dan bagus dari segi makharijul huruf dan hukum hukum tajwid lainnya.

Simak juga artikel, Cara Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini dengan Cepat dan Baik

Hafalan Juz 30 yang Berkuantitas dan Berkualitas



Alhamdulillah hari ini Rabu 28/02/2018, kami merasa sedang memetik buah yang matang. Ditanam pada tahun ajaran baru lalu. Belum genap setahun, tapi kami sudah bisa menikmati hasilnya. Walaupun belum seberapa.

Hari ini salah satu murid saya bernama Hafna telah mengawali teman teman kelasnya dalam menyelesaikan hafalan juz 30. Dan Insyaallah 5-6 orang lagi akan menyusul menyelesaikan hafalan juz 30-nya.

Berikut cuplikan video pendek bacaan salah satu murid bernama Hafna. Ananda baru saja menyelesaikan juz 30. (Jika video tidak tampil, ganti browser Anda. Jangan pakai UC)



Meski begitu mungkin bagi sebagian orang tua atau pendidik, pencapaian seperti itu adalah pencapaian yang biasa biasa saja. Banyak yang mampu menyelesaikan juz 30 dalam waktu 9 bulan, atau bahkan ada yang kurang dari itu. Namun, bukan itu masalahnya.

Buah yang sudah matang itu lebih nikmat rasanya. Iya kan?

Betapa banyak orang tua yang tidak sabar menunggu hasil. Sehingga mendorong guru-gurunya supaya anak anaknya cepat menyelesaikan hafalan. Maunya juz 30 cepat selesai. Lalu beralih ke juz berikutnya dan seterusnya, tanpa melihat kualitas bacaan. Khususnya masalah makharijul huruf.

Orangtua tipe seperti itu ada banyak. Bahkan kami sendiri pernah diminta hal semacam itu. Akan tetapi saya tidak terlalu pusing dan cemas dengan hal itu. Tetap fokus dan menguatkan pondasi bacaan anak. Biarkan nanti mereka akan melihat.. "Fasaufa Ya' Lamuun".

Saya sendiri punya prinsip yang sudah kami tanam sejak saat mengajar di Depok,

Siapapun anak didik kami yang bacaannya masih kurang. Maka pada semester pertama atau maksimal pada tahun pertama, kami akan memfokuskan pada anak tersebut untuk pembenahan bacaan. Bukan memfokuskan banyaknya hafalan.

Prinsip kami ini di awal memang kurang meyakinkan. Buat orang tua mungkin hasil awal sangat tidak memuaskan. Bahkan untuk menerawang saja, bisa membuat wajah cemberut.

Tahun ini (di semester satu) saja anak anak hanya bisa menghafal An-Nas - Al-Zalzalah. Karena memang sedikit sekali waktu buat menghafal. Sisanya kami pakai buat tahsin dan Talaqqi. Bagi yang ingin tahu bagaimana metode talaqqi baca, Metode Talaqqi Metode Tahsin Al Quran yang Mudah dan Efektif.

Alhamdulillah, tepat pada akhir semester satu. Hasilnya mulai terlihat, hampir semua anak sudah bisa membedakan makharijul huruf dan memiliki bacaan yang bagus.

Setelah banyak berlatih talaqqi di semester awal, inilah saatnya. Saatnya menambah pupuk lebih banyak agar hasil segera dipanen.

Pada semester dua, kami targetkan bagi anak yang sudah memiliki bacaan cukup baik untuk menyetorkan hafalan minimal satu muka di setiap pertemuan.

Alhamdulillah, Atas izin Allah di setiap jadwalnya anak anak bisa menyetorkan satu muka atau lebih.

Proses ini terus berjalan, hingga akhirnya pada hari ini (Rabu, 28/02/2018) kami dapat memetik buahnya. Ini baru permulaan, harapan besar kami adalah kelak anak anak bisa membaca dan mengamalkan apa yang ia baca. Semoga teman teman lainnya segera menyusul.

Kalau ada pertanyaan, "Apa yang membuat mereka cepat dalam menghafal al-Quran?"

Tentu saja karena Allah dan atas usaha mereka untuk memperbaiki bacaan. Bacaan yang bagus dan benar sangat membantu sekali dalam percepatan hafalan. Makanya ayah bunda harus sabar sedikit untuk hasil yang lebih nikmat.

Sabar dan nikmati prosesnya. Karena Quran itu mudah dihafal. Jangankan juz 30, InsyaAllah 30 juz mereka juga bisa.

Baca: 11 Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Surat Al-Qamar, Ayat 32)

Terakhir, kami memohon kepada Allah semoga generasi selanjutnya bisa menjadi hamilul quran beserta pengamalannya. Bersabar meningkatkan kualitas hafalan juz 30. Bukan cuma kuantitas. [Abu Zaid Muttaqin, guru Quran Kuttab Al Fatih]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Agar Hafalan Juz 30 Anak Anak Berkualitas

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top