Baghdadiyah Hal 6-11 Materi Lanjutan Belajar Membaca Al Quran dengan Cepat dan Mudah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, tidak panjang lebar di sini saya akan melanjutkan membahas metode baghdadiyah yang mana sebelumnya abanaonline sudah menjelaskan cara mengeja kaidah baghdadiyah halaman 4, maka kali ini halaman 5 dan halaman 6-11.

Mungkin materi baghdadiyah kali ini merupakan yang terakhir yang ada di situs abanaonline, karena selanjutnya saya hanya akan menjelaskan lewat video di YouTube, dan keterangannya lewat diskripsi. Jadi bagi teman teman yang belum subscribe channel "Abu Zaid Amir" silahkan diklik langganan biar bisa mengikuti episode berikutnya dan bisa belajar membaca Alquran secara online otodidak.

Baghdadiyah Halaman 5


Metode Baghdadiyah Hal 6-11: Lanjutan Belajar Membaca Al Quran dengan Cepat dan Mudah

Pertama ana akan menjelaskan kaidah baghdadiyah halaman 5. Berikut penjelasannya:

  • Jika ada 2 huruf (1 huruf hidup & 1 huruf mati -sukun-) maka ketika mengeja diambil dulu huruf hijaiyahnya, baru kemudian tanda bacanya atau harakatnya.
  • Untuk tanda bacanya, yang pertama dieja adalah sukunnya dulu.
  • Memang di baghdadiya tanda baca sukunnya, tidak ditulis. Hal itu disebabkan karena mengikuti rosm utsmani, akan tetapi ketika dieja tetap harus dibaca. Kecuali huruf (أ) yang mati, huruf "alif" tidak memiliki sukun. Nanti akan dibahas di halaman 6.

Catatan: kalian fokus saja pada dua huruf mati dan hidup, adapun huruf pertama cara mengejanya sama seperti baghadiyah halaman 2. Berikut contohnya:

أَئِي

1- همزة فتحة أَ
2- همزة ياء سكون كسرة  ئِي 
3- أَئِي

Poin 2,  dibaca panjang 2 Harakat (nanti lihat videonya saja biar jelas)
أَبِي

1- همزة فتحة أَ
2- باء ياء سكون كسرة بِي
3- أَبِي

أَتِي

1- همزة فتحة أَ
2- تاء ياء سكون كسرة تِي
3- أَتِي

Untuk contoh lebih jelasnya, kalian bisa lihat videonya di bawah ini, durasinya tidak panjang, jadi tidak terlalu ngabisin kuota:


Metode Baghdadiyah Halaman 6, 7, 8, 9, 10 dan 11


Baghdadiyah Hal 6-11 Materi Lanjutan Belajar Membaca Al Quran dengan Cepat dan Mudah

Pada halaman 6 sampai 11 tidak jauh beda dengan halaman 5. Hanya saja di halaman 6 ini kalian akan dihadapi tiga huruf mati yaitu, alif, wawu dan ya'. Untuk cara mengejanya silahkan lihat di sini, sekalian sama videonya.

ءَانَ

1- همزة ألف فتحة ءَ
2- نون فتحة نَ
3- ءَانَ

Sepertinya sudah kami katakan di atas, Alif di Al-Quran manapun tidak ada sukun, karena dalam ilmu tajwid alif tidak ada sukunnya. Yang ada untuk mad thobi'i يْ & وْ.

Untuk videonya ada di bawah ini:


Baiklah sekian saja dari kami mengenai cara belajar al-quran dengan cepat menggunakan kaidah baghdadiyah. Semoga bermanfaat. Amiiin
Perhatian: Jika Akhi/Ukhti ingin menyebarkan artikel abanaonline, kami izinkan (copy-paste). Namun, mohon untuk menyertakan sumber tanpa ada yang dirubah isinya. Kebijakan Iklan: Iklan yang ada di sini sudah diatur oleh pihak Google. Apabila Antum menemukan iklan yang kurang layak, bisa melaporkan ke no WA admin: 085809999008.

0 Komentar Baghdadiyah Hal 6-11 Materi Lanjutan Belajar Membaca Al Quran dengan Cepat dan Mudah

Posting Komentar

Tulis komentar di sini dan centang tombol "Notify me" atau "Ingatkan kami" agar Antum bisa melihat balasannya. Syukran

Back To Top