Puasa Gatget, Dekati Al Quran dan Rasakan 4 Manfaat Ini

Puasa gadget? Mungkin kalimat tersebut terdengar aneh. Sebab kata "puasa" umumnya disandarkan pada puasa Ramadhan, puasa wajib atau puasa sunnah. Lalu kenapa di sini saya menyandarkan dengan kata gadget? Alasannya karena malam ini abanaonline.com akan bercerita pengalaman tentang puasa gadget yang sudah kami jalani di hari selasa.

Terus, apa maksud dari puasa gadget?

Menurut bahasa, "puasa" adalah menahan. Sedangkan "gadget" adalah alat instrumen yang canggih, praktis dan mutakhir. Seperti HP atau smartphone, laptop notebook dan teman temannya. Jadi, maksud dari puasa gadget ialah menahan diri untuk memakai gadget dalam waktu yang ditentukan.

Sebagaimana yang telah Antum ketahui. Di era digital seperti saat ini, gadget menjadi bagian hidup manusia. Keberadaannya dapat memberi kemudahan dan membantu pekerjaan banyak orang. Namun di sisi lain gadget mampu memberikan dampak buruk bagi manusia. Khususnya buat kaum muslimin seluruh dunia.

Lihatlah, nampaknya Al-Quran sudah tidak ada harganya di mata kaum muslimin. Mereka lebih rela menatap layar perangkat yang tidak punya penanda waktu untuk berhenti. Dengan fitur lengkap di dalamnya, membuat semakin jauh dan jauh dari al-Quran.

Faktor inilah yang membuat kami mencoba bagaimana rasanya jika sehari tanpa HP, tanpa smartphone dan tanpa alat alat mutakhir lainnya. Akhirnya kemarin hari senin kami bertekad untuk tidak memakai HP di setiap hari selasa. Alhamdulillah percobaan hari ini berjalan lancar. Bahkan semakin menguatkan tekad untuk terus konsisten puasa gadget setiap hari selasa. (cukup 1 x dalam sepekan).

Apa saja yang kami rasakan dari percobaan ini?

Manfaat Puasa Gadget yang Kami Rasakan


Manfaat Puasa Gadget

Mulai pagi tadi, kami mematikan HP lalu dan meninggalkannya di dalam rumah. Setelah itu saya benar benar merasa banyak manfaat dari puasa gadget. Kami seperti dibawa ke alam bawah sadar. Rasanya seperti kembali ke pesantren. Sungguh luar biasa.

Berikut manfaat yang kami rasakan dari berhenti memakai gadget seharian.

1. Dekat dengan Al Quran


HP yang canggih semisal Android atau iPhone merupakan salah satu faktor orang malas membaca Al Quran. Membaca saja malas apalagi menghafal. Dengan puasa gadget, tangan kita bisa lebih mudah mengambil Quran yang ada di saku baju. Bahkan tidak ada lagi pesan whatsapp yang masuk, tidak ada lagi media sosial yang terus menyibukkan diri kita.

Sehingga kita bisa menghafal Alquran dengan penuh konsentrasi tanpa ada hal hal yang menyibukkan diri kita. Apabila tidak percaya, silahkan buktikan sendiri.

2. Mata Lebih Segar


Saat kita menatap layar smartphone terlalu lama akan membuat otot-otot mata jadi lelah. Ditambah radiasi yang dipancarkan melalui HP sangat kuat. Dengan puasa gadget, mata kita bisa lebih fresh dan segar.

3. Makan Sangat Nikmat


Jujur, terkadang saya membuka HP saat makan apabila ada pesan whatsapp atau facebook yang masuk.  Ternyata setelah melakukan puasa gadget, makan bisa lebih fokus dan tentunya bisa lebih nikmat.

4. Lebih Dekat dengan Teman dan Pasangan


Orang yang kecanduan smartphone biasanya akan merasakan yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh. Bersama keluarga di rumah saya jadi lebih banyak waktu untuk berbincang-bincang dengan keluarga. Saling menyimak setoran hafalan dan bercanda bersama anak-anak. Saat di sekolah pun demikian, kehadiran teman-teman sesama guru lebih terasa.

Itulah beberapa manfaat yang kamu rasakan setelah mencoba puasa gadget hari selasa tadi. Semoga bisa konsisten atau bahkan bukan cuma satu hari dalam satu minggu, tapi 3 hari atau 4 hari maksimal. Sebab mau bagaimanapun keberadaan gadget juga penting. Salah satunya untuk menulis di situs abanaonline ini. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh [Admin]
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Puasa Gatget, Dekati Al Quran dan Rasakan 4 Manfaat Ini

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top