Kultum Anak Sekolah Tentang Adab Adab Puasa Ramadhan

Mengingat 7 atau 8 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan biasanya anak-anak di sekolah atau di TV ada kegiatan semacam latihan pidato atau kultum. Untuk itu di kesempatan kali ini abanaonline.com akan menuliskan contoh kultum Ramadhan untuk anak sekolah usia SD, SDIT, SMP, MTs atau SMA.

Apabila nanti teman-teman mendapati kata-kata atau kalimat yang kurang sesuai dengan kondisi dari teks pidatonya, silahkan tinggal diganti saja supaya sesuai dengan, kondisi, usia atau nama kalian.

Insyaallah kami akan membawakan dengan bahasa yang mudah dan ringan. Hanya saja teman-teman perlu mempelajari cara pencapaian kultum di depan para pendengar. Mulai dari intonasi sampai gerakan anggota tubuh. Seandainya teman-teman merasa grogi, disarankan jangan menganggap pendengar sebagai  makhluk hidup. Tapi Anggap saja benda mati.

Baiklah berikut contoh Kultum anak sekolah yang bertemakan, "Adab Adab puasa Romadhon"

Kultum Anak Sekolah Tentang Mengenal Adab Puasa Ramadhan


Kultum Anak Sekolah

Kakak di sini akan membagi teks pidato menjadi 3 bagian. Yang pertama yaitu pembukaan, kedua isi pidato dan yang ketiga penutupan. Sehingga bisa memudahkan adik-adik yang ingin menghafalkan teks kultumnya.

1. Pembukaan Kultum Anak Sekolah


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahirobbilalamin Washolatu Wassalamu'ala Asrofil Anbiyai Wal mursalin wa'ala alihi washohbihi ajmain [amma ba'du].

Yang kami hormati kepada (para asatidz dan asatidzah), kemudian yang kami sayangi dan kami cintai kepada teman-teman shalih dan shalihah. Pertama-tama mari panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah subhanahu wata'ala atas segala nikmat yang diberikan kepada hambaNya, sehingga hari ini kita bisa bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan.

Kemudian mari bersolawat kepada Nabi Muhammad -shalallahu alaihi wassalam- dan kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya -radiyallahuanhum-.

Para hadirin dan teman-temanku yang sholeh dan sholehah, perkenalkan nama saya (Ahmad). Disini saya akan menyampaikan sedikit dari pidato yang berjudul tentang "Adab Adab Puasa Romadhon".

2. Isi Pidato untuk Anak Sekolah SD, SMP sampai SMA


Teman-temanku yang sholeh dan sholehah, bulan Romadhon merupakan bulan yang suci dan berkah. Di dalam bulan ini Allah telah mewajibkan manusia agar melaksanakan ibadah puasa. Sedangkan puasa sendiri adalah salah satu amalan yang agung,  jika dikerjakan akan mendapatkan pahala yang sangaaaat besar dari Allah ta'ala.

Bahkan kata Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- orang orang yang suka berpuasa akan mendapatkan surga khusus. Bernama surga Ar Royyan. Di dalam surga ar-rayyan terdapat banyak buah-buahan yang sangat lezat. Ada juga istana-istana besar yang disediakan untuk orang yang berpuasa. Di sana kita juga boleh meminta apa saja. Sungguh tak terbayang nikmatnya...

Maka dari itu sangat rugi apabila ibadah puasa kita ternyata sia-sia dan tidak berbuah pahala.

Teman-temanku yang sholeh dan sholehah, ketahuilah bahwa tidak semua puasa yang dikerjakan oleh manusia diterima di sisi Allah ta'ala. Bahkan banyak orang-orang yang berpuasa namun hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Tidak mendapat pahala.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Nabi Muhammad -shallallahu alaihi wasallam- yang artinya, "Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapat pahala apapun dari puasanya. Kecuali hanya rasa lapar dan haus." [HR. Ibnu Majah]

Lalu yang jadi pertanyaan, mengapa mereka tidak mendapatkan pahala? (Saat menyampaikan pertanyaan ini, sebaiknya memakai intonasi yang pas disertai gerakan tangan)

Jawabannya adalah karena mereka tidak memperhatikan Adab Adab berpuasa. Oleh sebab itu mari kita pelajari tentang adab-adab puasa supaya ibadah puasa kita diterima di sisi Allah ta'ala dan mendapatkan Surga Ar Royyan.

Niat puasanya ikhlas karena Allah

Teman-teman yang kami cintai, tujuan dari puasa adalah mendapat pahala dan surga Allah. Sehingga saat berpuasa kita harus berniat ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah. Tidak boleh niatnya karena dilihat manusia. Jadi usahakan puasa kita bukan karena disuruh ustadz atau disuruh orang tua.

Menjaga anggota tubuh dari berbuat buruk

Adab puasa yang kedua adalah menjaga anggota tubuh agar tidak berbuat buruk. Misalnya memukul teman, menjahili teman atau perbuatan-perbuatan yang bisa membuat teman kita tersakiti. Barangsiapa yang sedang puasa namun masih menyakiti teman, maka pahalanya berkurang.

Sabar saat diganggu atau dijahili

Seorang yang berpuasa haruslah bersabar apabila mendapat perilaku buruk dari teman-teman kita. Karena sejatinya puasa itu bukan hanya menahan makan dan minum, namun juga harus menahan amarah supaya puasa kita berpahala.

Kata nabi jika ada yang mencaci atau mengganggu orang berpuasa hendaklah ia berkata, "Aku sedang berpuasa" "Aku sedang berpuasa". Jangan malah membalas pukul atau membalas mencaci maki.

Menjaga lisan dari berbohong atau mencela

Apabila di hari biasa ada yang suka mencela atau suka berbohong, sebaiknya di bulan Ramadhan ini harus berhenti untuk selama-lamanya. Jadikan bulan suci sebagai bulan untuk berubah. Mari bersama-sama merubah adab dan akhlak. Jangan lagi berbohong. Jangan lagi mencela. Sebab puasa kita bisa sia-sia dan tidak mendapatkan surga.

Banyak membaca al-quran dan amal shaleh

Para hadirin yang kami hormati, mari manfaatkan bulan Romadhon dengan sebaik-baiknya. Misalnya dengan membaca Alquran atau dengan mengerjakan amal-amal solih seperti belajar, berdzikir dan lain sebagainya. Jangan hanya diisi dengan tidur dan bermain.

Jangan berlebihan makan sahur

Salah satu adab puasa adalah tidak terlalu banyak makan sahur. Secukupnya saja. Biasanya nabi -shalallahu alaihi wassalam- hanya makan sahur dengan kurma dan air putih. Di samping itu, waktu sahur adalah waktu yang berkah. Jadi kita semua harus makan sahur. Walaupun hanya minum air putih.

Berdoa saat berbuka puasa

Meskipun saat itu kita dalam keadaan sangat lapar. Maka orang yang berpuasa harus tetap berdoa sebelum berbuka. Karena dengan berdoa makanan kita bisa lebih berkah. Insyaallah teman-teman di sini sudah hafal semua doa berbuka puasa.

Jangan berbuka berlebihan

Adab yang terakhir adalah jangan berbuka berlebihan. Sebab terlalu banyak makan bisa mengakibatkan rasa malas untuk beribadah. Malas untuk salat tarawih dan malas untuk tadarus al-quran.

3. Penutup Kultum untuk Anak


Demikianlah kultum singkat dari kami. Semoga pidato barusan bisa bermanfaat buat diri saya pribadi dan teman-temanku yang mendengarkan. Jika ada salah kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Namun jika ada yang benar maka datangnya dari Allah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Itulah contoh ceramah untuk anak anak usia SD sampai SMA. Apabila terlalu panjang bisa diambil poin yang paling penting agar lebih pendek. Baik kami cukupkan sampai di sini. Insyaallah kultum ramadhan ini menjadi salah satu yang terbaik untuk disampaikan. Materi tersebut diambil dari artikel sebelumnya berjudul, 18 adab puasa dari sahur hingga berbuka.
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085766619270.

0 Komentar Kultum Anak Sekolah Tentang Adab Adab Puasa Ramadhan

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top